Digital Marketing

Cara Membuat Instagram Ads untuk Promosi Bisnis Anda

instagram ads

Layanan Instagram advertising (instagram ads) adalah salah satu layanan yang mendukung kegiatan dalam beriklan melalui konten berbayar di Instagram untuk menjangkau audience yang lebih luas dan lebih tertarget. Instagram menjadi salah satu media sosial sangat mendukung untuk meningkatkan brand exposure, traffic website, dan mengumpulkan leads baru. Jika Anda sudah terbiasa dengan istilah sales funnel, Instagram ads dapat membantu memindahkan leads yang sudah ada ke bagian bawah funnel yaitu pembelian.

Instagram ads adalah platform visual yang mendukung iklan dengan teks, gambar, dan video sehingga bisa lebih menarik perhatian audiences. Jika Anda tertarik untuk membuat iklan di Instagram agar dapat melakukan promosi bisnis lebih baik, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Membuat Instagram Advertising dengan Mudah

Syarat pertama yang akan memudahkan Anda dalam membuat instagram ads adalah Anda harus memiliki akun facebook. Selanjutnya, Anda bisa memulai membuat dengan lima pilihan cara. Kelima pilihan cara tersebut adalah  melalui Aplikasi Instagram, Facebook Ads Manager, Facebook Power Editor, Facebook’s Marketing API, dan Instagram Partners.

Dari kelima cara di atas, cara yang paling mudah untuk membuat instagram ads adalah melalui Facebook Ads Manager. Untuk mulai membuatnya, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Memilih Objektif Campaign

instagram ads

Facebook akan membantu Anda untuk menentukan format iklan Anda, bidding options, dan auto-optimization agar sesuai dengan objektif kampanye iklan Anda. Ada banyak pilihan objektif campaign yang bisa Anda pilih seperti Brand awareness, Local awareness, Reach, Traffic, Lead generation, Conversions, Engagement, All installs, Video views, Product catalog sales, dan Store visits.

2. Memberikan Judul untuk Campaign Instagram

instagram ads

Anda harus menambahkan range tanggal ketika Anda memberi nama untuk campaign Instagram, agar Anda bisa melakukan track dan pengelolaan campaign Anda dengan lebih mudah nantinya.

3. Mengatur Target Audience

instagram ads

Target audience dapat Anda lakukan dengan dua pilihan yaitu target audience facebook baru dan Menggunakan audience yang sudah Anda buat sebelumnya. Target audience harus diatur dengan cermat karena merupakan elemen penting dalam memasang sebuah iklan. Target audience juga menentukan tarif iklan dan keberhasilan iklan Anda nantinya.

4. Mengatur Penempatan Iklan

instagram ads

Anda dapat memilih beberapa pilihan untuk meletakkan iklan Anda seperti Facebook News Feed (Mobile dan desktop), di bagian sebelah kanan Facebook, Instagram, Audience Network, Instant Articles, dan In-stream Video.

Selain itu, Anda juga bisa memilih beberapa penempatan iklan untuk satu iklan yang direkomendasikan oleh facebook seperti Brand awareness ( Facebook dan Instagram), Engagement (Facebook dan Instagram), Video views (Facebook, Instagram, dan Audience Network), App installs (Facebook, Instagram, dan Audience Network), Traffic – for website clicks dan app engagement (Facebook and Audience Network), Product catalog sales (Facebook dan Audience Network), Conversions (Facebook dan Audience Network),

5. Mengatur Budget dan Bidding Iklan Instagram

instagram ads

Melakukan pengaturan budget dan bidding untuk iklan Instagram merupakan salah satu topik yang penting. Proses bidding iklan mirip dengan lelang, tetapi lebih berfokus untuk mendapatkan perhatian dari pengguna sosial media. Ada tiga faktor yang akan mempengaruhi kontribusi ke anggaran advertising, yaitu:

  • Bidding iklan Facebook Anda dengan aturan semakin besar Anda mau membayar, Facebook akan semakin optimal dalam mendistribusikan iklan Anda.
  • Relevance score dengan aturan setiap iklan yang Anda pasang di Facebook dan Instagram memiliki nilai relevansi tertentu untuk tarif yang dibebankan.
  • Estimated action rates dengan aturan facebook menentukan estimated action rates, yaitu estimasi bagi seseorang yang akan mengklik atau melakukan suatu tindakan setelah melihat iklan tersebut.

6. Memilih Format Instagram Ads

instagram ads

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, Anda perlu memilih format Instagram ads. Ada 7 format yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Single image ads, merupakan format ads yang paling sering digunakan karena hanya memerlukan sebuah gambar, caption gambar, dan tombol call-to-action (CTA).
  • Instagram carousel ads, merupakan format yang memperbolehkan Anda memilih sampai 10 gambar dan video.
  • instagram video ads, merupakan format video atau GIF.
  • Slideshow ads, merupakan format yang memungkinkan Anda untuk menggunakan sampai 10 gambar dan menambahkan music untuk membuat sebuah looping video.
  • Instagram lead ads, merupakan format yang cukup membantu untuk mengumpulkan informasi berharga dari calon pelanggan tanpa membawa keluar dari platform Instagram.
  • Instagram stories image ads, merupakan fitur tambahan instagram yang memungkinkan iklan dibuat dalam sedikit cerita dengan gambar.
  • Instagram stories videos ads, merupakan format Instagram stories videos yang memungkinkan Anda untuk mengunggah video berdurasi hingga 15 detik.

Baca juga: Definisi, Sejarah, Kegunaan, dan Cara Membuat Gravatar

Setelah Anda memilih format iklan yang diinginkan, Anda harus mengisi detail dari ads seperti Headline, Text, dan tombol call to action (CTA). Selanjutnya, Anda dapat memanfaatkan Ad Preview Tool untuk melihat cara Instagram Ads akan muncul nantinya. Setelah Anda merasa cukup dengan hasilnya, klik tombol place order untuk mengirimkan iklan Anda untuk direview dan dipublish oleh Instagram.

Cara Membuat Promosi dengan Instagram Ads

instagram ads

Jika Anda ingin mempromosikan postingan Instagram yang ada, Anda dapat melakukannya dengan mudah dan cepat melalui aplikasi Instagram itu sendiri. Namun, Anda tidak bisa menggunakan aplikasi instagram untuk menyiapkan kampanye yang lebih kompleks atau mengubah detail dari postingan Instagram Anda sebelum mempromosikannya. Sebelum Anda dapat mempromosikan postingan Instagram langsung di aplikasi, Anda harus mengisi beberapa persyaratan, yaitu:

  • Mengkonversi ke Profil Bisnis Instagram.
  • Menjadi Admin dari halaman facebook yang telah terhubung dengan akun Instagram
  • Mengikuti Kebijakan Periklanan Facebook

Setelah ketiga persyaratan tersebut lengkap, langkah untuk membuat promosi dengan instagram tanpa meninggalkan aplikasi yaitu:

  • Buka aplikasi Instagram
  • Buka profil
  • Pilih pos yang ingin dipromosikan
  • Di bawah gambar pos, tap tombol promote

Selanjutnya, Anda harus melakukan beberapa tindakan lain seperti memilih dari dua tujuan iklan yang tersedia, yaitu “Kunjungi Situs Web Anda” (Visit your Website) atau “Hubungi atau kunjungi bisnis Anda” (Call of visit your business). Selain itu, Anda harus mengisi rincian promosi dengan mengatur hal-hal seperti Objective, Destination, Action Button, Audience, Budget, dan Duration kemudian klik “Create Promotion”.

Demikian cara membuat Instagram ads dan cara untuk mempromosikannya. Dengan membuat iklan visual yang menarik, tentu akan menjadikan brand bisnis Anda banyak dikenal oleh masyarakat yang lebih luas.

To Top