Tips Bisnis

9 Tips Membuka Bisnis Mainan Anak yang Potensial

bisnis mainan anak

Mainan bagi anak-anak dikatakan penting oleh sebagian pakar karena dapat menstimulasi kerja otak. Hingga kini masih banyak mainan yang dapat mengoptimalisasi kinerja otak sehingga anak lebih kreatif. Siapa sangka bisnis mainan anak bisa jadi potensi peluang usaha yang baik untuk menambah pemasukan.

Ide Bisnis yang Masih Potensial

bisnis mainan anak

Sebenarnya masih banyak ide bisnis yang menjanjikan. Anda bisa memilih mainan yang sekaligus bisa menumbuhkan kreatifitas anak. Dengan harga jual yang lumayan berkontribusi menstimulasi cara kerja otak anak. Berikut beberapa ide bisnis yang bisa dipilih:

  • Buku anak
  • Alat musik mini
  • Balok susun
  • Rumah rumahan
  • Alat olahraga mini
  • Puzzle dengan gambar yang menarik
  • Boneka karakter
  • Kostum dan alat karakter

Lain dari memilih satu per satu Anda bisa mengkolaborasikan semua jenis ide di atas. Tinggal pikirkan bagaimana cara penjualan yang paling efektif yang bisa dilakukan agar bisnis berjalan dengan lancar. Ada juga tips yang selanjutnya bisa dicoba.

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Makanan Kering yang Banyak Digemari

Tips Membuka Bisnis Mainan Anak

Bisa dilihat bagaimana pasar mainan anak masih sangat terbuka luas bagi siapapun yang ingin menggelutinya. Orang tua juga bisa memilih mainan macam apa yang berguna bagi perkembangan anaknya. Tertarik menggeluti bidang ini? Berikut 9 tips jitu yang bisa dilakukan.

  1. Lihat Peluang Pasar

bisnis mainan anak 1

Melihat peluang pasar merupakan salah satu hal yang paling umum dilakukan oleh pelaku bisnis, termasuk bisnis mainan anak. Anda perlu melihat bagaimana peluang untuk menjual mainan di sekitar daerah sendiri maupun di daerah lain.

Dengan begitu Anda bisa langsung melakukan pemasaran dengan tepat sasaran. Bayangkan bagaimana sulitnya menjual mainan di tempat yang minim anak kecil. Kemungkinan penjualanya pasti akan sangat minim. Maka dari itu Anda bisa menilai peluang pasar terlebih dulu.

  1. Pilih Mainan yang Masih Berpotensi

bisnis mainan anak 2

Sangat disarankan bagi Anda untuk memilih mainan yang masih potensial laku untuk dijual sekarang ini. Kecuali Anda berniat untuk jadi pebisnis sekaligus kolektor mainan. Selektif memilih mainan tentu harus dilakukan.

Pada dasarnya mainan anak kini telah banyak tergantikan dengan permainan virtual via gadget. Namun jangan khawatir masih banyak mainan yang juga sangat berpotensi untuk dijual. Beberapa diantaranya seperti buku, balok mainan hingga rumah rumahan.

  1. Sediakan Mainan yang Sedang Tren

bisnis mainan anak 3

Bisnis mainan anak juga tidak terlepas dari tren. Bahkan kini mainan anak memiliki tren bahkan standarnya sendiri. Jangan takut kebingungan karena tren ini bisa dilihat secara kasat atau bahkan Anda bisa menciptakan tren tersebut.

Tren tersebut kurang lebih bisa dimanfaatkan agar penjualan mainan tetap dalam angka yang baik. Perlu diketahui tren pada mainan anak sama kuatnya dengan tren fashion bagi orang dewasa. Maka dari itu kejelian justru harus digunakan.

  1.  Spesifikasi Mainan Anak

bisnis mainan anak 4

Spesifikasi diperlukan agar konsumen mudah memilih mainan. Spesifikasi dilakukan tidak hanya pada jenis mainan menurut gender anak, tapi lakukan juga spesifikasi untuk kisaran umur anak. Ini dilakukan karena setiap cakupan umur memiliki kecenderungan pemilihan barang yang beda.

Secara tidak langsung bila tips ini dilakukan maka akan mempermudah penjual juga pembeli. Anda sebagai penjual akan mudah menyortir dan menunjukan barang yang sedang dicari konsumen. Lalu bagi konsumen akan lebih mudah untuk menjatuhkan pilihan.

  1. Sediakan Discount

bisnis mainan anak 5

Untuk menarik perhatian konsumen Anda bisa menyediakan potongan harga atau diskon. Selain potongan harga bisa membuat promo menarik lainnya. Anda bisa mengadakan promo beli satu gratis satu atau promo menarik lain seperti pembelian per paket dengan harga miring.

Agar lebih menarik Anda bisa menambahkan jasa bungkus kado. Tidak jarang pembelian mainan ditunjukan sebagai kado untuk anak. Tarif beragam bisa dipasang tergantung dengan jenis pembungkus kado atau material tambahan lainnya.

  1.  Buka Toko Secara Langsung

bisnis mainan anak 6

Dianjurkan juga untuk membuka toko secara langsung. Penyewaan tempat bisa dilakukan di hari nanti bila memang berfokus pada penjualan online. Namun membuka toko secara langsung dapat memberi keuntungan yang lebih banyak.

Membuka toko secara langsung dapat meningkatkan daya tarik bisnis di kalangan konsumen. Apalagi bila toko dibuka di tempat yang strategis biasanya banyak pengunjung yang sengaja mampir. Dari sana Anda juga bisa tau secara langsung jenis mainan mana yang sedang diminati.

  1.  Lakukan Pemasaran dan Pemesanan Secara Online

bisnis mainan anak 7

Untuk menjangkau pasar yang lebih luas Anda bisa membuka pemesanan via online. Agar pemesanan bisa dilirik banyak orang tentunya harus diberlakukan strategi pemasaran. Dimana ada bisa membuat iklan sederhana terkait produk yang sedang dijual.

Kini pemasaran dengan media online dinilai lebih berhasil ketimbang pemasaran jenis manual. Anda bahkan bisa menyentuh pasar mancanegara bila bisa menaklukan metode ini. Keuntungan yang akan didapat pun bisa jadi lebih berlipat ganda.

  1. Restock Mainan dengan Jenis Baru

bisnis mainan anak 8

Jangan lupa untuk restok mainan lama dengan mainan jenis baru. Umumnya restocking bisa dilakukan dalam jangka waktu per tahun untuk mainan. Anda bisa melakukan restock dengan metode sendiri yang penting barang intensif diperbaharui.

Bila dirasa restock merugikan Anda bisa melakukan flash sale atau cuci gudang. Atau bisa juga untuk mengambil tidak begitu banyak barang agar penjualannya terpantau. Dengan begitu restock bisa dilakukan tanpa memberatkan pengeluaran.

  1.  Cari Supplier Mainan Terpercaya

bisnis mainan anak 9

Tips terakhir yang bisa dilakukan yakni cari supplier mainan anak yang terpercaya di indotrading. Apalagi mainan yang akan dijual merupakan mainan yang masih potensial. Pemasok tidak bisa dipilih secara abal-abal.

Baca Juga: 5 Jenis Aplikasi Online Shop Ini Bakal Menaikkan Level Bisnis Kamu

Perlu diingat jangan tergiur dengan harga yang murah karena bisa saja berujung tidak indah. Bisnis mainan anak ini memerlukan ketelatenan dan keuletan termasuk dalam hal mencari pemasok.

Jangan bingung untuk mencari pemasok karena Anda bisa membeli mainan anak yang masih potensial untuk laku di jual hanya di indotrading.com. Dimana barang yang ditawarkan tentunya berkualitas dan mengikuti tren.

To Top