Economy and Business

5 Jenis Aplikasi Online Shop Ini Bakal Menaikkan Level Bisnis Kamu

Semakin maraknya online trading menjadi berkah tersendiri bagi para UMKM untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. Banyak UMKM yang sukses menaikkan level bisnis mereka dengan memanfaatkan berbagai aplikasi online shop, baik untuk memasarkan produk, membangun reseller maupun untuk mendukung operasional bisnis sehari-hari. 

Pelaku bisnis online diharapkan mengikuti perkembangan teknologi agar produk atau jasa yang ditawarkan terus relevan. Selain itu, penting juga untuk mendukung aktivitas bisnis kamu agar semakin efektif dan efisien. 

Banyak sekali aplikasi online shop di internet yang dapat memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis. Berikut beberapa di antaranya. 

Aplikasi Marketplace Untuk Memasarkan Produk

Aplikasi marketplace tentu menjadi aplikasi wajib bagi pelaku usaha yang ingin memasarkan produknya. Dibandingkan dengan platform lain seperti media sosial atau membangun website penjualan sendiri, marketplace ini punya keunggulannya tersendiri. 

Konsumen yang datang ke sebuah situs marketplace lebih kuat motivasinya untuk membeli sesuatu. Artinya, pengunjung situs marketplace itu selain jumlahnya yang sangat banyak juga memiliki purchasing power yang besar. 

Hasil survei menunjukkan bahwa rata-rata orang Indonesia berbelanja 3-5 kali di marketplace dalam sebulan. Selain itu, kamu tidak perlu repot membeli domain dan hosting untuk membuat toko online.  

Aplikasi Direktori Bisnis

Mendaftarkan usaha kamu di situs direktori bisnis menjadi salah satu langkah yang positif. Terlebih lagi jika usaha yang kamu jalani adalah adalah bisnis offline seperti restoran atau cafe. Google My Business adalah salah satu direktori bisnis gratis yang wajib kamu daftarkan. 

Dengan mendaftarkan usaha di Google My Business, restoran atau cafe kamu bakal masuk dalam halaman pencarian saat pengguna mengetikkan kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Direktori buatan Google ini pun terintegrasi dengan Google Maps sehingga calon konsumen dapat mendatangi lokasi bisnis kamu dengan mudah. 

Aplikasi Desain Sederhana 

Foto produk menjadi salah salah satu faktor yang menjadi pertimbangan bagi konsumen saat membeli barang di internet. Oleh karena itu, kamu perlu membuat katalog produk yang semenarik mungkin, terutama jika kamu memasarkannya di media sosial. 

Tidak perlu mahir dalam desain grafis, kamu pun dapat memanfaatkan aplikasi desain sederhana seperti Canva dan VSCO Cam. Aplikasi seperti ini menawarkan kemudahan mengedit gambar dengan berbagai template maupun elemen desain yang menarik. 

Aplikasi Social Media Marketing 

Social media telah menjadi sarana yang paling efektif dalam memasarkan sebuah produk. Berdasarkan data Global Web Index, sebanyak 54% pencarian di media sosial yang dilakukan oleh pengguna terkait dengan pencarian produk. 

Source: globalwebindex.com

Meski terlihat sederhana, mengelola media sosial untuk kepentingan bisnis ternyata tidaklah mudah. Kamu harus memikirkan bagaimana membangun audiens atau konsumen, berinteraksi dengan mereka, dan bagaimana bersaing dengan kompetitor. 

Jika toko online di media sosial sudah semakin besar, kamu mungkin akan membutuhkan aplikasi seperti Hootsuite, Buffer, atau Socialbakers. Aplikasi-aplikasi dapat membantu kamu untuk membuat postingan terjadwal, melihat insight media sosial secara lebih detail, serta melihat tren yang sedang berkembang. 

Aplikasi Penjualan Online Ngorder.id

Menjalankan toko online bisa menjadi sangat merepotkan bila order yang masuk setiap harinya sudah sangat banyak. Untuk menyiapkan pesanan pembeli, kamu harus mengecek ketersediaan barang, mengecek ongkos kirim, sampai mencatat setiap transaksi yang masuk. Belum lagi jika kamu mengelola toko online di beberapa platform sekaligus. Pasti sangat merepotkan, bukan? 

Beruntung, ada aplikasi penjualan online terintegrasi yang dapat membantu kamu melakukan berbagai aktivitas tersebut dalam satu platform. Ngorder merupakan aplikasi inventori manajemen dan penjualan online dengan beragam fitur seperti manajemen orderan, inventory barang, report transaksi harian, sampai manajemen reseller dan dropshiper. Ngorder juga punya fitur Storefront yang memungkinkan kamu untuk membuat toko online dengan domain sendiri hanya dalam 5 menit.

 

banner seller
To Top