Insight

Simak Panduan Memilih Kulkas Berkualitas Bagus dan Tahan Lama Disini!

Simak Panduan Memilih Kulkas yang Berkualitas Bagus dan Tahan Lama Disini!

Produk kulkas kini semakin banyak di pasaran. Kualifikasi, desain, dan inovasi teknologi yang ditawarkan juga makin beragam. Hal tersebut tentu memberikan keuntungan bagi konsumen, namun kadang juga membingungkan konsumen sebab banyak sekali pilihan yang ada. Oleh sebab itu, perlu kiranya untuk mencari tahu bagaimana memilih lemari pendingin yang tepat dan tahan lama dalam penggunaannya.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading News akan membahas mengenai panduan memilih kulkas yang bagus dan tahan lama.

Namun sebelum membaca lebih lanjut, Anda dapat menemukan berbagai jenis kulkas dengan kualitas terbaik di Indotrading, dengan supplier yang ada dari seluruh Indonesia.

Pengertian Kulkas

Kulkas atau lemari pendingin adalah sebuah perangkat yang dibuat untuk menciptakan kondisi pendinginan dan mampu menghilangkan suhu panas. Lemari pendingin ini dapat mengawetkan makanan, karena pertumbuhan bakteri akan melambat pada suhu yang rendah. Sehingga nantinya bahan makanan akan lebih tahan lama dan juga makanan akan tersimpan rapi.

Baca Juga: Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Terbaik

Tips Memilih Kulkas yang Bagus dan Tahan Lama

Berikut ini adalah cara memilih lemari pendingin yang sesuai dengan kebutuhan Anda, yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membelinya.

1. Perhatikan kapasitas ruang dan dimensi

Setiap rumah membutuhkan kapasitas ruang kulkas yang berbeda-beda. Maka dari itu penting untuk menyesuaikan kapasitas besar atau kecilnya lemari pendingin tersebut berdasarkan dengan kebutuhan Anda.

Semakin besar kapasitas lemari pendingin yang dibeli, maka dimensinya juga akan semakin besar. Ukuran lemari pendingin sendiri beragam mulai dari yang besar sampai ukuran mini. Dengan memperhatikan kapasitas ruang dan dimensi tersebut, maka tata letak interior rumah Anda tidak terganggu.

2. Pilih Desain yang Sesuai

Tampilan desain kulkas kini terdiri dari banyak sekali pilihan. Oleh sebab itu desain yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Anda juga bisa menyesuaikan desain dengan interior dapur yang ada. Sebab, tampilan desain yang menarik nantinya akan membuat suasana dapur Anda menyenangkan.

3. Perhatikan Mutu dan Kualitasnya

Memperhatikan mutu dan kualitas menjadi pertimbangan yang penting. Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengecek lemari pendingin adalah dengan memperhatikan material pembuatnya. Dengan begitu, barang yang dipilih nantinya tidak mudah berkarat, atau engsel pintu dan mesinnya juga tidak mudah rusak.

Bahan yang kokoh yang biasa digunakan untuk seluruh bodi kulkas terbuat dari Pre Coated Material (PCM). Anda juga harus memperhatikan pintunya, apakah rapat atau renggang. Pertimbangan bahan dan material ini bertujuan agar barang yang dibeli nantinya tidak mudah rusak serta tahan lama.

4. Perhatikan teknologi pendingin dan fitur pendingin

Untuk mengetahui teknologi pendingin yang ada, Anda bisa memperhatikannya dengan mengecek gambar bintang berjumlah tiga atau lima buah di bagian kanan pintu. Label bintang tiga menunjukkan kemampuan pendingin yang ditawarkan sebesar -150° C. Adapun untuk label bintang lima menawarkan suhu maksimum sampai -210° C.

Kulkas juga memiliki fitur pendingin yang berbeda. Fitur yang wajib biasanya adalah fitur multi air flow yang mana mampu mendinginkan suhu merata ke semua bagian. Dua hal ini menjadi hal yang perlu diperhatikan.

5. Periksa fitur wadah

Fitur wadah perlu juga diperhatikan sebab terpasang di seluruh bagian kulkas. Misalnya seperti rak telur, atau wadah daging yang harus terpisah dengan makanan lain. Ada juga wadah pembuangan yang letaknya di belakang lemari pendingin, harus dipilih berdasarkan sirkulasi udara yang baik agar air bisa cepat menguap.

6. Perhatikan Daya Listrik

Memperhatikan konsumsi listrik juga perlu dilakukan. Karena pertimbangan masalah listrik menjadi salah satu prioritas juga dalam memilih kulkas. Anda bisa memilih barang yang menawarkan teknologi pendingin yang hemat daya.

7. Pilih jenis kulkas sesuai dengan kebutuhan Anda

Jenis kulkas terbagi menjadi dua, yaitu kulkas dengan pembeku (freezer) dan all-refigerator model (non freezer) yang terdiri dari satu pintu, dua pintu, atau multidoor. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan kapasitas pintu yang ada.

Umumnya kulkas dua pintu memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan lemari es satu pintu, sehingga bisa menyimpan makanan dalam jumlah yang lebih banyak. Kulkas multidoor juga bisa menyimpan segala jenis makanan dalam kondisi yang optimal.

8. Harga dan Garansi

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan juga adalah harga dan garansi. Harga kulkas sendiri sangat bervariasi sesuai dengan fitur apa yang ditawarkan. Jadi, sesuaikan dana dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Kemudian masalah garansi juga sangat penting. Pilihlah lemari pendingin dengan garansi resmi untuk menghindari terjadinya kerugian saat barang yang dibeli mengalami kerusakan, khususnya pada bagian mesin.

Itulah pembahasan mengenai bagaimana cara memilih kulkas yang tahan lama dan berkualitas bagus. Dengan memperhatikan cara-cara tersebut, Anda juga akan terhindar dari kerugian saat membelinya.

Anda bisa mendapatkan kulkas yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda di Indotrading, dengan supplier dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Freezer Terbaik Untuk Bisnis Anda 2021

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top