Insight

15 Rekomendasi Stabilizer Terbaik Untuk di Rumah 2021

rekomendasi stabilizer terbaik

Stabilizer terbaik sebagai alat penstabil listrik di rumah agar barang-barang elektronik yang anda miliki lebih awet dan tidak cepat rusak. Seringkali arus listrik yang dialirkan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara) tidak stabil dalam memenuhi kebutuhan alat-alat elektronik di rumah.

Kadang mengalami kelebihan tapi kadang kala mengalami kekurangan dari konsumsi semestinya. Kondisi yang tidak stabil inilah yang membawa pengaruh pada barang-barang elektronik utamanya yang sensitif seperti komputer, kulkas, AC, dsb.

Tidak hanya digunakan di rumah, stabilizer juga digunakan pada beberapa peralatan industri atau pabrik guna mengoptimalkan kinerja peralatannya.

Sementara itu sebelum menggunakan stabilizer sebagai penstabil listrik, anda perlu mencari tahu seberapa besar konsumsi listrik. Hal ini yang menjadi penentu berapa besarnya kapasitas stabilizer yang anda butuhkan, biasanya besar konsumsi listrik harus 80% dari kapasitas stabilizer.

Stabilizer Terbaik dan Cara Menentukan Tipe yang Sesuai

stabilizer terbaik 1

Untuk menentukan tipe stabilizer terbaik yang anda butuhkan, terlebih dahulu anda harus mengecek tegangan listriknya yakni antara tipe 1 phase atau 3 phase. Caranya adalah dengan melihat pada bagian Magnet Circuit Breaker (MCB), jika tunggal berarti bertipe 1 phase namun jika memiliki 3 deret dengan 1 tangkai berarti memiliki tipe 3 phase.

Stabilizer sendiri terbagi menjadi 4 macam, yaitu:

Stabilizer dengan servo motor

Cara kerja stabilizer ini adalah motor akan berputar selama dua hingga lima detik untuk mendapatkan tegangan stabil. Bagian servo motor dipasang pada carbon brass yang memiliki fungsi menghubungkan input trafo dan kabel input. Stabilizer ini tidak memiliki filter atau penyaring pada gangguan listrik yang meliputi petir, surge, sar, dll.

Ketika tegangan listrik ataupun voltasenya mengalami penurunan maka motor akan berputar yang menyebabkan titik input bergeser ke arah depan dan trafo berganti menjadi trafo step up. Hal sebaliknya akan terjadi saat voltasenya mengalami kenaikan sehingga trafo berubah menjadi trafo step down.

Stabilizer dengan relay

Sama dengan stabilizer servo motor, stabilizer jenis ini juga tidak memiliki penyaring. Cara kerjanya adalah beberapa relay bekerja untuk menstabilkan listrik saat tegangannya mengalami kenaikan dan penurunan. Memiliki tingkat reaksi yang cukup cepat namun kurang stabil.

Saat voltase turun, rangkaian pengendali akan memberikan aliran listrik pada relay dan menggerakkannya. Kemudian arus pada trafo akan dipindahkan ke tap trafo sehingga listrik outputnya mengalami kenaikan.

Setelah voltasenya normal maka relay akan kembali ke titik netral sehingga trafo terhubung ke voltase normal kembali, bukan pada posisi step up.

Stabilizer yang menggunakan beberapa relay bisa membatasi terjadinya kenaikan voltase pada jaringan listrik agar saat terjadi lonjakan tegangan dengan tiba-tiba alat-alat elektronik yang anda gunakan tetap aman.

Stabilizer dengan Ferro Resonant

Sistem yang paling stabil dengan respon yang cepat yakni 0,04 detik. Trafo isolator dan kapasitor mampu meredam sag, noise, spike, dsb dengan baik. Sebutan lain untuk stabilizer ini adalah Power Conditioner atau Line Conditioner.

Stabilizer dengan sistem digital control

Sistem ini adalah yang paling baik, paling stabil, canggih serta telah dilengkapi dengan penyaring atau filter. Memiliki respon yang sangat cepat yakni 0,04 detik. Pengaturannya juga telah memakai instrument digital sehingga memudahkan pemakainya.

Untuk memilih stabilizer terbaik, pilihlah yang memiliki respon yang cepat terhadap perubahan tegangan arus listrik, memiliki kapasitas output yang real, serta memiliki jaminan dan garansi sehingga anda tidak akan kebingungan saat stabilizer anda bermasalah.

Baca juga : Panduan Lengkap Instalasi Listrik Rumah yang Aman

Rekomendasi Stabilizer Terbaik Untuk Rumah

stabilizer terbaik 2

Keberadaan peralatan elektronik telah menjadi kebutuhan yang sangat vital sebab barang-barang ini akan semakin memudahkan pekerjaan rumah anda. Semakin banyak jumlah peralatan elektronik yang dimiliki maka semakin mudah juga pekerjaan anda. Namun sebaliknya semakin banyak pula konsumsi daya listrik.

Barang-barang elektronik biasanya penahan arus sehingga membuat penggunaan daya menjadi tidak stabil dan boros. Hal ini juga akan berdampak pada resiko terjadinya korsleting yang bisa membahayakan nyawa anda juga seluruh keluarga.

Saat ini anda bisa dengan mudah menemukan stabilizer, berbagai merek, spesifikasi serta harga bisa anda temukan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat memilih stabilizer anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan anda.

Masing-masing stabilizer memiliki maksimum output 50%, 60%, 70%, 80% dan 100%, namun daya 100% sangat tidak disarankan guna memberikan ruang keamanan sebesar 20%.

Fitur lain yang harus ada adalah soft start atau auto return, karena fitur ini memungkinkan stabilizer dapat hidup kembali dengan ringan serta aman seusai terjadi pemadaman listrik sehingga MBC tidak anjlok.

Berikut ini kami bagikan rekomendasi beberapa merek stabilizer yang dapat anda gunakan di rumah:

Matsunaga

Pabrikan asal Jepang ini mampu bertahan hingga lebih dari 10 tahun, dan memiliki kapasitas 350 VA hingga 10.000 VA. Stabilizer merek Matsunaga juga ada yang dirakit di China, perbedaan dengan rakitan Jepang adalah pada harga dan kualitasnya.

Prolink

Memiliki desain yang modern dengan parameter digital dalam layar LCD, meliputi AVR indicator dan fault indicator. Dilengkapi pula dengan universal socket yang cocok untuk berbagai alat elektronik.

Lexos

Dilengkapi parameter manual dan digital dengan material gulungan yang terbuat dari tembaga murni sehingga memiliki tingkat keamanan yang maksimal. Untuk menjaga suhu agar tidak overheat, stabilizer ini dilengkapi dengan automatic cooling fan dan heat sensor V.

Toyosaki

Material gulungannya sangat kuat karena terbuat dari material pilihan yang dapat melindungi mesin dari kondisi panas yang berlebihan. Stabilizer ini juga dilengkapi sekring pengaman dan memiliki harga terjangkau.

Samoto

Memiliki desain yang ringkas dan tidak terlalu besar sehingga mudah untuk dipindahkan. Stabilizer ini memiliki kapasitas dalam berbagai pilihan yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Baca juga : 10 Rekomendasi Panel Listrik Terbaik

Nisson

Stabilizer Nisson telah memiliki sekring pengaman 10A 220VAC sehingga dapat melindungi anda dari terjadinya korsleting listrik. Harganya cukup terjangkau dan sangat bisa diandalkan.

Seri terlarisnya adalah Nisson AVS 1KOE stabilizer-1000 VA. Penggunaan stabilizer ini direkomendasikan untuk wilayah yang sering mengalami pemadaman listrik dan penurunan voltage yang terjadi secara tiba-tiba.

Matsumoto

Merek stabilizer ini banyak digunakan karena memiliki reputasi handal dan tahan lama. Dilengkapi parameter manual dan beberapa pilihan kapasitas.

Minamoto

Memiliki kualitas dan performa yang bagus, daya tahan yang kuat serta harga yang terjangkau dan cocok digunakan untuk keperluan industri serta perkantoran. Produk ini memiliki kapasitas mulai dari 500 VA hingga 60.000VA.

Matsuyama

Memiliki tampilan yang menarik dilengkapi indicator digital dengan layar LED. Merek ini juga tersedia dalam beberapa pilihan kapasitas yang dapat digunakan untuk keperluan perkantoran maupun industri. Mengenai kualitas tak perlu diragukan lagi, harganya juga lebih murah dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya.

AVS Perintis

Tipe terlaris dari merek ini adalah AVS Perintis XA-1000W yang memiliki kelebihan pada suara yang halus dan minim getaran. Dilengkapi pula dengan circuit sekring untuk meminimalisir korsleting. Lebih penting lagi merek ini memiliki harga yang terjangkau sehingga banyak diminati.

Emmerich

Memiliki performa dan kinerja yang tangguh serta mesin yang tahan lama. Merek ini didukung dengan teknologi kompensasi yang canggih sehingga dalam mengatur daya listrik menjadi lebih stabil. Tipe yang paling bagus dari merek ini adalah Emmerich iDVM 1.5kVA.

Edson

Merek ini memiliki performa tinggi karena mengadopsi teknologi dari Eropa, serta lebih kuat dan tahan lama. Stabilizer ini dapat mengatasi tegangan listrik yang ekstrim mulai 60V hingga 250V. Kapasitas dayanya mencapai 99% untuk menstabilkan daya 220V, dilengkapi pengukuran servo dan digital dengan automatic voltage regulator.

Produk ini dibuat dari 100% tembaga murni dan desain praktis serta compact sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak tempat. Edson dapat menstabilkan daya 130V hingga 220V.

Matsunaga Voltage SVC-1000N Stavolt Motor Stabilizer

Spesifikasi dari stabilizer ini adalah memiliki soft start yang bekerja dengan suara lembut. Memiliki 3 buah colokan dengan output 1 slot untuk 110V dan 2 slot untuk 220V, dilengkapi pula circuit breaker guna mencegah korsleting listrik. Disarankan untuk penggunaan daya maksimal 700 watt.

Matsuyama Stabilizer 10 KVA-LD 140V

Memiliki kinerja yang luar biasa dan efisiensi tinggi serta respon yang super cepat yakni 1 detik. Dapat digunakan di rumah maupun kebutuhan industri dengan kapasitas yang cukup besar 10 KVA, inputnya 140V hingga 240V dengan output 220V. sistem control yang digunakan adalah micropresesor dengan servo motor.

Lexos ST500D

Merupakan stabilizer digital berkualitas tinggi, dirancang khusus untuk over-under voltage dan over-under current. Parameternya menggunakan sistim manual dan digital sehingga semakin memudahkan anda. Material utamanya 100% berbahan tembaga murni, serta dilengkapi automatic cooling fan dan heat sensor V.

Kapasitasnya cukup besar yaitu 500VA, input 140V hingga 250 V dan output 220-110V. merek ini juga memiliki kelebihan pada cara kerjanya yang otomatis.

Beberapa Manfaat yang Dimiliki Stabilizer

stabilizer terbaik 3

Selain menstabilkan arus listrik, stabilizer juga memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi anda yaitu:

  • Menjaga tegangan listrik agar lebih konstan sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik di rumah anda
  • Stabilizer juga dapat mencegah terjadinya kerusakan pada perangkat elektronik yang disebabkan oleh lonjakan listrik
  • Dengan kemampuannya melindungi dari lonjakan listrik serta menurunnya daya listrik yang tiba-tiba maka stabilizer juga memiliki fungsi dalam mengoptimalkan kinerja dari peralatan elektronik yang tengah anda gunakan
  • Stabilizer membuat perlatan listrik menerima aliran listrik sesuai dengan kebutuhannya sehingga tidak ada aliran yang berlebihan. Hal ini berpengaruh pada tagihan listrik yang harus anda bayarkan tiap bulannya.
  • Kenaikan dan penurunan tegangan listrik juga dapat mengurangi usia peralatan elektronik sehingga dengan adanya stabilizer arus lebih stabil dan alat elektronik lebih tahan lama.

Baca juga : 7 Cara Aman Memasang Saklar Listrik

Demikian adalah rekomendasi beberapa merek stabilizer terbaik yang ada di pasaran. Jika ingin beli stabilizer sekarang tidak lagi sulit, anda bisa membelinya di Indotrading yang merupakan B2B marketplace yang menyediakan segala kebutuhan anda termasuk perangkat elektronik dengan harga yang terjangkau.

Dengan pembelian di Indotrading dapatkan perbandingan penawaran dari beberapa supplier terbaik sesuai dengan yang anda inginkan.

To Top