Insight

10 Rekomendasi Panel Listrik Terbaik yang Bisa Diketahui

Dalam dunia kelistrikan dan pembangkit listrik, terdapat perangkat yang memiliki fungsi untuk membagi dan mendistribusikan energi listrik dari sumbernya kepada para konsumen listrik. Dengan perangkat tersebut, maka energi listrik akan dibagi dan didistribusikan secara merata dan sesuai kebutuhan ke rumah-rumah, gedung, perkantoran, dan tempat-tempat lain yang membutuhkan energi listrik. Perangkat yang digunakan tersebut merupakan satu kesatuan yang disebut dengan panel listrik.

Panel listrik terdiri dari sepuluh komponen yang saling melengkapi dengan fungsi masing-masing. Kesepuluh komponen tersebut yaitu ACB (Air Circuit Breaker), MCCB (Moulded Case Circuit Breaker), MCB (Miniature Circuit Breaker), Thermal Overload Relay, Pilot Lamp, Ampere Meter, CT (Current Transformator), Volt Meter, Magnetic Contactor, dan Push Button.

Pengertian dan Panel Listrik dan Kegunaannya

Panel listrik (Electrical Switchboard) merupakan perangkat kelistrikan berupa beberapa komponen listrik yang telah tersusun sehingga memudahkan dalam pendistribusian dan pembagian tenaga listrik dari sumber listrik ke konsumen. Panel listrik juga berfungsi untuk  pengamanan, pemeriksaan, dan perawatan komponen-komponen kelistrikan lainnya.

Secara garis umum, berdasarkan penempatannya panel listrik dibedakan menjadi 2 macam, yaitu panel daya dan panel distribusi listrik. Panel daya merupakan tempat pendistribusian energi listrik dari gardu listrik step down ke beberapa panel distribusi. Sedangkan panel distribusi listrik merupakan tempat untuk menyalurkan energi listrik yang masuk dari dari panel daya ke beban (konsumen), instalasi tenaga listrik, dan instalasi penerangan. Jadi, fungsi panel listrik adalah sebagai alat yang mendistribusikan energi listrik. 

Rekomendasi Panel Listrik Terbaik

Tidak semua panel listrik memiliki kemampuan yang maksimal sebagai alat pendistribusian energi listrik. Panel listrik memiliki spesifikasi dan kualitas yang berbeda satu sama lain, sehingga Anda harus hati-hati dalam memilihnya. Berikut ini 10 rekomendasi panel listrik dari indotrading.

1. Panel Schneider ATS / AMF

Panel listrik schneider ATS/AMF merupakan gabungan panel yang memberikan solusi terpadu untuk mengotomatiskan dalam menangani masalah kegagalan PLN yaitu dalam hal pemadaman listrik. Dengan panel ini, pengguna bisa memindahkan secara otomatis distribusi dari PLN ke Genset, sehingga Genset dapat menggantikan peranan dari PLN untuk mensuplai sumber daya listrik. Selanjutnya, mesin genset secara otomatis akan menggantikan perannya sebagai operator untuk mengoperasikan Genset.

2. Panel Star Delta

Panel Star Delta merupakan panel listrik berupa starter, yang berguna untuk mencegah lonjakan arus listrik yang terlalu tinggi. Tegangan pada start awal tidak dikenakan tegangan penuh, namun hanya 0.58 karena panel ini dengan dilengkapi dengan teknologi motor yang berputar sehingga arus cepat turun. Selain itu, panel ini juga dilengkapi fitur timer sehingga arus akan dipindahkan menjadi segitiga dan tegangan maupun arus yang mengalir ke motor segera penuh. 

3. Panel MDP 1600A Schneider Manual

Panel Distribusi MDP 1600A Schneider Manual merupakan panel pembagi beban yang mendapat supply dari Panel LVMDP. Dengan panel ini, maka besaran proteksi breaker bisa disesuaikan dengan beban yang digunakan. Terdiri dari MCCB Pusat, MCCB Pembagi, dan aksesoris listrik lainnya, Panel MDP ini cocok untuk menyuplai daya ke panel lanjutan, yaitu panel Motor 3 phase, Panel Motor 1 Phase, Panel ATS Genset, Panel listrik 3 phase, Panel Listrik 1 phase, dan lain sebagainya.

4. Panel Listrik QM SM6 Motorised

Panel Listrik QM SM6 Motorised termasuk panel listrik yang tepat sebagai alat pengendali arus listrik dari sumber tegangan ke komponen listrik. Dengan panel listrik ini dapat menjadi jembatan antara sumber listrik dan komponen listrik. Selain itu, panel listrik ini memiliki fitur yang canggih untuk mengatur voltase arus listrik.

5. Panel Listrik DM1A Motorised Metering Manual

Panel Listrik DM1A Motorised Metering Manual merupakan pilihan panel listrik terbaik untuk diaplikasikan pada tegangan listrik menengah (medium voltage). DM1A Motorised Metering Manual memiliki kualitas yang bagus tidak kalah dengan cubicle berharga tinggi lainnya. Secara umum Panel Listrik DM1A motorised Metering manual ini sangat efektif untuk membagi dan mengontrol pendistribusian arus listrik ke sub panel atau perangkat.  Panel Listrik ini juga bisa digunakan untuk mengalirkan listrik dari gardu.

6. Panel LVMDP 2500A – ATS

Panel LVMDP 2500A – ATS merupakan panel listrik yang tepat untuk diaplikasikan pada tegangan yang rendah. LVMDP 2500A – ATS dapat dimanfaatkan sebagai alat pembagi utama daya pada instalasi listrik di seluruh gedung. Berfungsi sebagai penerima daya/power dari transformator (trafo) sekaligus mendistribusikannya secara lebih lanjut ke panel Low Voltage Sub Distribution (LVSDP), panel ini juga bisa diaplikasikan dalam menggunakan Air Circuit Breaker atau moulded case Circuit Breakers.

7. ABB Switchgear Cubicle Unisafe

ABB Switchgear Cubicle Unisafe merupakan komponen panel listrik yang digunakan untuk memutuskan, menghubungkan, mengukur tegangan, mengukur arus, dan mengukur daya listrik. Panel listrik yang satu ini bisa juga digunakan untuk alat proteksi dan kontrol panel listrik. Keunggulan alat ini adalah dikemas dalam bentuk plat blok menyerupai lemari dengan pintu di bagian depan yang bisa dibuka dan ditutup menurut standar Operasi yang diminta.

8. Panel Listrik Cubicle 24kV Elimsan LBS Fuse

Panel Listrik Cubicle 24kV Elimsan LBS Fuse merupakan panel listrik yang mampu mendistribusikan energi listrik dengan sangat baik. Dilengkapi dengan fitur-fitur berteknologi seperti Incoming with LBS SF6, Outgoing with LBS + Fuse, dan + Pressure Gauge meter, panel ini cocok dihubungkan dengan DGPT Trafo dan optimal untuk mencegah Trafo rusak dari kelebihan panas, tekanan, dan mendeteksi jika ada gas yang timbul di badan Trafo. Panel ini juga bisa cocok untuk alat proteksi trafo dan gardu PLN dari terjadinya short circuit

9. Cubicle Siemens

Cubicle Siemens merupakan panel listrik yang cocok untuk mengendalikan, menghubungkan, dan melindungi arus listrik dari sumber arus listrik. Panel Cubicle Siemens memiliki kualitas yang bagus dan memiliki daya tahan yang lama. Panel ini tersedia dalam jenis panel listrik MVMDP untuk distribusi utama tegangan menengah medium voltage.

10. Panel Cubicle EGA

Panel Cubicle EGA merupakan panel listrik yang memiliki banyak fungsi. Cubicle EGA bisa digunakan untuk memutuskan listrik, menghubungkan listrik, sebagai peralatan proteksi, untuk kontrol listrik, dan sebagai alat pengukur tegangan listrik. Panel Cubicle EGA memiliki kualitas yang bagus dan tidak kalah dengan cubicle lainnya seperti panel cubicle merek Schneider. 

Demikianlah 10 rekomendasi panel listrik dari Indotrading. Untuk pilihan panel listrik lainnya, Anda bisa mendapatkan langsung dari supplier panel listrik lainnya, hanya di website Indotrading.

To Top