Insight

Cara Menggunakan Mesin Pemanggang yang Baik dan Benar

cara menggunakan mesin pemanggang

Mesin pemanggang atau toaster adalah alat rumah tangga yang cukup penting keberadaannya. Sayangnya, banyak yang belum memahami bagaimana cara menggunakan mesin pemanggang yang baik dan benar. Simak bacaan ini untuk mendapatkan jawabannya.

Cara Menggunakan Mesin Pemanggang Bagi Pemula

cara menggunakan mesin pemanggang 1

Keberadaan toaster sebenarnya sangat memudahkan pekerjaan ibu rumah tangga. Walaupun roti bukanlah makanan pokok dan hanya digunakan oleh orang yang sibuk dan tidak sempat sarapan. Toaster membuat tekstur roti lebih renyah dengan rasa yang lezat.

Bagi para pemula, harus tahu bagaimana cara menggunakan mesin pemanggang yang baik dan benar agar tidak cepat rusak, ini dia penjelasannya:

1. Memasang Kabel

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang kabel karena mesin pemanggang membutuhkan listrik agar bisa beroperasi. Pastikan terpasang dengan baik, terhindar dari bahan yang mudah meledak dan jauh dari api.

2. Masukkan Roti ke dalam Mesin Pemanggang

Langkah kedua yaitu memasukkan roti ke dalam mesin. Untuk jumlahnya, terserah Anda, yang paling terpenting satu slot hanya boleh diisi dengan satu lembar roti saja, jangan lebih. Selain roti, Anda juga bisa kok memanggang jenis makanan lainnya, seperti bagel dan sosis.

3. Atur Suhu Panggangan

Langkah yang ketiga Anda harus mengatur tingkat suhu panggangan berbentuk bundar dan bisa diputar. Namun untuk toaster yang terbaru pengaturan suhunya sudah berbentuk digital, Anda tinggal menekannya saja.

4. Pilih Suhu Terendah

Anda harus tahu bahwa alat pemanggang roti mempunyai suhu skala 1-5, 5 yang tertinggi dan 1 yang terendah. Bagi pemula, Anda bisa mengatur suhu diantara 2 dan 3 karena semakin rendah suhunya maka semakin empuk roti yang dipanggang.

Setelah percobaan selesai, selanjutnya Anda bisa menentukan suhu dan tekstur roti sesuai dengan keinginan. Sampai sini paham kan?

5. Turunkan Tuas

Langkah yang kelima yaitu Anda harus menurunkan tuas mesin pemanggang sebagai tanda bahwa proses pemanggangan dimulai. Umumnya, akan memakan waktu sekitar 1-2 menit, tergantung pada alat dan tingkat suhu yang dipilih sebelumnya.

6. Keluarkan Roti dari Alat Pemanggang

Langkah yang terakhir Anda harus mengeluarkan roti dari alat pemanggang ketika sudah matang yang ditandai dengan bunyi “ting” dan roti muncul ke atas. Anda bisa mengambilnya dengan jari atau penjepit makanan.

Kemungkinan roti akan sangat panas, lebih baik gunakan alat bantu agar tangan tidak lecet. Selesai, roti sudah bisa dimakan, Anda bisa menambahkan selai atau susu agar lebih lezat.

Praktikkan langkah-langkah di atas dengan baik dan benar jangan sampai salah atau terbalik tahapannya. Karena jika tidak, makanan Anda tidak akan matang atau justru gosong.

Baca juga : 10 Rekomendasi Oven Terbaik

Tips Agar Mesin Pemanggang Tidak Cepat Rusak

cara menggunakan mesin pemanggang 2

Setelah mengetahui cara menggunakannya, selanjutnya ada beberapa tips agar mesin pemanggang tidak cepat rusak. Ini dia penjelasannya:

1. Bersihkan Secara Rutin

Salah satu penyebab mesin cepat rusak adalah tidak dibersihkan dari sisa roti yang menumpuk dan debu. Caranya cukup mudah, Anda tinggal mencabut kabel, keluarkan baki bagian bawah dan buang isinya.

Kemudian bersihkan baki dengan kain basah lalu keringkan. Pasang kembali baki dan Anda bisa memanggang roti atau sosis lagi.

2. Masukkan Roti Sesuai Ukuran

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa ukuran satu roti dengan lainnya memang tidak sama. Lebih baik Anda tidak memanggang roti yang tebal, karena mesin akan bekerja lebih keras hingga pada akhirnya membuatnya cepat rusak.

Cara mengantisipasinya, Anda harus memotong roti yang tebal menjadi dua bagian agar lebih renyah, terpanggang sempurna dan mesin tetap awet. Sampai sini paham kan?

3. Jangan Menganggap Angka adalah Waktu

Tahukah Anda bahwa beberapa alat dapur modern dimatikan dalam jangka waktu tertentu, namun tidak dengan pemanggang roti. Contoh sederhananya, toaster menunjukkan angka 4, bukan berarti Anda harus mengambilnya dalam jangka waktu 4 menit, tunggu hingga benar-benar matang sempurna.

4. Sesuaikan Pengaturan Suhu dengan Roti

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya setiap roti memiliki ketebalan yang berbeda. Hal ini menandakan bahwa Anda tidak boleh mengatur suhu yang sama dengan tebal roti yang berbeda.

Misalnya roti 1 lebih tebal dibanding roti 2, maka kecilkan suhu ketika Anda mulai memanggang roti ke 2 agar tidak gosong atau terlalu renyah. Lakukan percobaan terlebih dahulu agar tidak salah.

5. Gunakan Tuas Angkat Tambahan

Anda harus menggunakan tuas angkat tambahan. Anda tidak boleh terburu-buru mengambil roti yang sudah matang. Naikkan tuas terlebih dahulu hingga tingginya maksimal. Cara ini membuat tangan Anda aman dari panas toaster.

6. Jangan Menggoresnya dengan Benda Tajam

Beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan adalah mengambil roti atau membersihkan bagian dalam mesin pemanggang menggunakan pisau atau bahan logam yang lainnya. Apalagi jika pisaunya memiliki ujung yang pipih dan tajam.

Hal ini penting untuk diperhatikan agar mesin pemanggang tidak cepat rusak dan tidak membahayakan Anda, terlebih jika masih tersambung ke aliran listrik. Anda juga harus memahami jenis toaster yang akan digunakan karena ada beragam jenis yang dijual bebas di pasaran.

Jika Anda masih bingung dimana tempat membeli mesin pemanggang yang berkualitas dan murah, jawabannya ada di Indotrading. Anda bisa memilih mesin yang terbaik, menyesuaikan budget dan mendapatkan penawaran yang lainnya melalui email.

Sekarang Anda sudah paham kan bagaimana cara menggunakan mesin pemanggang yang baik dan benar. Yuk tunggu apalagi? segera beli dan nikmati roti dan sosis spesial di pagi hari dengan menggunakan mesin pemanggang yang dibeli dari Indotrading.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top