Cerita Bisnis

PT. Bumi Wirastaraya Sejahtera Mampu Bertahan Selama Pandemi Bersama Indotrading

Menjalankan bisnis di masa pandemi seperti sekarang ini tidaklah mudah, pasalnya pandemi juga membawa dampak besar terhadap dunia bisnis.

Kondisi ekonomi yang tidak stabil merupakan salah satu tantangan tersendiri untuk para pelaku usaha dan bisnis. Hal yang sama dirasakan PT. Bumi Wirastaraya Sejahtera.

Meski telah berdiri sejak tahun 2010, PT. Bumi Wirastaraya Sejahtera juga merasakan bagaimana naik turunnya dalam menjalankan bisnis, terlebih di masa sekarang ini.

Menjalankan strategi digital marketing bersama Indotrading menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan penjualan dan bertahan di tengah pandemi.

Berkeinginan Memiliki Bisnis Permanen

Berawal dari tekad kuat untuk memiliki bisnis permanen sejak masa sekolah, Bapak Delfa, pemilik PT. Bumi Wirastaraya Sejahtera menjadikan tekad tersebut sebagai dorongan membangun dan menjalankan PT. Bumi Wirastaraya Sejahtera, produsen serta distributor pompa terpercaya dengan produk spesialisasi pompa udara.

Saat ditemui di ruko miliknya, beliau menceritakan bisnis yang dikembangkannya saat ini merupakan buah hasil dari tekad kuatnya untuk memiliki bisnis yang diinginkan sejak masa sekolah.

Keinginan itu tidak dilepaskan bahkan sampai masa ia bekerja di satu perusahaan, keinginan tersebut masih tetap dipegang kuat.

Ia banyak mencari dan mencoba berbagai bisnis dengan berbagai produk jual dalam rangka mengetahui produk jual yang tepat untuk bisnis nya.

“Memang dari masa sekolah ya saya ingin memiliki bisnis yang permanen, artinya bukan sambilan, bukan musiman begitu” tuturnya.

Awal Berdirinya PT Bumi Wirastaraya Sejahtera

Bumi Wirastaraya Sejahtera merupakan perusahaan pompa yang dibangun sejak tahun 2010 melalui banyak pertimbangan dan tantangan awal yang dihadapi.

Dimulai dari memberanikan diri untuk memutuskan untuk keluar dari pekerjaan saat target modal untuk memulai bisnis belum terpenuhi, meminjam tempat dan fasilitas saat pertama kali memulai bisnis, sampai kemudian bisnis PT. Bumi Wirastaraya Sejahtera perlahan berkembang dan mampu untuk menyewa tempat sederhana, hingga akhirnya pindah ke ruko yang jauh lebih baik dari tempat – tempat sebelumnya sebagai ruko tetap PT. Bumi Wirastaraya hingga saat ini.

“Mbak, tolong kalau ada fax bilang aja ini fax perusahaan ini ya.” begitu tuturnya saat menceritakan salah satu proses dan tantangan awal mula terbentuknya PT. Bumi Wirastaraya Sejahtera saat meminjam fax warnet sebagai alamat fax perusahaannya dulu.

Mencoba Mencari Produk yang Cocok Untuk Dijual

Tidak hanya disitu, dalam masa membangun dan pencariannya sebelum memutuskan untuk menjual produk pompa, Pak Delfa sebagai pemilik PT. Bumi Wirastaraya mengaku dulu banyak mencoba berbagai produk jual untuk dijadikan produk bisnisnya.

Beliau menceritakan bahwa sebelum menjalankan bisnis ini, ia bekerja di satu perusahaan dan memiliki banyak usaha sampingan seperti berjualan cendol, ikat pinggang, aksesoris perempuan, sampai baju anak. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mencari produk tepat untuk bisnis permanen yang diinginkan nya.

Sampai ia menemukan satu momen yang kemudian menjadi inspirasinya untuk memulai usaha permanen yang memiliki konsistensi penjualan produk yang bagus.

“Oh ternyata untuk berbisnis itu tidak perlu menjual banyak, asal konsisten dan rutin” simpul Pak Delfa, saat menceritakan momen bertemu penjual lemon dengan penjulana konsisten yang menjadi inspirasi dan kunci bisnisnya.

Sejak saat itu, akhirnya Pak Delfa tertarik untuk memilih menjual produk dengan konsisten penjualan yang bagus dan memilih pompa sebagai produk jual untuk bisnis permanennya karena beberapa peluang yang dilihat dan dimiliki.

“Kenapa pompa? karena saya dulu pernah punya pengalaman kerja yang ngasih saya pengetahuan mengenai produk ini, kemudian saya pelajari lebih dalam lagi, dan saya juga melihat peluang produk ini tuh banyak banget. Pasarnya masih sedikit, masih sedikit juga orang dengan pengetahuan terhadap produk ini, serta permintaannya besar ya.” Ungkapnya, saat ditanya mengapa tertarik untuk menjual pompa.

Tantangan Dalam Berbisnis

Dalam menjalankan bisnis ini, berbagai tantangan ditemui, diantaranya seperti modal, legalitas, perpajakan, serta sumber daya manusia.

Beliau mengatakan modal pasti menjadi tantangan setiap orang saat hendak memulai menjalankan bisnis. Pengalamannya saat ingin membangun PT. Bumi Wirastaraya Sejahtera, ia telah memikirkan serta memperhitungkan modal yang dibutuhkan sejak jauh hari. Ia kumpulkan modal sejak masih bekerja dan berjualan sampingan.

Sedangkan untuk legalitas dan perpajakan, menurutnya dua hal tersebut merupakan penting namun cukup sulit dalam dunia bisnis.

Terlebih jika tidak memiliki dasar pengetahuan atau keahlian dalam kedua hal tersebut. selama menjalankan bisnis pompa, Pak Delfa banyak belajar mengenai dua hal itu dengan cara mendekatkan diri dengan pengacara dan orang-orang ahli dalam kedua bidang tersebut.

Kemudian berjalan 5 tahun, bisnis pompanya mulai stabil dan mulai bisa menambah anggota tim sebagai karyawan perusahaan untuk membantu menjalankan dan mengembangkan bisnis pompa ini.

Bergabung di Indotrading Mampu Meningkatkan Omset Selama Pandemi

Namun dalam perjalanan, bisnis pompa miliknya pernah mengalami penurunan penjualan seperti pada masa pandemi sekarang ini.

Menjalankan bisnis di tengah pandemi tidaklah mudah. Ia menuturkan penjualannya menurun dan mendapati keadaan seperti awal memulai bisnis.

Namun, dengan keyakinan bahwa produknya merupakan produk penting yang banyak dibutuhkan, serta produk-produknya tersebut dipromosikan di Indotrading, penjualannya kini menjadi lebih baik.

Pemasaran melalui digital banyak membantu bisnisnya stabil dan berjalan di masa sekarang. Sejak ikut bergabung menjadi member Indotrading, Pak Delfa menuturkan bahwa penjualannya semakin meningkat.

Dengan pemasaran digital yang dilakukannya bersama Indotrading, produk-produknya kemudian dipromosikan dan dapat menjangkau pasar yang jauh, bahkan dari luar daerah.

Lebih lagi, ia tidak perlu repot untuk mengatur dan mengelola promosi tersebut, karena sudah dilakukan oleh Indotrading, sehingga beliau hanya perlu terima order dan omsetnya pun meningkat.

“Saat gabung di Indotrading, saya dapat menjangkau pasar yang jauh, permintaan semakin banyak, serta omset pastinya meningkat karena produk kita dipromosikan di website dimana Indotrading sudah memiliki base pasar yang banyak, jadi kita tinggal tunggu terima orderan” ungkapnya.

banner seller
To Top