Insight

Pengertian Pipa Hitam, Serta keunggulan, dan Tips Berguna Sebelum Membelinya

pipa hitam

Pipa hitam merupakan salah satu jenis pipa yang banyak digunakan untuk segala kebutuhan. Untuk itu pada kesempatan ini Tim News Indotrading akan membahas hal-hal mengenai keunggulan jenis pipa ini serta tips yang dapat digunakan sebelum membeli pipa yang sesuai dengan kebutuhan.

Anda dapat menemukan banyak pilihan Pipa hitam terbaik dengan kualitas dan harga terbaik serta terpercaya di Indotrading!

Apa itu Pipa hitam 

Pipa hitam atau besi hitam yang dikenal juga sebagai Carbon steel pipe atau Black steel pipe merupakan  sebuah pipa berongga yang berbentuk lingkaran dari bahan besi atau baja, sehingga lebih kuat dalam menahan beban.

Umumnya pipa yang secara tampilan ini berwarna hitam, sering digunakan untuk berbagai kebutuhan pembuatan konstruksi bangunan rumah, gedung, alat promosi seperti baliho atau billboard, serta digunakan untuk dalam pembangkit listrik, pabrik petrokimia, kilang minyak dan gas, serta kapal. 

Selain dimanfaatkan untuk kegiatan industri serta konstruksi, jenis pipa ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkut atau mengantarkan cairan, dan gas yang memiliki tekanan dan suhu yang sangat tinggi. 

Baca Juga : Mengenal Jenis Pipa Galvanis dari Fungsi Hingga Ukurannya

Kelebihan Pipa Hitam

pipa hitam

Mengingat sering digunakan pada sektor konstruksi bangunan dan industri, pipa ini memiliki berbagai kelebihan yang cukup berbeda dengan jenis perpipaan lainya. Berikut kelebihan penggunaan pipa hitam yang perlu Anda ketahui:

1. Tahan Lama

Sering menjadi pilihan sebagai pipa untuk segala kebutuhan , pipa hitam banyak dipilih karena usia pemakaiannya dapat bertahan lama. Untuk daerah padat seperti perkotaan, jenis pipa ini dapat digunakan hingga mencapai 25 tahun lebih. Jika di pergunakan untuk wilayah pedesaan usia pemakaian pipa ini jauh lebih lama, yaitu hingga 50 tahun lebih. Hal itu tergantung kondisi udara hingga polusi yang terjadi di lingkungan tempat pipa digunakan.

2. Non Korosif

Pada bagian permukaannya, jenis pipa ini dilapisi oleh material seng yang sama seperti lapisan luar pipa galvanis. Sehingga lapisan seng tersebut menjadi pelindung dari bahaya korosif yang sering terjadi pada lapisan luar pipa jenis lain. Lapisan seng tersebut menjadi salah satu hal yang membuat jenis pipa ini umum digunakan dalam konstruksi bangunan.

Jenis pipa ini sendiri memiliki tingkat ketebalan yang beragam dengan diameter tertentu. Untuk ketebalan lapisan 1 micron, mampu melindungi pipa dari karat hingga 3 tahun penggunaan atau bahkan lebih. Sedangkan untuk ketebalan lapisan anti karat lebih dari 3 micron, dapat melindungi permukaan pipa dari karat hingga 30 tahun atau lebih.

3. Tidak Mudah Berkarat

Dikarenakan material dari jenis pipa ini berasal dari material yang berkualitas serta dilapisi lapisan seng pada bagian luarnya. Membuat pipa ini tidak akan mudah berkarat, meskipun digunakan untuk mengalirkan berbagai jenis material mulai dari air, gas hingga udara.

4. Kuat

Pipa ini juga merupakan salah satu jenis pipa yang terkenal kuat, tahan banting dan tidak mudah pecah. Hal tersebut karena jenis pipa ini terbuat dari material baja kokoh. Bahkan ketika Anda membawanya dalam muatan banyak dan dalam kondisi berhimpitan tidak akan membuatnya rusak, meskipun pipa ini harus menempuh perjalanan jauh sebelum digunakan.

Begitu juga ketika diaplikasikan pada berbagai kondisi, baik sebagai pagar hingga saluran material tertentu. Kekuatannya akan semakin teruji, Saat sudah diaplikasikan sudah pasti Anda akan makin menyukai pipa jenis ini.

5. Harga yang Terjangkau

Pipa hitam merupakan salah satu jenis pipa yang dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Pasalnya proses pembuatannya tergolong mudah dan cepat.

Dengan menggunakan satu mesin pengolahan saja, dapat membuat pipa berkualitas dengan tampilan hitam pada keseluruhan pipa. Selain itu bahan pembuatan untuk jenis pipa ini  juga mudah didapat. Sehingga beberapa hal tersebut menjadi alasan yang membuat harga pipa ini jadi terjangkau dan cukup diminati di tengah masyarakat.

Baca Juga : Kenali Lebih Jauh Pipa HDPE dan Cara Penggabungannya

Tips Dalam Memilih Pipa Besi Hitam

Untuk mendapatkan pipa hitam dengan kualitas dan harga terbaik sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui beberapa tips yang dapat memudahkan Anda dalam mendapatkan pipa yang sesuai. Untuk itu berikut pembahasan mengenaintips dalam memilih pipa yang sesuai dengan kebutuhan:

1. Survey Supplier

Sebelum membeli jenis pipa ini, pastikan untuk melakukan survei terlebih dahulu ke setiap supplier yang menjual pipa jenis ini. Mengingat saat ini banyak supplier yang menjual jenis pipa ini di berbagai tempat, selain itu setiap supplier tentu memiliki kualitas serta harga pipa yang berbeda-beda. Untuk itu selalu pastikan untuk mencari supplier pipa hitam terbaik di Indotrading yang sudah tentu merupakan supplier berkualitas dan terpercaya.

2. Sesuaikan Dana dan Kebutuhan

Meskipun dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, Anda tetap harus mempertimbangkan harga dari pipa yang akan dibeli. Di Indotrading Anda dapat membuat penawaran untuk produk yang hendak dibeli, sehingga Anda dapat menyesuaikan dana dan kebutuhan yang diperlukan.

3. Ketahui kekuatan Pipa Dalam Menahan Beban

Beda ukuran dan panjang pada pipa hitam dapat membuat perbedaan pada kekuatan pipa dalam menahan beban. Untuk itu pastikan Anda mengetahui berapa panjang serta ketebalan pipa yang hendak dibeli untuk digunakan, agar pipa yang sudah dibeli dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Itulah pembahasan lengkap seputar pipa besi hitam serta tips sebelum membeli yang harus Anda ketahui, sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakannya. Anda bisa temukan berbagai jenis Pipa Hitam dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

banner seller
To Top