Insight

Cek! Keunggulan dan 5 Jenis Pipa Besi yang Sering Digunakan Diberbagai Sektor

pipa besi

Menjadi produk yang sangat dibutuhkan dalam penyaluran, pipa besi memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Pada kesempatan kali ini Tim Indotrading News akan membahas Jenis jenis pipa besi dan tips sebelum membeli pipa besi yang anda butuhkan.

Jika Anda tertarik menggunakan pipa besi,  Anda dapat menemukan berbagai jenis pipa besi dengan kualitas dan harga terbaik langsung dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Apa Itu Pipa Besi

pipa besi atau yang sering disebut pipa hitam merupakan salah satu jenis pipa yang banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan bagunan. Penggunaan nya sudah tidak asing lagi, khususnya untuk aliran air, dan untuk berbagai kebutuhan konstruksi lainnya seperti rangka plafon, tiang lampu, pagar rumah, penyangga rumah dan lainnya.

Pipa ini besi umumnya terbuat dari bahan material material besi (Fe) yang dicampur dengan nikel (Ni), aluminium (Al), tembaga (Cu), hingga titanium (Ti). Tujuannya adalah  agar pipa tidak mudah mengalami korosi dan tahan lebih lama atau awet. Itulah mengapa pipa ini sudah dikenal luas akan ketahanan dan kekuatannya. 

Baca Juga: Jenis – jenis Sambungan Pipa dan Fungsinya

Keunggulan Penggunaan Pipa Besi

pipa besi

Memiliki beragam keunggulan dari berbagai jenis pipa lainnya, berikut keunggulan penggunaan pipa besi:

1. Kuat

Sudah terbukti dengan bahan dasar yang sulit rusak, maka untuk kekuatan dari pipa ini tidak perlu diragukan lagi. Karena memang besi ini sifatnya kuat. Sehingga nantinya tidak akan mudah patah, bengkok maupun juga berlubang saat digunakan dibanding dengan jenis pipa paralon.

2. Daya Tahan tinggi

Pipa besi memiliki daya tahan yang tinggi dan tahan dari berbagai macam cuaca. Material dari pipa ini tidak mudah lapuk ataupun juga keropos. Sehingga membuatnya dapat dipakai untuk jangka waktu yang lama, serta dapat ditempatkan dimana saja.

3. Tersedia Dengan Berbagai jenis

Pipa besi ini memiliki beragam jenis dan bentuk, sehingga bisa anda beli sesuai dengan jenis, kebutuhan, dan budget Anda.

Jenis – Jenis Pipa Besi

Setelah mengetahui keunggulan dari penggunaan pipa besi yang sudah terkenal di dunia konstruksi bangunan, membuat pipa Besi banyak digunakan sebagai pipa sistem saluran dan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut jenis jenis pipa, berikut penjelasan detail mengenai beragam jenis pipa besi:

1. Pipa Besi Galvanis

pipa besi gavanis

Jenis Pipa galvanis merupakan jenis pipa besi yang terbuat dari baja ringan serta dilapisi seng pada bagian luar dan dalamnya. Tujuannya agar lebih tahan terhadap korosi, karena jenis pipa ini lebih banyak digunakan pada area bangunan yang umum, seperti pegangan tangga, saluran air, pagar, atau aksesoris luar ruangan. Bentuknya bervariasi, seperti bulat dan kotak, serta bisa disesuaikan dengan banyaknya permintaan pasar.

Baca Juga: Jenis Jenis Pipa Galvanis dari Fungsi Hingga Ukurannya

2. Pipa Hollow

pipa besi hollow

Jenis pipa hollow ini merupakan jenis pipa yang berbentuk kotak atau persegi panjang dengan rongga di bagian tengah sehingga menyerupai pipa. 

Pipa ini tidak terlalu tahan pada tekanan, sehingga tidak direkomendasikan untuk menjadi bahan konstruksi bangunan yang berat. Namun, jenis pipa ini banyak digunakan dalam pembuatan pagar, kanopi dan plafon sebagai bahan pengganti kayu karena ketahanannya terhadap kerusakan.

3. Pipa Besi Oval

pipa besi oval

Jenis pipa ini merupakan jenis pipa yang jarang digunakan untuk bangunan. Pipa ini lebih diperuntukkan untuk kelengkapan otomotif seperti knalpot, pembuatan furniture, hingga penunjang industri fashion

4. Pipa Besi Seamless

Jenis ini merupakan pipa yang di dominasi oleh warna hitam pekat, sehingga tampilannya cukup berbeda dengan jenis pipa lainnya.

Pipa seamless ini sering disamakan dengan pipa welded, namun keduanya jelas memiliki perbedaan yang signifikan, yakni dari proses pembuatannya.

Pada proses pembuatan pipa seamless digunakan dengan memanaskan besi dan mendorong bagian dalam. Sehingga proses ini membentuk pipa. Jenis pipa ini dipasarkan dalam ketebalan yang beragam. Hal ini dikarenakan ketebalan pipa seamless akan menentukan kualitas dari pipa jenis ini dalam menahan tekanan.

5. Pipa Besi Welded

Jenis pipa welded merupakan jenis pipa yang sering disamakan dengan pipa seamles. Yang membedakannya adalah pipa welded dapat dipotong sesuai dengan kebutuhan.

Ciri khas yang tampak paling menonjol dari pipa ini adalah keberadaan garis memanjang yang merupakan sambungan pelat tersebut. Namun, pada beberapa produk, sambungan tersebut hanya tampak samar karena pengelasan dilakukan pada suhu tinggi. 

Tips Memilih Pipa Besi Sebelum Memesannya

1. Mengukur Diameter Luar Pipa

Sebelum Anda membeli pipa, pastikan Anda mengetahui diameter luar yang dibutuhkan. Dengan begitu pipa Anda akan lebih tepat guna. Anda bisa mengukur diameter luar pipa dengan menggunakan rumus perhitungan pembagian antara keliling pipa dengan phi (standar rumus). Dengan begitu Anda dapat mengetahui ukuran diameter luar pipa.

2. Mengukur Diameter Dalam

Selanjutnya, Anda perlu mengukur diameter dalam pipa. Untuk dapat mengukur diameter dalam pipa, Anda perlu mengetahui ketebalan pipa terlebih dahulu. Setelah itu Anda baru bisa mengukur diameter dalamnya. Perhitungan diameter dalam bisa dilakukan dengan cara menggandakan ukuran ketebalan pipa lalu dikurangi dengan ukuran diameter luar pipa.

3. Perhatikan Merk Produsen Pipa

Perhatikanlah merk produsen pipa. Biasanya pipa dengan merk atau dari produsen yang jelas memiliki kualitas lebih yang bisa diunggulkan. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan yang lebih karena kualitas yang tak sesuai.

Demikianlah Pembahasan mengenai pipa besi mulai dari keunggulan, jenis jenisnya, hingga tips dalam membeli pipa besi yang sesuai agar anda terhindari dari biaya lebih untuk perawatan.

Anda bisa menemukan berbagai jenis Pipa Besi dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga: Kenali Pipa HDPE dan Cara Penggabungannya

banner seller
To Top