Insight

Pastikan Peralatan Jahit Ini Ada Dalam Bisnis Konveksi Anda

Peralatan jahit merupakan salah satu peralatan yang wajib dimiliki dalam bisnis konveksi. Bagaimana tidak, sebab peralatan tersebut memiliki peranan penting dalam proses menjahit. Bahkan, beberapa peralatan tersebut tidak bisa digantikan atau disubtitusi dengan alat lainnya. Bagi Anda yang memiliki usaha atau bisnis konveksi, simak pembahasan Tim News Indotrading kali ini mengenai peralatan jahit yang wajib ada dalam bisnis konveksi Anda.

Baca Juga: 11 Cara Memulai Bisnis Konveksi Dari Rumah dan Strateginya

Anda juga bisa menemukan berbagai jenis peralatan jahit dengan kualitas dan harga terbaik untuk kebutuhan bisnis konveksi Anda di Indotrading!

Alat Jahit

Bisnis konveksi merupakan salah satu bisnis yang kuat bertahan dalam jangka waktu lama. Jenis bisnis yang satu ini banyak dipilih untuk dijalankan terlebih ditengah pandemi sekarang ini. Dalam penjalanannya, bisnis yang satu ini sangat membutuhkan peralatan untuk proses jahit produknya. Alat jahit merupakan salah satu peralatan yang wajib dimiliki bisnis ini dalam operasi usaha konveksi jahit. Tentunya pengadaan alat jahit yang lengkap akan semakin melancarkan proses produksi produk jahit bisnis Anda.

Peralatan Jahit yang Wajib Dimiliki

Penting sebagai penunjang bisnis konveksi Anda, peralatan jahit yang lengkap akan menambah semangat para penjahit untuk menghasilkan jahitan dengan kualitas tinggi. Hal tersebut tentunya akan membuat bisnis konveksi Anda berjalan lancar. 

Berikut peralatan jahit yang wajib dimiliki sebagai penunjang bisnis konveksi Anda diantaranya adalah :

1. Mesin Jahit

 

Tentunya alat yang satu ini masuk ke dalam daftar peralatan jahit yang wajib dimiliki. Meskipun sebenarnya menjahit bisa dilakukan tanpa mesin yakni dengan menggunakan tangan atau dengan kata lain menjahit manual, namun keberadaan mesin jahit merupakan satu keharusan untuk jenis kegiatan usaha dan bisnis konveksi.

Pasalnya, hasil jahit secara manual dengan menggunakan mesin sangat lah berbeda tingkat kerapihannya. Ditambah lagi penggunaan jarum jahit tangan memakan waktu yang lama sehingga tidak dapat dijadikan proses jahit utama dalam satu bisnis konveksi yang membutuhkan sistem kerja cepat untuk menghasilkan produk jahit sesuai dengan target permintaan.

Sehingga penggunaan mesin jahit dalam satu bisnis konveksi merupakan hal wajib yang tidak bisa digantikan.

Dalam dunia konveksi, mesin jahit terbagi kedalam beberapa jenis yang sekarang ini perkembangan sudah semakin pesat. Diantara mesin jahit tersebut yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan jenis dan tingkat kebutuhan Anda adalah sebagai berikut :

Mesin Jahit High Speed

mesin jahit high speed merupakan mesin jahit yang paling memiliki sistem kerja cepat, sesuai namanya high speed. Mesin jahit ini sangat cocok untuk usaha atau bisnis konveksi tingkat industri. Sebab mesin jahit high speed biasa dan banyak ditemukan serta digunakan dalam kegiatan konveksi industri yang memiliki target hasil produksi tinggi sejalan dengan permintaan produksinya.

Mesin Jahit Manual

Mesin ini merupakan mesin yang sering kali dijumpai di rumah, ataupun usaha konveksi jahit skala kecil atau rumahan. Mesin jahit manual juga banyak membantu penjahit dalam menghasilkan hasil produksi jahitan dengan tingkat kerapihan tinggi dan juga dalam jumlah yang relatif banyak, meskipun tidak sebanyak mesin jahit high speed.

Mesin  yang satu ini dioperasikan secara manual menggunakan gerakan kaki pada pedal mesin dan tangan untuk mengatur lajunya benang. Termasuk mesin jahit yang banyak digunakan masyarakat, mesin jahit yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan di pasaran.

Mesin Portable

Selanjutnya mesin portable. Mesin jahit ini sangat cocok untuk para penjahit pemula. Biasanya mesin ini banyak digunakan penjahit muda. Sebab desainnya yang cantik dan praktis mudah dibawa kemana-mana menjadi daya tarik tersendiri. Layaknya mesin jahit pada umumnya, mesin jahit yang satu ini juga bisa membantu menghasilkan produk jahitan yang rapih. 

Hanya saja mesin jahit ini memiliki bentuk yang lebih kecil dan ringkas, sehingga jenis jahitan juga harus disesuaikan. Namun mesin portable tetap dapat menjahit dengan cepat sebab dijalankan dengan menggunakan bantuan listrik.

Baca Juga : Cara Aman Menggunakan Mesin Jahit High Speed Bagi Pemula

2. Perlengkapan Dasar Jahit

Selanjutnya ada perlengkapan dasar jahit. Sesuai nama kelompoknya yakni dasar, perlengkapan ini merupakan perlengkapan paling awal yang harus disiapkan sebelum menjahit. Sebab jika tidak terpenuhi perlengkapan dasar jahit ini, maka proses jahit tidak bisa dilanjutkan bahkan tidak bisa dijalankan sama sekali.

Perlengkapan dasar jahit ini terdiri dari beberapa alat jahit diantaranya adalah jarum pentul, jarum jahit, benang, gunting jahit, penguran benang kain (dedelan).

3. Mesin Obras

Tidak kalah penting dari mesin jahit utama, mesin obras merupakan salah satu item peralatan jahit yang wajib dimiliki terlebih untuk jenis kegiatan bisnis konveksi industri. Jenis mesin jahit yang satu ini berguna untuk menjahit sisa lipatan pada kain jahit, sehingga menghasilkan hasil jahit yang lebih rapi.

Jenis mesin jahit yang satu ini dioperasikan dengan menggunakan bantuan listrik sehingga sistem kerja nya juga cepat sama seperti jenis mesin jahit utama yang menggunakan listrik lainnya.

4. Meteran Jahit

Selanjutnya meteran jahit wajib ada di kegiatan usaha dan bisnis konveksi jahit, baik dalam tingkat skala kecil maupun skala yang besar. Peralatan jahit yang satu ini digunakan untuk mengukur lebih akurat ukuran kain yang akan diproduksi. Sehingga menghasilkan produk jahitan yang pas dan sesuai dengan si pengguna.

Meteran jahit sangat mudah untuk ditemukan. Paling umum yang ada dipasaran adalah meteran jahit dengan skala ukur cm dan inch.

5. Karbon dan Rader

Para penjahit pasti sudah tidak asing lagi dengan peralatan jahit yang satu ini. Karbon dan rader sangat dibutuhkan para penjahit dalam proses jahit khususnya dalam proses pembuatan pola. 

Dalam penggunaannya pada proses pembuatan pola jahit, kertas karbon yang digunakan biasanya dipilih dengan warna yang kontras dengan warna kain jahitnya dan dibuat garis putus tipis pada kain tersebut menggunakan rader.

6. Perlengkapan Pola Jahit

Selain Karbon dan rader, dalam proses pembuatan pola jahit ada juga berbagai perlengkapan pola jahit lainnya yang perlu disiapkan sebagai alat jahit wajib penunjang bisnis konveksi jahit Anda. 

Perlengkapan pola jahit ini umumnya perlengkapan yang sering dianggap sepele, namun dalam pembuatan pola, perlengkapan ini dapat membantu membuat pola jahitan lebih rapih dan detail. Sebab hasil akhir jahitan juga sangat berpengaruh dari hasil pola jahitan yang telah dibuat sebelumnya.

Diantara perlengkapan pola jahit yang juga memegang peranan penting tersebut seperti kertas pola, pensil jahit, gunting kertas, penggaris biasa, dan cutter.

7. Cutting Mat

Untuk lebih lebih akurat dalam memotong bahan berdasarkan pola jahitan yang sudah dibuat, biasanya para penjahit konveksi industri membutuhkan cutting mat. Cutting mat adalah alat ukur jahit berbentuk papan dengan skala ukur tertentu yang dilengkapi dengan pisau pemotong bahan. Alat ini digunakan dengan tujuan untuk mendapatkan hasil potongan jahit yang lebih akurat dan rapi.

8. Penggaris Jahit

Penggaris jahit merupakan penggaris khusus dengan berbagai bentuk. Penggaris ini berbeda dari penggaris ukur pada umumnya, sebab bentuk dari penggaris ini telah disesuaikan dengan berbagai bentuk lengkungan bagian penting dalam pembuatan pola jahitan.

9. Kain

Tidak boleh terlewatkan, tentu saja kain harus ada sebagai alat jahit utama. Sebab kain merupakan bahan utama pada proses produksi di segala skala konveksi. Jenis kain di pasaran ada banyak macamnya. Biasanya jenis kain yang banyak digunakan sebagai kain dasar konveksi adalah kain linen, namun pemilihan jenis kain ini bisa disesuaikan dengan produk usaha dan bisnis konveksi Anda.

10. Setrika

Peralatan lainnya yang tidak kalah penting dalan bisnis konveksi adalah setrika. Setrika dalam kegiatan usaha ini digunakan untuk merapihkan serta meluruskan pola dan kain. Sehingga dalam proses jahit nya akan lebih mudah dan lancar.

Demikianlah pembahasan mengenai peralatan jahit yang wajib ada dalam bisnis konveksi Anda. Kelengkapan alat jahit yang disediakan tentunya akan mendukung kelancaran usaha dan bisnis konveksi yang Anda jalankan, terlebih dengan kualitas alat yang bagus.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai peralatan jahit dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : 10 Pilihan Mesin Jahit Yang Bisa Obras Kualitas Terbaik

banner seller
To Top