Insight

Mengenal Temperature Switch Fungsi dan Cara Kerjanya

Masih bingung mengenai  temperature switch? Alat yang digunakan sebagai pendeteksi perubahan suhu di berbagai kebutuhan. Kali ini Tim News Indotrading akan mengajak Anda untuk lebih Mengenal Temperature Switch dan Kegunaannya.

Anda bisa temukan berbagai macam temperature switch dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga :  Inilah 10 Jenis jenis Termometer yang Perlu Anda Ketahui

Apa itu Temperature Switch ?

Temperature switch merupakan alat pendeteksi perubahan suhu pada suatu ruang ataupun benda. Banyak juga yang menyebut alat ini dengan sebutan termostat sebab melihat fungsi kerjanya yang dapat mendeteksi perubahan suhu panas yang terjadi dan langsung merubahnya. 

Biasanya alat ini dipasangkan pada berbagai alat elektronik pengatur suhu dan pendingin ruangan diantaranya seperti AC ataupun lemari pendingin seperti freezer, dan kulkas serta pengukur suhu badan, termometer.

Umumnya temperature switch atau termostat memiliki jenis material logam dengan kemampuan penahan panas yang sangat baik. Jenis logam tersebut yakni nikel, tembaga,serta tungsen atau alumunium.

Fungsi Temperature Switch

Secara umum temperature switch dikenal sebagai alat pendeteksi suhu. Namun lebih detail lagi, temperature switch memiliki tiga fungsi utama, yakni sebagai berikut :

1. Penahan Suhu

Selin digunakan sebagai alat pendeteksi perubahan suhu, temperature switch juga digunakan sebagai alat penahan suhu. Hal ini sudah tidak asing lagi sebab, temperature switch bekerja secara otomatis. Ketika temperature switch mendeteksi panas suhu yang berlebih dan tidak wajar, temperature switch akan langsung mematikan aliran listrik dan menahan suhu untuk tetap normal dalam beberapa waktu.

2. Mesin Penetas Buatan

Temperature switch juga banyak digunakan sebagai alternatif panas buatan untuk menetaskan telur ayam atau unggas. Kelebihannya yang dapat mendeteksi panas dan mengatur panas tersebut kemudian banyak dimanfaatkan para peternak unggas untuk menetaskan telur tersbeut dengan panas buatan.

Mesin penetas dengan termperature switch ini banyak diminati sebab dirasa sangat memudahkan para peternak untuk mengatur suhu ideal yang dipelukan dalam proses penetasan telur.

Baca Juga : Sebelum Beli! Simak Fungsi Hygrometer dan Tips Memilihnya

Aplikasi dan Cara Kerja Temperature Switch

Temperature switch memiliki berbagai jenis. Semua jenis tersebut diaplikasikan dengan menyesuaikan fungsi, tempat, dan cara kerjanya masing-masing. Diantara jenis temperature switch yang mudah ditemukan dan umum digunakan adalah sebagai berikut :

1. Mobil

Umum digunakan sebagai alat pendeteksi dan perubahan temperatur suhu pada mobil. Sistem kerja temperature switch pada mobil sangat berkaitan dengan sistem kerja radiator mobil. Pasalnya temperature switch ini dapat mendeteksi perubahan panas berlebih pada mobil yang kemudian akan langsung dilakukan pendinginan oleh radiator mobil.

Umumnya temperature switch pada mobil bekerja dengan cara memutuskan secara langsung aliran listrik ke komponen mesin ketika terdeteksi panas berlebih pada komponen mesin mobil.

2. Kulkas

Temperature switch sudah banyak dikenal sebagai alat pendeteksi dan perubahan temperatur suhu pada mesin atau lemari pendingin seperti kulkas. Berbeda dengan fungsi temperature switch yang ada pada mobil, pada kulkas temperature switch digunakan sebagai penentu waktu standby on dan off kulkas serta mengatur level dingin suhu kulkas. 

Cara kerja temperature switch pada jenis mesin ataupun lemari pendingin seperti kulkas ini dengan cara mematikan sistem aliran listrik pada mesin kulkas jika terdeteksi suhu kulkas terlalu tinggi yang menyebabkan mesin kulkas panas hingga menimbulkan suara.

3. Rice Cooker

Selanjutnya, alat rumah tangga lain yang menggunakan temperature switch adalah rice cooker. Tentu saja, sebab rice cooker memiliki sistem kerja dengan energi panas. Energi panas tersebut bersumber dari aliran listrik yang dialirkan ke saklar pemanas atau biasa dikenal dengan nama leaf switch. Saklar leaf switch ini yang menunjukan rice cooker sedang dalam proses memasak atau sudah matang (cooking-warm). Proses tersebut terjadi sebab adanya tekanan dan arahan dari temperature switch.

Singkatnya, temperature switch pada ricecooker digunakan untuk mengubah suhu pada ricecooker ketika suhu panas dalam proses masak sudah cukup dan tidak digunakan lagi.

4. AC (Air Conditioner)

Pada pendingin suhu ruang seperti AC ruang atau AC mobil, temperature swith memiliki fungsi utama sebagai pendeteksi panas mesin pada alat tersebut. Alat pendeteksi suhu ruang dan benda ini biasanya akan langsung memutus aliran listrik dan mendinginkan mesin sehingga tidak lebih banyak menghasilkan panas pada mesin. Sebab panas berlebih pada mesin utama akan banyak mempengaruhi suhu yang dikeluarkan dari alat pendingin AC ruang ataupun AC mobil.

5. Setrika Listrik

Tidak hanya rice cooker, alat rumah tangga lain yang menggunakan temperature switch adalah setrika listik. Temperature switch pada setrika listrik ini digunakan sebagai pengatur suhu pada setrika. Tujuannya adalah agar setrika tidak mengeluarkan panas yang berlebih ketika digunakan.  Waktu kerjanya tentu saja pada saat setrika listri terdeteksi mengeluarkan energi panas yang berlebih.

Energi panas setrika dihasilkan dari aliran listrik ke komponen mesin setrika tersebut sehingga terjadi perubahan energi dari listrik menjadi panas. Jika terjadi demikian, temperature switch akan langsung mengubah mode setrika dan membuatnya menjadi mode panas terendah. Tujuannya adalah agar panas setrika tersebut kembali netral dengan cepat dan dapat digunakan kembali.

Demikianlah pembahasan mengenai temperature switch dan kegunaannya yang bisa Anda jadikan informasi tambahan sebelum membeli temerature switch. Utamanya temperature switch digunakan sebagai alat pendeteksi perubahan suhu pada ruang dan benda. Namun banyak juga yang menggunakan temperature switch ini sebagai mesin pemanas alternatif penetas telur. Anda hanya perlu menyesuaikan jenis temperature switch tersebut dengan kebutuhan harian ataupun usaha Anda.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai model temperature switch dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Cara Menggunakan PH Meter Digital yang Benar dan Jenisnya

banner seller
To Top