Insight

Mengenal Kabel Tray dan Cara Pasang Kabel Tray yang Benar

Menjadi salah satu perlengkapan penting dalam bidang instalasi listrik, nyatanya masih banyak yang keliru mengenai kabel tray dan cara pasangnya. Kali ini Tim News Indotrading akan mengajak Anda mengenal kabel tray dan cara pasang kabel tray yang benar.

Di Indotrading, Anda akan menemukan berbagai jenis kabel tray dengan kualitas dan harga terbaik langsung dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Jarang Diketahui! Ini Fungsi Penting Circuit Breaker untuk Panel Listrik

Apa Itu Kabel Tray?

Kabel tray sering digunakan untuk pemasangan instalasi di perkantoran ataupun rumahan. Jenis kabel ini umumnya terbuat dari material plastik ataupun fiberglass.

Namun banyak juga kabel tray yang terbuat dari bahan PVC ataupun besi. Hanya saja penggunaannya harus didukung dengan pelindung dan pencegah panas ataupun kebakaran seperti fire retardants dan fireproofing.

Layaknya jenis kabel instalasi listrik lainnya yang juga perlu memperhatikan beberapa faktor, kabel tray jenis ini juga memerlukan perhatian dalam pemasangannya. Umumnya kabel tray dipasang pada daerah atau sudut yang jarang terjangkau. Oleh sebab itu, perawatan nya pun harus rutin dilakukan.

Jenis – Jenis Kabel Tray

 

Layaknya jenis kabel instalasi lainnya, kabel tray juga memiliki beragam jenis. Diantara jenis – jenis kabel tray dapat dibedakan berdasarkan tipe desain tampilannya. Jenis-jenis kabel tray berdasarkan desain tampilan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kabel Tray Pejal

Kabel tray pejal merupakan salah satu jenis kabel tray yang mudah ditemukan. Jenis ini memiliki perlindungan maksimal pada kabel instalasi di dalam nya. Hanya saja, tipe ini memerlukan ketelitian dalam memotongnya selama proses instalasi kabel, mulai dari masuknya kabel hingga kabel keluar.

2. Kabel Tray Berlubang

Jenis lainnya dari kabel tray adalah kabel tray berlubang. Jenis ini juga banyak dikenal dengan nama perforated tray. Kabel tray berlubang biasa digunakan untuk jenis instalasi kabel biasa atau kabel channel.

Kabel jenis perforated ini juga merupakan salah satu kabel tray yang memiliki sirkulasi panas yang baik. Sebab jenis ini memiliki rongga udara berupa lubang-lubang ventilasi tersebut. Hal itu kemudian memungkinkan adanya pertukaran udara panas dan dingin dalam instalasi kabel tray.

3. Kabel Tray Tangga

Ada juga jenis kabel tray yang menyerupai tangga. Jenis ini biasanya banyak lebih dikenal dengan sebutan ladder tray. Bentuknya yang menyerupai tangga, kabel ini memiliki dua jenis batang besi samping yang kemudian disambungkan dengan penopang besi di tengah.

Jenis kabel tray tangga ini juga memiliki rongga ventilasi udara dan juga pelindung kokoh dari kejatuhan benda ataupun debu pada kabel tray.

4. Kabel Tray Pagar

Jika kabel tray sebelumnya memiliki bentuk menyerupai tangga, kabel tray yang satu ini memiliki bentuk menyambung menyerupai pagar. Jenis kabel tray ini juga banyak disebut dengan nama wire mesh tray.

Biasanya, kabel tray jenis ini digunakan pada instalasi kabel berukuran kecil dengan jumlah instalasi banyak. Instalasi telepon, atau jaringan komputer jadi salah satu jenis instalasi yang menggunakan tipe tray ini.

Baca Juga : Sering Gonta-ganti Kabel? Ini 4 Tips agar Kabel Listrik Tetap Awet!

Cara Pasang Kabel Tray yang Benar

Layaknya jenis kabel instalasi listrik lainnya yang juga perlu memperhatikan beberapa faktor, kabel tray jenis ini juga memerlukan perhatian dalam pemasangannya. Umumnya kabel tray dipasang pada daerah atau sudut yang jarang terjangkau.Oleh sebab itu pemasangan kabel tray harus dilakukan dengan teliti dan penuh perhatian. Lebih lengkap lagi, berikut cara pasang kabel tray yang benar yang bisa Anda simak.

1. Marking Kabel Tray

Dalam pemasangan kabel tray, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memberi tanda untuk instalasi kabel tray. Marking kabel tray berarti menentukan dan menandai level ketinggian dan panjang instalasi jalur kabel. Anda harus menyesuaikan tahap ini dengan kebutuhan.

Pada tahap ini Anda bisa melakukan pengukuran ketinggian dengan menggunakan waterpass ataupun laser. Kemudian untuk mengetahui panjang jalur kabel, Anda bisa menggunakan benang nylon sebagai tanda panjang jalur kabel yang diinginkan.

2. Penempelan Kabel Tray

Jika sudah didapat level ketinggian kabel tray yang diinginkan, langkah selanjutnya Anda dapat langsung menempelkan kabel tray pada posisi yang sudah ditentukan.

Proses pemasangan kabel tray ini memerlukan pengeboran terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar kabel tray bisa dikunci dengan menggunakan baut. Dalam hal ini kabel support sangat menjadi tumpuan agar posisi kabel tray kuat dan tidak mudah berubah.

3. Pasang Kabel Instalasi

Setelah kabel tray dipasang kuat, selanjutnya Anda bisa menginstal dan memasangkan instalasi kabel lainnya. Dalam hal ini Anda perlu juga merapikan posisi antar kabel sehingga berada pada posisi yang rapi dan pas pada saat kabel tray ditutup.

Dalam proses ini, Anda bisa menutup kabel tray dengan cara menekan keras bagian kabel tray hingga keluar tanda bahwa kabel tray sudah tertutup rapat.

Demikianlah pembahasan mengenai kabel tray dan cara pasangnya yang benar. Masuk ke dalam instalasi listrik yang memiliki resiko terlebih untuk tingkat kebutuhan industri, pemasangan ini perlu dilakukan oleh para ahli di bidangnya. Namun tidak menutup kemungkinan untuk Anda lakukan sendiri. Tentunya untuk jenis skala listrik yang lebih kecil.

Anda bisa temukan berbagai jenis kabel tray dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merek Kabel UTP Untuk Jaringan Lokal

banner seller
To Top