Insight

Mengenal Barrier Gate, Palang Parkir yang Paling Banyak Digunakan

Banyak digunakan sebagai pintu keamanan kendaraan pada tempat usaha ataupun perkantoran, Barrier gate palang parkir yang paling banyak digunakan ini memiliki jenis dan cara kerjanya sendiri. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai Barrier Gare, Palang Parkir yang Paling Banyak Digunakan.

Di Indotrading, Anda dapat temukan beragam model Palang Parkir dengan kualitas dan harga terbaik dari berbagai Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Rekomendasi Kunci Gembok Anti Maling Terbaik

Apa itu Palang Parkir?

Palang parkir atau dikenal juga dengan nama barrier gate merupakan satu alat dengan sistem otomatis yang berfungsi sebagai penahan laju serta pengaman kendaraan yang hendak masuk ke lokasi parkir.

Palang parkir barrier gate ini banyak digunakan pada area parkir seperti area parkir mall, hotel, rumah sakit, perkantoran, supermarket, bandara, dan masih banyak lagi tempat yang menggunakan jenis sistem palang parkir ini.

Salah satu tujuannya adalah agar laju kendaraan yang keluar masuk area parkiran dapat terintegrasi dan tercatat dengan baik oleh sistem, sehingga keamanan kendaraan pun lebih terjamin.

Secara umum, barrier gate ini dapat dengan mudah dikenali, yakni berbentuk panjang melintang di area depan pintu masuk atau parkiran, ataupun tempat yang berkaitan dengan laju kendaraan seperti palang pintu perlintasan kereta api.

Jenis-jenis Palang Parkir

Meskipun terlihat sama, barrier gate atau palang parkir memiliki beragam jenis. Jenis-jenis Barrier gate tersebut dikelompokan menjadi dua kelompok yakni berdasarkan sistem cara kerjanya, serta kelompok sistem penggunaannya. 

Lebih lengkap lagi, berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis barrier gate :

1. Jenis Barrier Gate Berdasarkan Sistem Cara Kerjanya

Secara umum, jenis barrier gate atau palang parkir berdasarkan sistem cara kerjanya dibedakan menjadi dua jenis yakni model mekanis dan model magnetic hydrolic.

1. Model Mekanis

Model ini merupakan jenis palang parkir yang sistem cara kerjanya menggunakan sistem mekanis dengan bantuan motor gear box dan beban ayunan.

Pada jenis ini umumnya, palang parkir atau barrier gate dibuat dari bahan material penyusun anti karat atau korosi seperti baut baja, pelapis seng, stainless steel, serta fosfat. 

Barrier gate model ini juga dapat dilengkapi dengang berbagai sistem sensor sesuai keinginan. Biasanya sensor yang paling umum dipasang pada model ini adalah sensor logam, serta sensor foto detektor.

2. Model Hydraulic

Jenis palang parkir ini merupakan jenis kombinasi sistem kerja motor listrik dengan tuas hydraulic. Tujuannya adalah agar palang parkir dapat lebih mudah pada saat proses pembukaan atau penutupan palang.

Model ini terbuat dari bahan material yang sama seperti model mekanis, bedanya hanya pada penambahan fitur pegas yang dapat digerakan manual menggunakan tangan saat terjadi pemutusan arus listrik atau listrik padam.

Pegas tersebut juga membantu pengguna atau pemilik untuk mengatur panjang dan pendek nya palang parkir sesuai dengan keinginan.

2. Barrier Gate Berdasarkan Sistem Penggunaannya

Berdasarkan sistem penggunaannya, barrier gate atau palang pintu dibedakan menjadi tiga jenis model. Ketiga jenis model tersebut diantaranya adalah :

1. Semi-Automatic

Dalam proses masuk area parkir, apakah Anda sering melihat palang parkir dengan tombol perintah push button yang kemudian akan mengeluarkan tiket parkir otomatis?Itulah palang parkir jenis semi automatic. 

Model palang pintu berdasarkan sistem penggunaan semi automatic ini merupakan model dengan fitur kemampuan setengan otomatis, dan setengah manual. Maksudnya adalah, sistem penggunaan model ini masih membutuhkan manusia untuk dalam proses penggunaanya.

2. Automatic

Selanjutnya adalah sistem automatic atau sistem otomatis. Model palang parkir jenis ini sudah terhubung dengan komputer, serta dikendalikan oleh operator melalui aplikasi parkir. Dengan kata lain, palang parkir dengan sistem ini hanya memerlukan bantuan manusia dalam proses pengendalian sistem operator palang parkir.

3. Full Automatic

Terakhir adalah jenis palang parkir dengan sistem full automatic atau otomatis penuh. Pada sistem ini, palang parkir dijalankan dengan sistem penuh otomatis dimana palang parkir akan terbuka dan tertutup saat adanya deteksi masuk atau keluar kendaraan dari sensor pergerakan yang dikirimkan melalui kartu akses.

Dengan kata lain, palang parkir jenis ini merupakan palang parkir yang sudah sepenuhnya dijalankan oleh sistem yang terintegrasi satu sama lainnya.

Baca Juga : Lebih Diunggulkan! Intip Rekomendasi Senter LED yang paling Dicari 2021

Tips Memilih Palang Parkir

Setelah mengetahui jenis ataupun model palang parkir berdasarkan kelompoknya, hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai palang parkir adalah tips memilihnya. Berikut beberapa tips yang harus Anda perhatikan sebelum memilih palang parkir.

1. Perhatikan Kekuatan Motor

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kekuatan motor dari barrier gate atau palang parkir. Sebab motor barrier gate ini memiliki pengaruh yang besar terhadap sistem kerja palang parkir. Apabila motor palang parkir ini tidak berkualitas baik, maka palang parkir bisa saja terpental dan membahayakan.

2. Pastikan Tuas Palang Parkir Seimbang

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan tuas palang parkir. Poin ini sangat penting sebab jika tuas palang parkir tidak seimbang maka akan mempengaruhi proses kerja sistem lainnya.

3. Palang Parkir Mudah Dibuka

Selanjutnya perlu diperhatikan adalah kelancaran palang parkir untuk dibuka tutup. Sebab kelancaran palang parkir yang mudah dibuka dan ditutup akan mempengaruhi lajut kendaraan yang masuk dan keluar area parkir. Perlu dicatat adalah tuas palang parkir yang bagus adalah saat aliran listrik terputus, tuas tersebut bisa digerakan secara manual sehingga tidak menyebabkan laju kendaraan menumpuk.

Cara Pasang Palang Parkir

Masuk ke dalam sistem keamanan yang berpengaruh pada keselamatan penggunanya, pemasangan palang parkir tidak boleh dilakukan secara asal. Sebab sudah ada aturan standar pemasangan palang parkir yang perlu Anda ikuti untuk membuat palang parkir yang aman digunakan sesuai standar operasional yang berlaku.

Adapun langkah pemasangan palang parkir yang sesuai standar dan aman Anda terapkan yakni sebagai berikut :

  1. Persiapkan pondasi beton yang sesuai dengan petunjuk standar pembuatan pondasi beton
  2. Perhatikan jarak minimum pemasangan pondasi agar tidak menghalangi akses jalan
  3. Pelajari cara pemasangan sensor serta cara mengintegrasikan atau mengkoneksikannya dengan mesin motor palang parkir sehingga dapat bekerja dengan baik.
  4. Amati dan coba palang proses buka dan tutup palang pintu sebelum benar-benar dipasang
  5. Sterilkan tempat dengan cara hindari pejalan kaki atau lalu lalang orang saat proses pemasangan
  6. Palang parkir siap diuji coba dan dipasang permanen untuk segera digunakan.

Demikianlah pembahasan informasi lengkap mengenai Barrier Gate, palang parkir yang paling banyak dibutuhkan.

Anda dapat menemukan berbagai jenis Palang Parkir dengan kualitas dan harga terbaik di Indotrading!

Baca Juga : Bingung Cari Wheel Stopper Berkualitas? Temukan Produk Pilihanmu di 7 Supplier Wheel Stopper Terpercaya Berikut!

banner seller
To Top