Sosok Inspiratif

Kisah Darwin Manurung: Dari Karyawan Toko Pipa Kini Jadi Bos Pipa

“Awalnya saya memang tidak menguasai pipa. Tapi saya memiliki konsep dimana menggabungkan beberapa orang yang mempunyai keahlian di bidang sales pipa untuk bergabung di satu perusahaan dan sayalah yang menggabungkan mereka. Jadi saat saya berpisah dari perusahaan dulu setelah empat tahun bergabung, saya kemudian membangun perusahaan sendiri,” tulis Direktur Utama CV. Raja Pipa Indonesia, Darwin Parluhutan Manurung.  

Menjadi seorang pebisnis bila dilakukan dengan berbagai macam cara. Darwin Parluhutan Manurung (42) salah satunya. Pria asal Tebing Tinggi, Sumatera Utara ini dikenal sebagai seorang pengusaha pipa.

Darwin mendirikan CV. Raja Pipa Indonesia di tahun 2013. Perusahaan miliknya ini bergelut di bidang distributor/agen berbagai jenis pipa. Di antaranya pipa Pvc, pipa besi, pipa Pp-R, pipa Hdpe, pipa Pe-Al-Pe, pipa tembaga, insulation dan pipa conduit.

Baca juga: Pernah Hidup Susah, Livienne Russellia Bangkit dan Sukses Berbisnis Kosmetik

Sejak dibangun tahun 2013 hingga saat ini, penjualan berbagai macam pipa miliknya kian tumbuh dan berkembang. Tetapi siapa sangka, sebelum sukses menjadi pimpinan utama CV. Raja Pipa Indonesia, Darwin hanyalah seorang karyawan biasa di sebuah toko pipa. Kok bisa?

“Awalnya Raja Pipa itu berdiri sekitar dua tahun yang lalu. Awalnya itu saya bergabung di satu perusahaan kemudian saya bergerak untuk mencoba sendiri,” ungkap Darwin kepada indotrading.com, Senin (3/10/2016).

Foto: Direktur Utama CV. Raja Pipa Indonesia, Darwin Parluhutan Manurung/Dok: indotrading.com

Foto: Direktur Utama CV. Raja Pipa Indonesia, Darwin Parluhutan Manurung/Dok: indotrading.com

Berhenti bekerja dan mencoba membuka bisnis baru bukanlah perkara yang mudah bagi Darwin. Sebelum CV. Raja Pipa Indonesia berdiri di tahun 2013, ia terlebih dahulu mempelajari seluk beluk bisnis pipa hingga sistem pengelolaan perusahaan.

Pengalaman Darwin yang pernah menjadi karyawan di sebuah toko pipa selama 4 tahun membantu dalam mendirikan dan mengembangkan perusahaan baru miliknya yang bernama CV. Raja Pipa Indonesia.

Baca juga: Dari Bandung Tegep Boots ‘Terbang’ ke Australia Hingga Jerman 

“Awalnya saya memang tidak menguasai bisnis pipa. Jadi saat saya berpisah dari perusahaan itu setelah empat tahun bergabung jadi saya bikin perusahaan sendiri,” ucapnya.

Kemudian langkah pertama yang dia lakukan adalah dengan merekrut beberapa orang yang dianggap pandai menjual pipa. Darwin mengaku tidak sembarangan saat merekrut karyawan. Ia hanya merekrut tenaga penjualan (sales) yang memiliki cukup pengalaman.

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

“Tapi saya memilki konsep dimana menggabungkan beberapa orang yang mempunyai keahlian di bidang sales pipa untuk bergabung di satu perusahaan dan saya lah yang menggabungkan mereka,” tukasnya.

Jeli Melihat Peluang Besar Pasar Pipa

Tekat Darwin Parluhutan Manurung meninggalkan profesi sebagai karyawan di sebuah toko pipa sudah bulat. Pengalaman bekerja selama 4 tahun di tempat itu membuat dia yakin bisa membangun bisnis penjualan pipa secara mandiri.

Baca juga: Decopatch: Bisnis Piring dan Gelas Bekas Ala Diah yang Bernilai Jutaan Rupiah

Akhirnya di tahun 2013 bisnisnya mulai dirintis. Modal pertama yang dia keluarkan juga tidak terlalu besar, hanya Rp 5 juta.

“Modal saya dulu saat membangun bisnis ini sekitar Rp 5 juta itu buat bikin badan usaha yaitu CV, karena kalau untuk membuat PT perlu dana besar,” katanya.

Foto: Direktur Utama CV. Raja Pipa Indonesia, Darwin Parluhutan Manurung/Dok: indotrading.com

Foto: Direktur Utama CV. Raja Pipa Indonesia, Darwin Parluhutan Manurung/Dok: indotrading.com

Keinginan kuat Darwin untuk membuka usaha baru di bidang penjualan pipa disebabkan karena besarnya pasar pipa di dalam negeri. Ia menilai hampir seluruh perusahaan yang bergerak di bidang penjualan pipa memiliki omzet yang cukup besar.

“Berawalnya itu karena kami tergiur dengan salah satu perusahaan yang bergerak di produk pipa pergerakan dan perputarannya cepat,” tambahnya.

Baca juga: Mantan PNS Ini Sukses Jadi Pengusaha Art Interior Beromzet Puluhan Juta

Oleh sebab itu, Darwin menyediakan berbagai jenis pipa yang diperlukan oleh para customer seperti pipa Pvc, pipa besi, pipa Pp-R, pipa Hdpe, pipa Pe-Al-Pe, pipa tembaga, insulation dan pipa conduit. Banyaknya jenis pipa yang dijual Darwin menjadi alasan mengapa perusahaannya diberi nama CV. Raja Pipa Indonesia.

“Karena namanya Raja Pipa, jadi yang dijual semua tentang pipa, baik pipa air panas, pipa buangan, pipa Pvc, pipa besi dan lain-lain. Lalu untuk menarik perhatian konsumen. Jadi kalau Raja Pipa otomatis kan semua yang berhubungan dengan pipa yang ada di sini,” ucapnya.

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

Raup Untung Dari Berbagai Proyek Pembangunan  

Salah satu komponen penting dalam utilitas sebuah bangunan adalah pipa. Maka tidak heran, pesatnya berbagai macam proyek bangunan seperti apartemen, rumah tapak dan lain-lain sebanding dengan peningkatan omzet yang didapat Darwin Parluhutan Manurung.

“Kita memang bermain di pasar besar seperti membuat gedung, membuat apartemen, rumah sakit dan lain-lain. Kita juga sudah pernah menangani Kalibata Residence itu ada 18 tower. Dan karena kita mampu menyesuaikan dengan project mereka semuanya jadi continue, project kita jadi lanjut,” sebutnya.

Baca juga: Sepatu Sandal Kayu Made in Nadya ‘Terbang’ Hingga ke Qatar

Kepada customer, Darwin memang menawarkan berbagai macam jenis pipa berkualitas. Pipa yang dijualnya ada yang diproduksi di dalam negeri mapun pipa impor yang didatangkan dari negeri lain.

“Kita dari dalam dan luar negeri ada yang dari Amerika juga Australia,” tambahnya.

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

Menurut Darwin, harga pipa yang ditawarkan perusahaannya juga tergolong cukup mahal. Namun Darwin memberikan jaminan bila pipa yang dijualnya berkualitas dan tahan lama.

“Kalau pipa kan dihitungnya perbatang dan harganya bervariasi. Kalau pipa Pvc yang dari luar negeri per batang itu bisa Rp 100 ribu. Kalau pipa yang besar ada yang mencapai Rp 3 juta. Harga tergantung besaran dan itu tergantung proyek juga. Kalau dia projectnya karena kebutuhan atau dari nol atau (kebutuhan untuk) perbaikan. Kalau dari nol ya siap-siap dengan budgetnya,” tukasnya.

Baca juga: 3 Pemuda Ini Raup Untung Jual Kacamata Dari Papan Skateboard Bekas

Fokus Memasarkan Pipa Lewat Internet

Pemilik CV. Raja Pipa Indonesia, Darwin Parluhutan Manurung punya strategi khusus bagaimana cara dia membesarkan perusahaan. Salah satunya adalah fokus menjual pipa melalui website pribadi perusahaannya.

Selain itu, Darwin juga  menjalin kerjasama dengan pihak ketiga yaitu indotrading.com. Bergabung sejak 4 Juli 2014, Darwin mengaku bila indotrading.com telah memberikan berbagai pelayanan premium yang efektif meningkatkan penjualan pipa miliknya.

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

“Ya banyak ya, selain banyak konsumen, binsis saya ini juga naik dan mudah dikenal banyak  orang melalui internet,” kata Darwin.

Saat pertama kali bergabung dengan indotrading.com, CV. Raja Pipa Indonesia telah memilih layanan gold member. Dengan layanan ini, customer akan diberikan fasilitas khusus yang sangat memanjakan seperti nama domain website sesuai dengan nama perusahaan Anda, paket SEO dan SEM, prioritas pencarian nama di website indotrading.com, hingga konsultasi internet marketing dan lain-lain.

Baca juga: Garap Busana Khusus Pria, Feby Haniv Justru Raih Sukses dan Terkenal 

Dengan hanya membayar sejumlah uang sebesar Rp 2 juta yang berlaku selama setahun, Darwin mengaku diuntungkan menjadi anggota gold member di indotrading.com.

“Sangat tidak memberatkan ya menurut saya ini cukup terjangkau. Sudah jelas ada ya itu kan dilihat dari rating dan itu di jasa indotrading.com rating kita tinggi. Kita berharap rating kita ini selalu naik dan stay terus di rating pertama lima besar. Dan peningkatan bisnis saya ini traffic nya terus naik,” ungkapnya.

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

Foto: Ilustrasi salah satu jenis pipa/Dok: Shutterstock

Selain itu, keuntungan lain yang didapat Darwin adalah pelayanan yang diberikan oleh indotrading.com cukup lengkap, cepat dan sangat profesional.

“Kalau indotrading.com itu kita dikasih hosting, tampilan displaynya bisa dirubah-rubah. Macam-macam nya juga lebih variasi. Lebih gampang karena indotrading.com ada kantornya di Jakarta, SDM nya juga banyak, jadi permintaan apapun respon untuk after sales nya lumayan cepat,” tuturnya.

Baca juga: Para Pengusaha Ini Akhirnya Sukses Dengan Modal Nekat dan Berani Ambil Resiko

Hasilnya, saat ini Darwin mampu meraup omzet hingga mencapai ratusan juta rupiah. Ke depan, Darwin tetap berkomitmen menggunakan layanan indotrading.com.

“Saya cukup puas hanya saran saya agar pelayanan dari indotrading.com lebih inovatif dan ditingkatkan lagi,” tutupnya.

Reporter: Kumi Laila   Penulis: Wiji Nurhayat

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top