Insight

Kenali Peralatan Las Listrik dan Fungsinya Sebelum Membeli!

Peralatan Las Listrik, indotrading.com — Dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam aktivitas bengkel, pengelasan merupakan salah satu metode yang sangat penting untuk menyambungkan beberapa bagian logam. Saat ini, las listrik merupakan jenis las yang paling banyak ditemui. Las listrik memanfaatkan tenaga llistrik, dan mengubahnya menjadi energi panas.

Las listrik dibedakan menjadi dua, yaitu las tahanan listrik serta las busur nyala listrik. Las tahanan listrik bekerja dengan mengalirkan arus listrik melalui permukaan benda yang akan disambungkan. Sedangkan las busur nyala listrik mengubah arus listrik menjadi energi panas yang dapat melelehkan benda melalui elektrodanya. Las busur nyala listrik biasanya dibedakan menjadi dua, yaitu las arus listrik AC dan las arus DC.

Mesin Las

1. Mesin Las AC

Sesuai namanya, las listrik AC menggunakan listrik arus bolak balik (AC) sebagai sumber tenaganya dalam proses pengelasan. Arus bolak-balik yang masuk kemudian dirubah menjadi energi panas hingga dapat melelehkan logam dalam proses penyambungan.

Pada umumnya, tegangan listrik yang masuk masih sseuai dengan tegangan pengelasan yang dibutuhkan sehingga perlu disesuaikan terlebih dahulu menggunakan trafo. Pada umumnya, tranformator las yang banyak digunakan berkapasitas 200-300 Ampere, dengan daya voltase antara 36-70volt.

2. Mesin Las DC 

Mesin las DC menggunakan listrik arus searah (DC) yang berasal dari dynamo motor listrik DC sebagai sumber energinya. Mesin-mesin las DC keluaran lama pada umumnya memiliki komponen yang berfungsi sebagai rectifier untuk mengubah arus AC menjadi arus DC.

Peralatan Las Listrik yang Harus Anda Miliki

1. Kabel Massa

Kabel masa merupakan kabel perlengkapan las yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik dari mesin las ke logam induk atau benda kerja lainya.

2. Kabel Elektroda

Sesuai namanya, kabel elektroda berfungsi sebagai pengubung antara mesin las dengan elektroda maupun holder. Fungsinya adalammenciptakan nyala pada busur listrik jika ditempelkan ke benda kerja atau objek yang di las. Kabel elektroda memiliki bagian-bagian mulai dari lead, kawat tembaga, serta lapisan kawat. Kabel elektroda idealnya fleksibel sehingga dapat memudahkan proses pengelasan. 

3. Holder

peralatan las listrik

Holder elektroda atau pemegang kawat elektroda merupakan alat las yang dipegang oleh operator las (welder) dalam proses pengelasan. Dengan adanya holder, welder dapat menyesuaikan posisi elektroda logam ataupun karbon tanpa perlu memegangnya secara langsung.

Karena fungsinya tersebut, holder dibuat dari isolator yang mempunyai daya tahan panas dan listrik yang sangat tinggi sehingga aman untuk digunakan. Holder yang baik adalah yang pas ketika dipegang dan seimbang sehingga dapat menjepit elektroda dengan kuat.

Seorang welder harus memegang holder elektroda dengan hati-hati. Salah satunya adalah dengan membersihkan bagian yang akan di las terlebih dahulu dengan menggunakan sikat las. Selain itu, rahang holder juga harus di bersihkan agar tidak meleset ketika menjepit elektroda.

4. Klem Massa

Klem masa merupakan alat yang berfungsi untuk menghubungkan kabel masa ke benda kerja yang memiliki konduktivitas atau daya hantar listrik tinggi. Misalnya seperti tembaga. Biasanya klem masa memiliki komponen pegas yang kuat, sehingga dapat menjepit benda kerja dengan sangat baik.

5. Palu Las

Palu las adalah sebuah palu yang khusus digunakan dalam proses pengelasan. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan bagian terak las pada jalur las. Untuk menggunakanya sama seperti palu pada umumnya, yaitu dengan memukul ataupun menggoreskan pada daerah las.

6. Sikat Baja 

peralatan las listrik

Sebagaimana namanya, sikat baja adalah perlengkapan las yang berbentuk seperti sikat pada umumnya, namun bulu-blunya terdiri dari kawat yang kaku dan keras. Sikat las digunakan untuk membersihkan benda kerja yang akan di las. Fungsi lainya adalah melepaskan terak las yang terlepas di jalur las setelah di palu menggunakan pau las.

Perlengkapan Pengaman

Kegiatan mengelas termasuk ke dalam pekerjaan yang memiliki resiko tinggi, seorang welder harus menggunakan perlengkapan keamanan selama proses pengelasan. Sebaiknya, ada banyak perlengkapan keamanan yang digunakan di berbagai unit pengelasan, tergantung pada pekerjaan las di masing-masing tempat. Namun secara standar ada tiga perlengkapan pengamanan standar yang wajib digunakan yaitu helm las, apron las, serta kacamata las.

1. Helm Las

Helm las merupakan perlengkapan keamanan pengelasan yang berfungsi untuk melindungi wajah welder dari percikan api yang muncul akibat pengelasan, panas, dan cahaya ultraviolet yang dapat merusak mata.

Berbeda dengan helm pada umumnya, helm las lebih berbentuk seperti topeng dengan kaca pada bagian mata. Beberapa helm las terbuat dari logam, namun kebanyakan terbuat dari plastik yang tahan panas. 

Kaca yang terdapat pada helm las biasanya terdiri dari tiga lapis yaitu aca jernih, hitam, dan kaca jernih lagi. Kaca las biasanya di kodekan dengan nomor 6, 7, 8, 10, 11, 12 dan 14. Semakin besar angkanya, semakin tinggi tingkat kegelapan kaca. Biasanya, semakin tinggi daya atau ampere mesin las yang digunakan, semakin gelap kaca helm las yang dibutuhkan.

2. Apron Las

peralatan las listrik

Selain bagian wajah, bagian badan welder juga perlu dilindungi dari percikan api yang timbul selama proses pengelasan. Apron las inilah yang berfungsi untuk melindungi bagian badan welder tersebut.

Selain melindungi bagian badan, apron las juga melindungi bagian lengan welder. Biasanya apron las terbuat dari bahan kulit sehingga permukaanya rapat dan mampu melindungi welder dari percikan api secara optimal.

3. Kacamata Las

peralatan las listrik

Selain memanfaatkan kaca pada helm las, welder juga harus melindungi mata mereka dengan menggunakan kacamata khusus las untuk melindungi berbagai kerusakan mata akibat proses pengelasan seperti katarak, rabun, percikan partikel pengelasan, hingga kebutaan.

Baca Juga:
Asal Muasal Maraknya Bisnis Minuman Thai Tea di Indonesia
Sejarah Dibalik Kesuksesan Sambal Bu Rudy yang Fenomenal
10 Merek Kompresor Udara Terbaik yang Dijamin Andal untuk Tunjang Bisnis Anda

 

Kacamata las memiliki beberapa jenis berdasarkan bentuknya mulai dari overspecs, kacamata las bening, kacamata las berwarna, kacamata visor, dan lain-lain. Pada umumnya, lensa kacamata las berwarna bening, dan berubah menjadi gelap secara otomatis ketika terpapar cahaya las yang sangat terang.

Itulah beberapa peralatan las listrik yang secara umum dibutuhkan oleh para pekerja las. Bagi Anda yang membutuhkannya bisa mendapatkan dengan mudah dari supplier perlengkapan las di website Indotrading. Ada banyak sekali pilihan perlengkapan las yang bisa Anda pilih, dengan kualitas dan spesifikasinya masing-masing. 

#CariSupplier? Indotrading.com aja!

To Top