Insight

Kenali Lebih Jauh Macam-macam Jenis dan Fungsi Gergaji Tangan

gergaji tangan

Sedang mencari gergaji tangan? kali ini Tim News Indotrading membahas macam macam mata pisau dan jenis pisau gergaji tangan yang bisa anda jadikan referensi sesuai dengan kebutuhan anda. Terlebih untuk anda yang membutuhkan gergaji tangan sebagai perlengkapan perkakas utama.

Jika anda mencari gergaji tangan, anda bisa menemukan gergaji tangan dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indonesia di sini!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Alat Potong Keramik Terbaik yang Tajam

Gergaji Tangan

Menjadi salah satu alat pemotong yang sering digunakan, gergaji tangan merupakan perkakas yang digunakan secara manual untuk material yang membutuhkan ketelitian ekstra atau digunakan ditempat yang tidak terjangkau daya listrik.

Gergaji tangan sendiri dapat digunakan untuk memotong material kayu, triplek, PVC (polyvinyl chloride), plastik, pipa maupun material lain yang membutuhkan hasil potongan yang teliti.

Biasanya gergaji tangan terdiri dari bagian plastik atau sejenisnya yang berguna sebagai pegangan, dan terdiri dari dua jenis bentuk pisau yang berbeda. Bentuk serta jenis gergaji tangan pun beragam.

Macam-macam Pisau Gergaji Tangan

Memiliki ragam jenis dan fungsi, penggunaan gergaji tangan mesti disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam memilih anda harus menyesuaikan dengan panjang pisau gergaji tangan dengan kebutuhan yang akan digunakan. Hal ini dikarenakan gergaji tangan memiliki 2 jenis panjang pisau, yaitu mata pisau pendek dan mata pisau yang panjang.

Jika anda ingin fokus pada material yang membutuhkan potongan dengan hasil ketelitian ekstra, maka anda dapat memilih menggunakan gergaji dengan mata pisau pendek.

Namun, apabila membutuhkan hasil potongan besar,  maka anda dapat menggunakan gergaji tangan dengan mata pisau yang besar. Sehingga waktu pemotongan dapat efisien.

Setelah mengetahui jenis mata pisau yang akan digunakan, berikut jenis gergaji tangan yang harus anda ketahui sebelum membeli.

Jenis-jenis Gergaji Tangan, Beserta Fungsinya

1. Gergaji Handsaw

gergaji tangan handsaw

Jenis Handsaw ini merupakan jenis gergaji yang paling sering digunakan dan berfungsi untuk memotong dan membelah kayu. Memiliki mata pisau serta gerigi yang tajam, jenis ini cocok untuk memotong kayu tebal.

Sayangnya mata pisau jenis ini tidak dapat diganti, namun untuk memudahkan pengguna terdapat alat khusus untuk mengasah mata pisaunya sehingga anda tak perlu risau apabila mata pisaunya sudah tak tajam.

Harga jenis handsaw ini cukup terjangkau, sehingga mudah didapatkan dan digunakan oleh banyak orang.

2. Gergaji Crosscut Saw

Gergaji tangan Crosscut Saw

Backsaw adalah jenis gergaji khusus yang digunakan untuk memotong kayu. Biasanya gergaji backsaw digunakan dalam pembuatan furniture bermaterial kayu.

Gergaji ini didesain khusus untuk dapat memotong material secara diagonal. Hasil dari potongan gergaji ini lebih halus, dan konsisten pada pemotongan yang lurus dibanding jenis gergaji lainnya. Sehingga cocok digunakan untuk pemotongan yang akan dijadikan furniture.

3. Gergaji Backsaw

Backsaw adalah jenis gergaji khusus yang digunakan untuk memotong kayu. Biasanya gergaji backsaw digunakan dalam pembuatan furniture bermaterial kayu.

Gergaji ini di desain khusus untuk dapat memotong material secara diagonal. Hasil dari potongan gergaji ini lebih halus, dan konsisten pada pemotongan yang lurus dibanding jenis gergaji lainnya. Sehingga cocok digunakan untuk pemotongan yang akan dijadikan furniture.

Baca Juga: Fungsi Mesin Potong Besi dan Komponennya

4. Gergaji Keyhole Saw

Gergaji Tangan Keyhole Saw

Jenis gergaji Keyhole saw merupakan salah satu gergaji yang memiliki ukuran mata pisau kecil. Meskipun berukuran lebih kecil dibanding jenis gergaji lainnya. Memiliki ujung mata pisau yang lancip, keyhole saw sangat berguna untung memotong di bagian tengah kayu.

Keyhole saw merupakan gergaji yang berfokus pada potongan sudut yang membutuhkan ketelitian dalam memotongnya. Sehingga hasil yang didapatkan dari potongan tersebut sempurna.

Biasanya jenis gergaji ini digunakan untuk memotong sudut kecil maupun bagian sempit. seperti ujung furniture yang menggunakan material kayu.

5. Gergaji Coping Saw

Gergaji Tangan Coping Saw

Coping saw merupakan jenis gergaji yang memiliki mata pisau yang tipis dan tajam. Meskipun tipis dan tajam, mata pisau gergaji coping saw ini dapat diganti sehingga dapat dipakai berulang.

Gergaji ini memiliki bentuk serupa dengan huruf “U”, berkat bentuknya tersebut membuat pengguna merasa aman terhindar dari bahaya terkena mata pisau. Berkat bentuknya yang efisien serta bermata pisau kecil, gergaji yang satu ini terkenal dengan kelebihannya yang nyaman digenggam dalam segala posisi

Gergaji ini biasa digunakan untuk memotong material triplek atau papan, sehingga kurang cocok digunakan untuk material yang tebal dan padat.

Kelebihan dari gergaji Coping Saw ini adalah dapat mengganti mata pisau apabila mata pisau sudah tumpul, sehingga tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menggunakannya.

6. Gergaji Hacksaw

Gergaji Tangan Hacksaw

Jenis gergaji yang akan dibahas terakhir adalah varian hacksaw. Gergaji ini memiliki bentuk yang menyerupai dengan gergaji coping saw yang berbentuk huruf “U”, selain itu juga sama sama memiliki ukuran mata pisau kecil.

Berkat bentuknya yang efisien serta bermata pisau kecil, gergaji yang satu ini terkenal dengan kelebihannya yang nyaman digenggam dalam segala posisi, sama seperti gergaji coping saw.

Tak jarang orang awam sulit membedakan antara gergaji hacksaw dengan gergaji coping saw. Meskipun memiliki bentuk yang serupa, gergaji hacksaw memiliki fungsi yang cukup berbeda dengan kembarannya.

Gergaji Hacksaw lebih berfungsi untuk memotong material seperti plastik atau pipa. Hal ini dikarenakan mata pisau gergaji hacksaw memiliki jumlah gerigi tajam yang lebih banyak dan lebih rapat, sehingga menghindari resiko patah pada material seperti pipa.

Selain itu, apabila mata gergaji hacksaw sudah tumpul anda bisa menggantinya dengan mata pisau baru. Sehingga lebih terjangkau dari jenis gergaji bermata pisau besar

Itulah jenis-jenis Gergaji tangan yang harus anda ketahui, pilihlah jenis yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selain itu, terdapat juga jenis gergaji yang menggunakan mesin yang dapat anda gunakan untuk memotong material yang lebih besar dan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk lebih lanjut anda dapat melihat berbagai jenis gergaji tangan dengan harga serta kualitas terbaik dari supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga : 10 Tipe Gergaji Mesin Terbaik dan Tips Memilihnya 2021

banner seller
To Top