Insight

Inilah Beberapa Jenis-jenis Kuas Cat yang Bisa Anda Dapatkan

jenis jenis kuas cat

Jenis kuas cat ada bermacam-macam bergantung pada fungsinya, ada kuas untuk mengecat tembok, kayu atau besi dan juga ada kuas yang digunakan untuk melukis.

Dalam memilih kuas ada hal-hal yang perlu diperhatikan karena penggunaannya akan sangat berpengaruh terhadap hasil pengecatan.

Kuas juga merupakan alat pengecatan paling tua sebelum ditemukannya alat-alat lain seperti roller, atau mesin-mesin canggih semacam spray gun yang biasa digunakan dalam industri-industri furniture besar.

Kuas bisa menjangkau ke area-area yang tidak dapat dijangkau jika menggunakan roller, menjangkau permukaan yang sulit, sempit serta bagian-bagian yang memerlukan ketelitian.

Dalam menggunakan kuas cat, hal yang harus diperhatikan adalah sering membersihkannya seusai digunakan, hal ini dilakukan agar hasil pengecatan dengan menggunakan kuas tersebut rata dan bagus.

Selain itu, dengan rajin membersihkan maka kuas cat juga menjadi lebih awet dan dapat digunakan kembali.

Sejarah Kuas Cat dan Bagian-bagiannya

Pada lebih dari 200 tahun yang lalu kuas pertama kali digunakan oleh China sebagai alat untuk menulis dan menggambar. Kuas tersebut terbuat dari bulu binatang seperti tupai, rusa, kelinci, racoon, luwak, dan berbagai jenis hewan lainnya.

Seiring dengan perkembangan seni lukis dan kaligrafi, kuas juga dibuat dari berbagai bulu unggas, buluh bamboo, kulit padi dan macam-macam rumput yang dikeringkan.

Dari berbagai tipe kuas, kuas kaligrafi mengalami banyak perkembangan. Sistem kategori kuas kaligrafi dimulai dari angka 1 hingga 10 bergantung pada diameter pegangan.

Klasifikasi tersebut ditetapkan berdasarkan perbandingan panjang dan diameter kuas, teknik produksi, kasar halusnya bulu yang digunakan, serta bahan-bahan lain yang dipakai.

Secara umum kuas terdiri dari empat bagian, yang pertama adalah bristles yang merupakan bulu atau rambut kuas. Ferrule, lempengan logam yang menjepit bulu kuas serta menjadi penghubung dengan tangkai kuas.

Crimp, merupakan bagian dari ferrule yang menghubungkan dengan tangkai kuas serta yang terakhir adalah handle, yang merupakan gagang atau tangkai kuas.

Peralatan Untuk Mengecat Tembok

Sebelum membahas jenis kuas cat yang biasa digunakan untuk mengecat, berikut ini adalah beberapa benda yang berkaitan erat dengan kegiatan mengecat diantaranya:

  1. Kuas cat, digunakan untuk mengaplikasikan cat ke tembok dengan bidang yang tidak terlalu luas
  2. Kuas roll, digunakan untuk mengaplikasikan  cat ke bidang yang lebih luas dengan cepat dan hasil yang lebih rata serta halus
  3. Spray gun, digunakan untuk mengaplikasikan cat pada area dinding, kayu atau besi dengan menggunakan udara kompresor pada prosesnya
  4. Amplas, digunakan untuk menghaluskan permukaan tembok yang kasar sehingga pengaplikasian cat akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan
  5. Dempul, digunakan untuk memuluskan serta meratakan permukaan dinding yang berlubang, tidak rata, atau berstruktur dengan cara mengisi retakan tersebut
  6. Kape atau scraper, digunakan untuk mengerok cat lama dan menambal tembok serta lantai
  7. Papan atau baki cat, digunakan untuk menampung cat yang akan digunakan serta melapisi cat pada kuas roll agar mendapatkan hasil yang lebih merata

Jenis-jenis Kuas Cat yang Sering Dipakai

Peralatan yang amat penting dalam mengecat ini memiliki berbagai jenis dan ukuran yang telah disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Ukuran tersebut meliputi 1″, 11/2″, 2″, 21/2″, 3″dan 4″. Ada beberapa jenis kuas cat yang tersedia di pasaran antara lain:

  • Berdasarkan bahan bulunya, dibedakan menjadi 2 jenis yaitu kuas sintetis dan kuas natural atau alami. Kuas sintetis terbuat dari bahan polyester, nylon dan percampuran kedua bahan tersebut, biasanya digunakan untuk mengecat dengan bahan cat yang menggunakan pelarut air ataupun minyak. Sedangkan kuas alami terbuat dari bulu banteng, biasanya digunakan untuk mengecat dengan bahan cat yang menggunakan pelarut minyak namun tidak bisa untuk bahan cat yang menggunakan pelarut air karena terkulai dan menggumpal.
  • Berdasarkan gagangnya, dibedakan menjadi 3 yaitu pendek, sedang dan panjang dengan bermacam bentuk seperti kotak atau oval.
  • Berdasarkan ukurannya, dibedakan menjadi 3 yaitu kecil, sedang lebar dengan beragam ukuran mulai dari 1 inci hingga 4 inci dan bisa lebih dari itu bergantung pada merk kuas. Kuas yang berukuran 1 hingga 2 inci biasanya digunakan untuk mengecat area yang sempit atau berukuran kecil seperti kaki meja, sementara kuas yang berukuran 3 hingga 4 inci biasanya digunakan untuk mengecat tembok.
  • Berdasarkan ketebalannya, dibedakan menjadi 3 yakni tipis, sedang dan tebal, namun hal ini juga bergantung pada produsen kuas tersebut karena masing-masing produsen memiliki standarnya. Jika mengecat dengan lapisan tipis sebaiknya menggunakan kuas yang tidak begitu tebal.
  • Berdasarkan pemakaiannya, dibedakan menjadi 2 yakni kuas untuk daerah melekuk atau miring dan kuas untuk daerah datar. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari kemiringan kuas.
  • Berdasarkan merk dan harganya, ada banyak jenis merk kuas cat yang dijual di pasaran namun yang paling banyak dijumpai diantaranya adalah kuas cat eternal, OMCO, SKR, dan HSG. Harga masing-masing merk tersebut juga bervariasi, biasanya kuas yang berukuran kecil cenderung lebih murah dibandingkan kuas yang berukuran besar.

Demikian adalah penjelasan tentang jenis kuas cat, bagi anda yang membutuhkan kuas cat dapat memesannya melalui Indotrading.com, yang merupakan B2B marketplace dengan peran membantu perusahaan seperti toko, importir, distributor, jasa, trading, pabrik, ataupun eksportir dalam melakukan transaksi jual beli.

Di tempat ini menawarkan banyak pilihan kuas cat dalam berbagai merk dan ukuran dengan harga yang murah serta kualitas terbaik di Indonesia. Tidak hanya kuas cat, disini juga disediakan spike roller dalam berbagai ukuran.

To Top