Insight

Ini Dia Jenis Wastafel dan Kegunaannya, Yuk Simak!

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Wastafel menjadi perabot multifungsi yang ada di rumah, di tempat-tempat umum, atau kantor Anda. Kegunaan wastafel ini beragam mulai dari tempat untuk mencuci tangan, membasuh wajah, hingga gosok gigi. Selain di kamar mandi, biasanya orang juga meletakkan wastafel di dekat dapur atau meja makan. Jenis wastafel sendiri sangat beragam.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini, tim indotrading news akan membahas tentang beberapa jenis wastafel yang perlu Anda ketahui agar bisa memilih kiranya mana wastafel yang tepat untuk rumah atau kantor Anda.

Sebelumnya, agar perawatan wastafel nantinya lebih maksimal, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara ampuh memperbaiki wastafel.

Macam-macam Wastafel Berdasarkan Fungsinya

Jenis wastafel sendiri sangat beragam. Berdasarkan fungsinya, wastafel sendiri terdari beberapa jenis, yaitu:

1. Wastafel Dapur

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Wastafel ini umumnya dikenal dengan sink. Sink biasa digunakan untuk mencuci piring dan bahan masakan. Wastafel dapur tersebut juga biasanya terletak tidak jauh dari kompor dan meja dapur. Jenis wastafel ini juga biasa dilengkapi dengan kran wastafel dan rak peniris piring.

Jika Anda juga membutuhkan perlengkapan wastafel, Anda bisa menemukannya di Indotrading melalui supplier yang menyediakan beragam perlengkapan wastafel sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Wastafel Portable

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Jenis wastafel selanjutnya adalah wastafel portable. Biasanya jenis wastafel ini sering dijumpai di tempat-tempat makan. Wastafel portable ini memiliki desain yang minimalis, yakni terdiri dari bak cuci yang dilengkapi dengan kerain air dan saluran pipa.

3. Wastafel Kamar Mandi

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Wastafel kamar mandi merupakan wastafel yang khusus digunakan di kamar mandi. Umumnya, wastafel tersebut digunakan untuk mencuci wajah, gosok gigi, bercukur, atau sekadar mencuci tangan.

Wastafel Berdasarkan Tipe & Desain

Pemilihan wastafel yang tepat sesuai tipe dan desain juga tidak kalah penting. Agar tidak salah dalam memilih dan meletakkan wastafel, berikut ini jenis wastafel berdasarkan tipe dan desain yang perlu diketahui.

1. Tipe Wastafel Gantung

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Umumnya, penggunaan wastafel gantung ini sangat cocok di letakkan di kamar mandi dengan desain yang minimalis. Ukuran wastafel gantung ini memiliki variasi lebar kurang lebih 25-48cm dengan Panjang sekitar 45-72cm. Warna dari wastafel gantung sendiri umunya berwarna putih, karena modelnya akan terlihat lebih simple dan dapat menyesuaikan dengan gaya interior rumah atau kamar mandi yang berukuran minimalis.

2. Wastafel Tipe Side by Side

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Selanjutnya, wastafel jenis ini bisa menjadi pilihan wastafel untuk kamar mandi dengan tipe ukuran yang cukup luas. Wastafel ini terdiri dari dua wastafel berdampingan yang dilengkapi meja kabinet yang fungsinya sebagai penyimpanan perlengkapan kamar mandi seperti handuk bersih, shower cap, dan lain sebagainya.

3. Wastafel Mangkuk

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Tipe wastafel berikutnya adalah wastafel mangkuk. Wastafel ini dinamai demikian karena bentuknya yang cembung. Ukuran wastafel tersebut ada pada kisaran lebar 42,5 cm dan tingginya 17cm. Wastafel cembung ini cocok untuk diletakkan di kamar mandi yang ruangannya lebih lapang.

4. Wastafel Sudut

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Jenis wastafel ini merupakan salah satu wastafel yang banyak digunakan untuk design rumah yang minimalis. Bentuk dari wastafel ini adalah seperempat lingkaran yang diletakkan di sudut kamar mandi. Ukuran wastafelnya yang tergolong kecil tidak akan memakan banyak tempat, sehingga wastafel jenis ini memiliki keterbatasan untuk bisa meletakkan barang-barang di sekitarnya.

5. Padestal Wastafel

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Bagi Anda yang menyukai barang-barang dengan kesan vintage dan aesthetic, wastafel ini akan cocok untuk Anda. Padestal Wastafel didesain dengan penyangga satu kaki dibawahnya. Walau hanya ditopang dengan satu kaki, kekuatan wastafel jenis ini tidak perlu diragukan. Karena fungsi dari kaki wastafel ini bukan hanya sebagai pemanis, tetapi juga untuk menyembunyikan saluran dari pipa air dengan rapi. Umumnya, wastafel jenis ini memiliki ukuran 80-85 cm.

Jenis-jenis wastafel tersebut akan memudahkan Anda dalam memilih wastafel terbaik. Anda juga bisa mencari tahu beberapa inspirasi model kitchen set minimalis, sebagai referensi lain dalam memilih wastafel.

Jenis-jenis Wastafel Berdasarkan Materialnya

Membeli wastafel berdasarkan matrialnya juga bisa dijadikan opsi, mengingat wastafel sendiri terbuat dari material yang bermacam-macam. Berikut ini adalah jenis-jenis wastafel berdasarkan material pembuatnya:

1. Wastafel Stailess Steel

Wastafel dengan material jenis ini biasanya terkenal awet dan tahan lama. Sebab material stainless ini tahan pada suhu panas atau dingin. Namun, perawatan terhadap wastafel jenis ini tergolong cukup rumit. Wastafel harus segera dibersihkan dari bercak air agar tidak meninggalkan bekas.

2. Wastafel Porselen atau Enamel

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Wastafel dengan material ini, kurang lebih sama dengan wastafel stainless steel yang bisa tahan dengan suhu apapun. Anda bisa memilih wastafel dengan  beragam warna apabila memilih material ini. Namun kekurangannya adalah wastafel ini mudah tergores.

3. Wastafel Batu

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Wastafel batu sendiri biasa digunakan sebagai tempat untuk mencuci tangan. Bentuk dan model dari wastafel ini cukup beragam, sehingga biasanya digunakan untuk mempercantik ruangan. Akan tetapi, wastafel batu ini dapat bereaksi dengan zat pembersih sehingga memungkinkan timbulnya noda atau pengikisan pada lapisan batunya.

4. Wastafel Kaca

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Wastafel ini bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menempatkan wastafel di ruangan yang sempit. Ilusi dari kaca dapat membuat ruangan menjadi lebih luas. Namun, wastafel ini agak sulit dibersihkan karena rentan meninggalkan noda bercak air.

5. Wastafel Kayu atau Bambu

Cari Tahu Jenis-jenis Wastafel dan Kegunaannya Disini!

Untuk Anda yang mempertimbangkan pemilihan desain pada wastafel, wastafel dengan material kayu atau bambu juga bisa menjadi salah satu opsi. Material wastafel ini akan memberikan ruangan terkesan eksotis dan alami. Tetapi, perawatan dari wastafel tersebut juga cukup rumit karena perlu hati-hati terhadap lapisannya agar tidak mudah tergores.

Demikianlah pembahasan mengenai jenis-jenis . Anda bisa menjadikan ini sebagai informasi tambahan sebelum Anda membeli wastafel. Anda juga bisa mendapatkan beragam wastafel dengan kualitas terbaik dan harga yang sesuai dari supplier langsung di Indotrading!

Baca Juga: Rekomendasi Bathub terbaik untuk berbagai Gaya Interior Kamar Mandi Anda

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top