Berita

Cegah Penyebaran Virus Corona, 10 Benda Ini Wajib Anda Beli!

corona virus

Dunia saat ini digemparkan dengan adanya wabah yang berbahaya serta menyebar dengan sangat cepat ke seluruh penjuru dunia. Sampai saat ini total kasus di seluruh dunia berjumlah 381,999 dengan korban meninggal akibat terpapar virus corona berjumlah 16,558. Di Indonesia sendiri, kasus yang terpapar virus corona semakin banyak dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, penting sekali bagi seluruh masyarakat Indonesia bekerjasama dalam pencegahan virus corona ini dengan mengurangi aktivitas di luar rumah dan interaksi sosial secara langsung (social distancing) serta menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh masing-masing. Untuk menunjang pencegahan virus corona agar semakin efektif, 10 benda ini wajib dimiliki oleh Anda, lho!

1. Sabun Cuci tangan

virus corona

Mencuci tangan merupakan salah satu cara dasar dan ampuh pencegahan

 

virus corona. Tangan sering dijadikan media interaksi terhadap berbagai benda dan bahkan interaksi sesama manusia. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan mencuci tangan secara rutin dan menyeluruh selama 20 detik menggunakan sabun cuci tangan. Pilihlah sabun cuci tangan yang teruji ampuh dapat membersihkan dan melindungi tangan dari bakteri dan kuman.

2. Hand Sanitizer

virus corona

Sebetulnya hand sanitizer digunakan apabila kita tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas cuci tangan secara sempurna. Kandungan yang ada di dalam hand sanitizer cukup efektif untuk membunuh kuman dalam tangan seperti Isopropanol, Etanol, N-Propanol, Povidone Iodin, Asam Poliakrik untuk gel alkohol. Menurut FDA (Food and Drug Administration), kandungan alkohol yang harus ada dalam hand sanitizer yaitu berkisar antara 60%-95%. Penggunaan hand sanitizer harus dilakukan secara bijak, sebab penggunaan secara berlebihan justru akan membuat iritasi kulit, rentan terhadap infeksi, serta mudah terbakar paparan sinar matahari.

3. Disinfektan

social distancing

Disinfektan ternyata memiliki fungsi yang cukup signifikan dalam pencegahan virus corona, sebab cairan ini dapat membantu membunuh kuman, virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya yang teradapat di benda-benda disekitar kita seperti meja, pintu, jendela, wastafel, lantai, dan lain sebagainya. Pada umumnya, disinfektan terbuat dari campuran Hidrogen Peroksida, Creosote, dan Alkohol.

4. Masker

corona virus

Penggunaan masker bertujuan untuk menghalau berbagai partikel yang bisa membahayakan kesehatan tubuh, termasuk virus Corona yang menyebar melalui tetesan air (droplets). Namun, masker harus digunakan secara benar, karena alih-alih ingin terhindar dari virus malah terkena virus yang tercemar oleh tangan sendiri saat mengenakan masker. Oleh karena itu pastikan cuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker dan masker tidak boleh menempel pada benda apapun.

Baca juga: Sebelum Beli, Kenali 4 Jenis Masker Pernapasan Ini

5. Termometer

corona virus

Termometer atau alat pendeteksi suhu tubuh ini sangat berguna untuk mengetahui suhu tubuh kita, karena salah satu gejala utama dari virus corona ini adalah peningkatan suhu tubuh atau demam. Suhu tubuh merupakan kemampuan tubuh kita untuk menghasilkan dan menghilangkan panas. Normalnya, suhu tubuh manusia dewasa berada dalam kisaran 35 – 37 derajat celcius bergantung kepada aktivitas yang dilakukan setiap orang. Jadi apabila sudah diketahui suhu tubuh melebihi batas suhu normal, dapat dilakukan tindakan lebih lanjut untuk mendatangi puskesmas atau rumah sakit terdekat.

6. Multivitamin

corona virus

Konsumsi multivitamin dapat menjadi cara yang ampuh untuk meningkatkan imunitas dan menjaga kondisi badan agar fit. Di dalam multivitamin terdapat kandungan zat yang diperlukan oleh tubuh seperti Vitamin C, Vitamin D, Vitamin B1, Vitamin B2 dan B6. Multivitamin harus dikonsumsi dengan porsi dan dosis yang pas, karena apabila dosis berlebih justru akan menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, dan sakit kepala.

Konsumsi multivitamin harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti sayur dan buah-buahan. Jika posisi anda sedang dalam proses diet atau pengurangan porsi makan, maka pilihlah multivitamin yang mengandung kalsium, magnesium, dan zat besi. Kalsium berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sementara fungsi zat besi untuk mencegah anemia. Untuk magnesium, ada yang membantu kinerja zat besi di dalam tubuh. Oleh karena itu harus diperhatikan asupan suplemen supaya sesuai dengan porsi dan dosisnya masing-masing.

7. Tisu Basah dengan Kandungan Alkohol

corona virus

Ketika dihadapkan dengan kondisi tidak dapat melakukan aktivitas cuci tangan dengan sempurna dan tidak memiliki hand sanitizer, maka tisu basah dapat menjadi opsi terakhir untuk membersihkan bagian tangan atau tubuh lainnya. Mengapa diharuskan menggunakan tisu basah yang beralkohol? Karena tisu basah biasa hanya mampu membersihkan kotoran saja, tidak efektif untuk membunuh virus dan bakteri. Oleh karena itu, kita memerlukan tisu basah yang beralkohol dengan minimal kadar alkohol sebesar 60%, supaya dapat membunuh virus dan bakteri yang ada.

8. Air Mineral

corona virus

Air mineral memiliki fungsi yang sangat krusial untuk menjaga stamina tubuh terutama seperti saat ini. Mengonsumsi air mineral yang cukup dapat membantu Anda menyeimbangkan cairan dalam tubuh, karena 60% bagian tubuh manusia terdiri dari cairan untuk melancarkan proses yang terjadi di dalam tubuh seperti pencernaan, sirkulasi darah, penyerapan nutrisi, dan menjaga suhu tubuh.

9. Plastik Kecil

Sebetulnya plastik kecil ini termasuk bagian dari gerakan kecil yang memiliki impact yang cukup besar. Fungsi dari plastik kecil ini sebetulnya untuk mengurangi proses transaksi uang secara langsung dari tangan ke tangan. Jadi apabila ingin memberikan uang baik itu kertas maupun koin, harus dimasukan terlebih dahulu kedalam plastik kecil. Virus corona memang tidak menyebar melalui benda mati, namun penderita virus corona dapat menularkan melalui cairan tubuh seperti air ludah yang menempel pada benda mati seperti uang kertas maupun koin serta dapat menyebarkan bakteri dari satu tangan ke tangan yang lainnya.

Apabila Anda tidak memiliki plastik kecil, cukup pastikan anda selalu mencuci tangan dengan bersih atau lakukan penyemprotan disinfektan, sinar ultraviolet, dan ditempatkan uang di tempat yang memiliki suhu tinggi. Atau, Anda bisa manfaatkan sistem pembayaran non-tunai untuk meminimalisasi penyebaran virus dan bakteri melalui uang tunai.

10. Pakaian Ganti

corona virus

Bagi para karyawan yang harus melewati kerumunan orang banyak untuk menuju ke tempat kerja atau bahkan pergi ke suatu tempat dan diharuskan melewati kerumunan massa. Baiknya Anda membawa pakaian untuk ganti, dikarenakan ketika kita melewati tempat kerumunan seperti didalam transportasi umum seperti commuter line ataupun busway, maka penularan virus dan bakteri lebih mudah lewat pakaian secara tidak langsung akibat bergesekan atau bersenggolan dengan orang lain. Ketika kita membawa pakaian ganti, maka akan mengurangi pergerakan virus yang akan menyerang tubuh kita dan sesudah bepergian pastikan pakaian harus langsung dicuci
supaya tetap higienis dan menghilangkan virus serta bakteri di dalamnya.

Baca juga: Tips Menjaga Stabilitas Keuangan Keluarga di Tengah Wabah Corona

Itulah benda-benda penting yang harus Anda miliki untuk pencegahan virus corona, namun tentu saja harus dibarengi dengan gaya hirup bersih, ya! Sebab, benda tersebut tidak akan memiliki nilai guna jika Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Jaga kesehatan ya!

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top