Insight

8 Cara Mudah Membersihkan Vacuum Cleaner di Rumah

cara membersihkan vacuum cleaner

Bagaimana cara membersihkan vacuum cleaner? Mengurus rumah cukup melelahkan bagi sebagian orang terutama bagi mereka yang sibuk bekerja.

Alat bantu untuk membersihkan rumah seperti vacuum cleaner bisa menjadi solusi terbaik. Dengan adanya alat ini tak heran jika kebanyakan rumah orang perkotaan menjadikannya teman bersih-bersih.

Beres-beres rumah menggunakan alat ini akan membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan cepat. Namun, untuk menjaganya tetap awet Anda perlu merawatnya secara rutin dan membersihkannya tetap bersih setelah pemakaian.

Sudah tahu cara pemakaiannya tetapi belum tahu bagaimana membersihkan vacuum cleaner? Nah, simaklah ulasan di bawah ini yang akan jelaskan 8 cara mudah bersihkan alat penolong tersebut.

Cara Membersihkan Vacuum Cleaner Dengan Mudah

  1. Bersihkan Filter dengan Air Hangat

Setiap vacuum cleaner memiliki filter yang berbeda-beda seperti filter yang sekali pakai dan filter yang bisa dicuci.

Nah, jika Anda memiliki vacuum dengan jenis kedua perlu melakukan pembersihan setiap selesai beres-beres. Caranya lepas filter terlebih dahulu dan bersihkan debu dengan menepuk-nepuknya.

Kemudian agar lebih bersih dari debu dan menghilangkan noda cuci menggunakan air hangat yang mengalir. Lalu jemur di bawah sinar matahari tidak langsung hingga kering.

Selain filter utama tersebut, biasanya masih ada filter tambahan yang tidak bisa dicuci, perawatannya berbeda-beda setiap merk.

  1. Sikat Kuas Vacuum Cleaner

Sikat vacuum cleaner atau yang biasa disebut brush and bristle adalah bagian yang menyentuh permukaan yang dibersihkan secara langsung.

Oleh karenanya, bagian ini termasuk yang paling penting untuk dirawat dan dibersihkan. Sering kotoran yang tidak masuk akan menempel di bagian sikat seperti rambut atau bulu sehingga jika menumpuk akan menguras kinerja vacuum.

Hati-hati dalam membersihkan kotoran yang menempel, jangan sekali-kali menariknya tetapi cukup gunting rambut-rambut yang menempel. Kemudian, Anda bisa menyemprotnya dengan disinfektan agar terbebas dari kuman apapun.

  1. Bersihkan dan Cuci Kantong Debu

Bagian dalam vacuum cleaner terdapat kantong debu yang berfungsi untuk menampung sementara debu yang tersedot.

Setelah pemakaian Anda wajib mengeluarkan isi pada kantong debu agar tidak menumpuk yang menjadi sumber bakteri.

Cara membersihkannya ialah keluarkan kantong debu lalu tepuk-tepukkan agar kotoran yang menempel bisa keluar.

Untuk bersih lebih maksimal, rendamlah kantong debu pada air yang sudah dicampur detergen. Kucek lembut dan bersihkan dengan air biasa, jemur di bawah sinar matahari langsung.

Baca juga : Cara Menggunakan Steam Cleaner

  1. Lap Bagian Tabung

Tak jauh dari kantong debu, tabung pada vacuum cleaner juga perlu dibersihkan. Cara membersihkan vacuum cleaner bagian tabung ini sangat mudah dan cepat.

Gunakan lap yang basah untuk mengelap bagian dalam tabung untuk menghilangkan noda yang mungkin menempel. Agar cepat kering, lap kembali dengan lap kering.

  1. Bersihkan Selang Vacuum Cleaner

Bagian lain yang tak luput dari debu dan harus dibersihkan ialah selang yang menjadi penyalur dari sikat ke kantong debu.

Membiarkan selang kotor akan membuat vacuum tersumbat sehingga tidak bekerja secara optimal. Cara membersihkan bagian ini cukup berbeda dengan bagian-bagian sebelumnya.

Pertama, lepaskan terlebih dahulu selang lalu siram selang menggunakan air hangat agar melepaskan kotoran yang menempel.

Tak sampai disitu, taburkan baking soda ke dalam selang kemudian tambahkan cuka, diamkan beberapa menit. Setelah itu, siram selang menggunakan air biasa dan keringkan.

  1. Bersihkan Bagian Body Luar Termasuk Roda

Bagian luar vacuum cleaner umumnya terlewat untuk dibersihkan karena tidak berhubungan langsung dalam menyedot debu.

Namun, jika Anda ingin alat pembersih vacuum cleaner ini jangan malas untuk membersihkannya yang prosesnya pun mudah dan cepat.

Tidak perlu setiap habis memakainya namun sesekali bersihkanlah bagian luar body vacuum menggunakan lap yang agak basah.

Jangan lupa pada bagian roda, pastikan pada bagian ini tidak ada kotoran yang menyangkut. Meski terlihat tidak penting, tanpa roda Anda tak bisa memakai alat ini dengan nyaman.

  1. Hati-hati dengan Kabel

Semua alat yang menggunakan listrik harus diperhatikan dan hindari dari air yang membuatnya konslet. Anda bisa membersihkannya dengan lap terutama kabel tetapi hindari mengelap pada mesin utama.

Perhatikan pula ketika menggulung kabel, pastikan kabel tergulung sempurna tanpa menekuk di bagian tertentu yang menyebabkan kabel bagian dalam putus.

  1. Pasang Kembali Ketika Semua Bagian Sudah Kering

Cara terakhir membersihkan vacuum cleaner ialah memasang kembali semua bagian yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Pastikan bagian-bagian tersebut sudah kering sempurna karena jika tidak akan merusak alat atau membuatnya semakin sulit dibersihkan lagi. Jangan lupa untuk menggunakan alat ini sesuai kemampuannya.

Terdapat beberapa jenis filter dan sikat yang disesuaikan dengan daerah yang akan dibersihkan misalnya karpet, sela sofa dan lainnya.

Satu lagi, jangan buat alat ini menyedot benda keras seperti kerikil misalnya karena akan merusak bagian dalam vacuum.

Baca juga : 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Terbaik

Nah, itulah cara membersihkan vacuum cleaner yang bisa dilakukan di rumah. Mudah, bukan? Jadi, tak ada alasan lagi untuk malas membersihkan benda penolong di rumah ini.

Rawatlah vacuum cleaner agar awet dan berkerja secara optimal. Saat ini ada banyak sekali jenis vacuum cleaner yang bisa Anda pilih dengan pilihan fitur, merk dan harga yang tentu beragam.

Jika Anda memerlukannya dan ingin melihat bagaimana vacuum cleaner yang cocok, bisa kunjungi Indotrading untuk beli vacuum cleaner berkualitas.

Indotrading merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan beragam model vacuum cleaner dari berbagai merk. Terdapat vacuum model gendong atau backpack dry, wet and dry vacuum dengan beragam besaran tabung.

Harga terbaru vacuum mulai dari Rp 800 ribuan hingga RP 5 jutaan dari merk Electrolux, Sharp hingga Borch. Tunggu apalagi? Dapatkan produk idaman Anda sekarang juga!

To Top