Insight

Bukan Hanya Motif, Berikut Hal-Hal yang Harus Anda Perhatikan Saat Memilih Wallpaper Dinding

cara memilih wallpaper untuk rumah

Berbicara mengenai desain interior, tentu tak akan ada habisnya. Selalu saja bermunculan tren desain interior terbaru yang akan menarik hati Anda. Nah, dari deretan elemen desain interior yang ada, wallpaper atau kertas dinding adalah salah satu elemen yang paling populer di jagat per-desain-interior-an. Pasalnya, wallpaper tak hanya berfungsi untuk memperindah ruangan saja tapi juga mengubah mood Anda lho! Tidak percaya? Berikut akan kami bahas tren memasang wallpaper untuk rumah, manfaat dan cara memilih wallpaper untuk dinding rumah yang bisa Anda jadikan sebagai referensi!

 

Tren menggunakan Wallpaper Dinding

Rumah bukan hanya sebagai tempat berteduh saja, melainkan juga tempat yang nyaman untuk berkumpul dan menghabiskan waktu dengan orang yang kita sayang. Nah, untuk membuat rumah semakin nyaman, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah dengan menciptakan suasana baru melalui motif-motif menarik di dinding rumah Anda. Ya, daripada dinding terlihat polos dan tidak artistik, sangat dianjurkan untuk melapisinya dengan kertas dinding atau wallpaper agar terlihat lebih menarik.

Berbagai motif hadir dan siap dipilih sesuai dengan selera pemilik rumah. Mulai dari motif floral, binatang, pola geometris, warna degradasi, pola abstrak, pola kartun, dan pola-pola bernilai artistik lainnya. Tak hanya bernilai artistik, wallpaper yang dipasang di rumah juga bisa menaikan mood Anda menjadi lebih baik. Apalagi jika Anda termasuk orang yang gampang bosan. Wallpaper saat ini sudah didesain removable sehingga bisa diganti-ganti sesuai dengan keinginan. Jadi, apakah sudah tertarik untuk membalut dinding interior Anda dengan wallpaper?

Manfaat Wallpaper Dinding

Banyak hunian yang kini dipasang wallpaper dinding. Tak hanya bertujuan untuk menunjnag fungsi estetika saja lho! Wallpaper dinding juga memiliki manfaat lain yang tak kalah penting, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menyembunyikan Kekurangan Dinding

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan jika memasangi dinding rumah Anda dengan wallpaper adalah menyembunyikan kekurangan dinding Anda. Entah itu berupa retakan, mengelupas, ataupun permukaan yang tidak rata, maka wallpaper dinding dapat secara sempurna menyembunyikan kekurangan-kekuranga tersebut. Bukankah sangat tidak elok dipandang ketika dinding di rumah Anda retak, atau permukaannya tidak rata? Selain itu, dinding yang mengelupas juga akan terlihat tidak terurus.

2. Mempercantik Tampilan Dinding

Wallpaper dapat menciptakan mood baru pada ruangan Anda. Dengan berbagai motif, warna, dan tekstur, ruangan Anda bisa disulap menjadi lebih indah dan cantik. Misalnya, jika Anda menginginkan tema tropical, ada banyak wallpaper bermotif tropical yang bisa Anda pilih untuk dipadukan dengan furniture bertema senada. Nah, bukankah memang tujuan utama dari pemasangan wallpaper adalah untuk tujuan estetika? Jadi tunggu apalagi? Yuk segera perindah dinding ruangan favorit Anda agar terlihat lebih menarik!

3. Melindungi Dinding

Cuaca yang tidak menentu seringkali membuat dinding menjadi mudah rusak, apalagi saat musim hujan. Bekas rembesan air akan menempel di dinding dan membuat dinding menjadi kuran enak dipandang. Nah, untuk mengakaliny Anda bisa menggunakan wallpaper dinding, ya!

4. Lebih Ekonomis

Wallpaper memang dipatok dengan range harga yang beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Tentu saja disesuaikan dengan keinginan. Dilihat dari kacamata keuangan, wallpaper dinilai lebih ekonomis dibandingkan menggonta-ganti cat rumah. Apalagi jika Anda bosan dengan cat berwarna polos, Anda tentu perlu usaha ekstra untuk mengkombinasikan beberapa cat agar terlihat lebih beragam. Nah, dengan wallpaper, masalah tersebut akan teratasi. Anda tak perlu khawatir memikirkan biaya, cukup pilih wallpaper yang sesuai dengan budget Anda.

Cara Memilih Wallpaper untuk Dinding Rumah

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk jika Anda merasa kebingungan untuk memilih wallpaper dinding yang tepat untuk rumah Anda. Berikut adalah cara memilih wallpaper untuk dinding rumah:

1. Sesuaikan Motif dengan Gaya Ruangan

Motif wallpaper yang tersedia di pasaran sangatlah beragam. Tips pertama yang bisa Anda lakukan dalam memilih motif adalah menyesuaikannya dengan gaya ruangan. Jika ruangan Anda bergaya klasik, Anda bisa memilih motif wallpaper dengan gaya yang sama, misalnya gaya victorian. Jika gaya ruangan lebih kontemporer, Anda bisa pilih motif wallpaper geometris atau aksen modern lainnya. Sedangkan, jika Anda ingin menambahkan gaya ruangan yang natural, motif floral bisa dijadikan opsi.

2. Hindari Wallpaper Berwarna Gelap untuk Ruangan yang Sempit

Para desainer interior tidak merekomendasikan penggunaan wallpaper berwarna gelap untuk ruangan yang sempit. Pola besar juga sebaiknya Anda hindari untuk ruangan yang sempit. Pasalnya, mereka membuat ruangan justru terlihat semakin sempit. Sebaliknya, sangat dianjurkan untuk memilih pola kecil dan warna yang terang untuk memanipulasi ruangan sempit agar terlihat lebih luas dan lebih besar.

3. Warna Netral Membuat Langit-langit Terlihat Lebih Tinggi

Wallpaper bisa dimanfaatkan untuk membuat plafon dan langit-langit ruangan terlihat lebih tinggi. Pilihlah warna yang netral atau putih di bagian atas untuk menciptakan ilusi dinding yang lebih tinggi. Para ahli juga menyarankan agar langit-langit di rumah dicat dengan warna putih untuk menampilkan kesan ketinggian yang ekstra.

4. Wallpaper Berwarna Gelap Menonjolkan Furnitur Berwarna Cerah

Jika di rumah Anda terdapat banyak sekali furnitur berwarna cerah, maka Anda bisa mengakalinya dengan memilih wallpaper dinding berwarna gelap. Pasalnya, warna gelap dapat menyoroti furnitur-furnitur berwarna cerah sehingga kontras warna yang didapatkan akan terlihat lebih elegan.

5. Pilihlah Jenis Wallpaper yang Tepat

Terkhir, pertimbangkan juga jenis wallpaper sebab jenisnya sangat beragam. Ada wallpaper jenis vinyl dengan keunggulan daya tahan yang kuat dan lebih rapi jika dipasang. Sangat cocok untuk Anda yang menginginkan ilusi ruangan yang lebih luas. Selanjutnya adalah jenis wallpaper kain yang sangat halus ketika disentuh dan akan nampak elegan. Berbeda, jenis foil akan menciptakan efek kilap sehingga dinding akan terlihat lebih mewah. Atau, Anda bisa memilih jenis wallpaper natural fiber yang terbuat dari serat-serat alam seperti bambu, kayu, kelapa dan daun. Sangat pas untuk Anda yang menginginkan kesan alami dalam ruangan.

Baca juga: Inilah Cara Memilih Wallpaper Dinding untuk Kamar Anak, Si Kecil Pasti Suka!

Itulah beberapa bahasan mengenai salah satu elemen desain interior yaitu wallpaper yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tertarik untuk menghias dinding interior rumah Anda dengan wallpaper, pastikan untuk mendapatkan produk wallpaper berkualitas dari supplier wallpaper terpercaya di Indotrading.com, ya!

To Top