Tips Bisnis

Begini Cara Membuka Bisnis Retail dan Strateginya

bisnis retail

Dunia perbisnisan saat ini semakin menjamur di kalangan masyarakat. Salah satu bisnis yang menjanjikan dan masih banyak diminati masyarakat meski sudah menjamur adalah bisnis retail. Membangun bisnis ini memang membutuhkan modal yang cukup banyak.

Namun bagi Anda yang belum punya modal banyak, Anda tetap bisa membuka bisnis dengan modal minim. Anda bisa manfaatkan franchise untuk membuka usaha ini dengan modal kecil. Cara ini akan semakin memudahkan Anda mendapatkan keuntungan besar meski modalnya kecil.

Strategi Cara Membuka Bisnis Retail

Seperti yang dikatakan di atas, mencari franchise adalah jalan untuk membuka bisnis retail bermodalkan pas-pas an. Namun tentu saja ada beberapa strategi lain yang dibutuhkan agar usaha Anda tetap berjalan dengan baik. Apa saja itu? Simak berikut ini strateginya:

  1. Pahami Pamor Franchise Retail

Sebelum menentukan franchise mana yang akan dipakai, tentu Anda harus paham track record dari franchise yang akan Anda pakai.

Pastikan jangan sampai Anda salah memilih franchise. Semakin baik pamor franchise yang Anda pilih, semakin bagus pula untuk kesuksesan bisnis Anda. Namun Anda juga harus siap dengan modal awal saat menggunakan franchise dengan kualitas tinggi.

  1. Siapkan Modal

Meskipun Anda akan menggunakan franchise, namun tidak semua kebutuhan bisnis dipenuhi oleh pemilik brand. Anda tetap harus menyiapkan modal sendiri untuk menjalankan bisnis tersebut.

Namun, Anda juga harus bicarakan besaran modal dengan mitra franchise yang Anda pakai. Hal ini akan menjadikan bisnis Anda lebih transparan.

  1. Tentukan Lokasi Retail

Lokasi retail adalah hal yang utama harus Anda pikirkan. Sebisa mungkin carilah lokasi yang strategis. Dalam hal ini, Anda juga perlu perhatikan kebutuhan masyarakat sekitar.

Jika kebanyakan masyarakat menggantungkan kebutuhan pada pasar, tentu lokasi tersebut bukan lokasi yang strategis untuk Anda. Berbeda halnya jika Anda memilih untuk membuka di area perkotaan.

Pada area perkotaan, bisnis retail akan lebih banyak dikunjungi, meskipun secara umum sudah banyak juga usaha retail yang berdiri pada area tersebut.

  1. Promosi

Selain lokasi, promosi juga akan sangat mendukung jalannya usaha retail Anda. Brand franchise Anda mungkin bisa diandalkan untuk menarik banyak pelanggan. Namun tetap saja, promosi adalah hal yang penting untuk dilakukan.

Dengan promosi yang baik, orang akan tahu kalau di lokasi tersebut sedang berdiri usaha retail dengan franchise tersebut.

  1. Rekrut Karyawan

Sudah pasti usaha retail tidak bisa ditangani satu orang saja. Anda butuh orang lain untuk membantu jalannya bisnis tersebut. Karenanya, Anda butuh rekrut karyawan. Klasifikasi karyawan yang dibutuhkan untuk usaha retail tidak terlalu rumit.

Anda hanya butuh seseorang yang cekatan dan jujur dalam melakukan pekerjaan. Dengan klasifikasi ini, maka akan semakin mudah bagi Anda untuk menemukan karyawan yang sesuai kebutuhan.

  1. Berikan Diskon

Pada momen-momen tertentu, pastikan Anda juga adakan diskon untuk beberapa produk yang dijual. Adanya diskon pada usaha Anda, akan membuat banyak orang lebih tertarik untuk berkunjung pada toko retail Anda tersebut.

Pastikan juga Anda memberikan diskon pada beberapa produk yang memang sering dicari dan dibeli masyarakat. Jika Anda merasa sudah punya banyak keuntungan dan ingin menambah keuntungan lebih, diskon bisa diadakan secara rutin. Misalnya pada saat weekend.

  1. Atur Keuangan Dengan Baik

Dalam mengatur keuangan, Anda bisa percayakan pada kasir untuk mengumpulkan struk pemasukan. Selanjutnya, lakukan cross check ulang pada laporan keuangan tersebut. Pastikan tidak ada selisih sedikitpun yang hilang.

Sedikit saja kesalahan yang selalu dibiarkan, maka akan membuat usaha retail Anda mengalami kerugian secara berkala.

  1. Pastikan Memasang CCTV

CCTV adalah alat yang penting untuk toko retail Anda. Hal ini karena Anda tentu tidak bisa mengawasi selama 24 jam di setiap sudut toko tersebut. Begitu pula dengan karyawan lain yang sibuk melakukan tugasnya masing-masing.

Demi menjaga kehilangan dan mencegah terjadinya kerugian, Anda harus memasang CCTV pada setiap sudut toko retail. Dengan begitu, Anda bisa mengawasi toko dengan lebih mudah.

Percayakan CCTV berkualitas hanya di Indotrading. Terdapat berbagai macam produk dan varian yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

  1. Lakukan Evaluasi Kerja

Bisnis yang bergerak di bidang retail juga perlu diadakan evaluasi. Tidak hanya pada produk yang jual, namun juga pada pelayanan setiap karyawannya.

Pastikan semua kondisi produk yang dijual dalam keadaan baik, tidak kadaluarsa, dan tetap sesuai standar kelayakan. Lakukan juga evaluasi pada pelayanan karyawan. Pastikan semua karyawan Anda melakukan tugasnya dengan baik.

Buruknya pelayanan karyawan, akan berpengaruh terhadap banyaknya pelanggan yang mengunjungi toko retail tersebut. Sehingga, kegiatan evaluasi ini tidak bisa dianggap enteng. Setidaknya lakukan evaluasi seminggu sekali.

  1. Sediakan Layanan Pesan Online

Untuk mendukung lancarnya bisnis retail Anda, tidak ada salahnya jika Anda menyediakan jasa pesanan online. Berikan standar harga pembelian untuk berlakunya layanan pesan online dan pesan antar ini.

Apalagi di masa pandemi seperti ini, layanan ini pasti sangat banyak diminati. Semakin banyak peminat layanan pesan online dan antar ini, maka secara tidak langsung Anda juga bisa menambah jumlah keuntungan. Hal ini karena ada standar harga beli yang berlaku.

Lantas, untuk melayani pemesanan online ini Anda bisa membuka akun official pada media sosial toko retail. Dengan begitu, pelanggan akan lebih mudah melakukan pemesanan secara online. Anda bisa percayakan kasir untuk menawarkan pemesanan online ini.

Bisnis retail memang sedang gencar-gencarnya. Untuk Anda yang ingin mencari peralatan atau kebutuhan usaha retail, cobalah membelinya melalui indotrading.com. Terdapat berbagai vendor merk peralatan usaha dengan harga bersaing.

To Top