Insight

Begini Cara Kerja GPS dan Ketahui juga Kegunaannya

Pada era digital seperti sekarang ini, gps merupakan salah satu alat navigasi yang sudah tidak asing lagi dalam keseharian. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai cara kerja GPS dan kegunaannya.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai GPS dengan harga dan kualitas terbaik dari supplier terpercaya di sini.

Baca Juga : Tips Buka Bisnis Alat Elektronik

Apa itu GPS?

Global positioning system atau lebih dikenal dengan nama singkatan GPS,  merupakan salah satu sistem navigasi yang sudah banyak dikenal serta digunakan banyak orang di seluruh dunia.

GPS pertama kali ditemukan dan digunakan oleh Amerika serikat. Sampai saat ini sistem navigasi paling besar di dunia tersebut dikelola oleh negeri paman sam tersebut.

Pada mulanya, gps diciptakan dengan tujuan militer dan aktivitas pelayaran Amerika Serikat. Baru pada tahun 1980-an GPS dipublikasikan dan disebar luaskan menjadi akses sipil oleh angkatan militer Amerika serikat .

Hingga saat ini GPS telah banyak digunakan dalam berbagai kesempatan dengan berbagai tujuan.

Bahkan dalam keseharian, sistem navigasi ini banyak digunakan sebagai alat bantu dalam mencari lokasi secara detail dan sangat dekat dengan aktivitas keseharian yang menggunakan sistem online.

Cara Kerja GPS

GPS bekerja berdasarkan satelit – satelinya yang berputar dan mengorbit pada bumi. Satelit-satelit GPS yang terdapat pada orbit bumi berjumlah sedikitnya 24, dan saat ini jumlahnya sebanyak 31 satelit.

Sebanyak 31 satelit – satelit GPS tersbut mengorbit pada bumi sebanyak 2 kali sehari dengan terus bergerak membuat dua orbit lengkap dalam waktu kurang dari 24 jam dengan kecepatan 7000 mil/ jam. Satelit-satelit tersebut bergerak dan berada di sekitar 12.000 mil diatas kita.

Satelit tersebut mengirimkan informasi berupa sinyal unik kepada perangkat pengguna gps yang kemudian diterima dan ditraleterasi atau ditentukan kode titik lokasi tersebut serta diukur antara jarak pengguna dengan waktu sinyal diterima.

Seiring dengan berkembang nya sistem teknologi dan informasi, cara kerja GPS sekarang ini semakin akurat bahkan dapat dibilang sangat akurat.

Kini, saat pertama kali pengguna menghidupkan perangkat GPS dan mendapatkan sinyal dari satelit GPS, kemudian perangkat pengguna akan mengunci dan menjaga posisi nya agar tidak berubah dan tetap akurat. Sinyal penerima GPS biasanya akan akurat dalam jarak 10 m, sinyal informasi akan lebih akurat lagi pada medan air.

Bahkan setelah adanya peningkatan sistem penerima sinyal GPS dengan menggunakan sistem tangkap area yang lebih luas atau lebih dikenal dengan sistem WAAS , Wide Area Augmentation System, kemampuan sinyal penerima GPS jauh lebih baik dan akurat.

Dengan sistem tersebut, GPS dapat menerima dan memberikan informasi dalam jarak  3 meter. Ada lagi sistem lain yang dapat lebih akurat dalam memberikan informasi letak lokasi yaitu dengan jarak 1 meter.

Sistem yang dapat memberikan ke akuratan informasi dalam jarak 1 meter tersebut dinamai sistem DGPS, differential GPS yang tentu saja memerlukan biaya lebih dalam pemasangannya dibandingkan sistem GPS lainnya.

Selain posisi atau lokasi, gps juga dapat menentukan kecepatan GPS, jalur dan jarak perjalanan, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Rekomendasi Stabilizer Terbaik

Jenis dan Kegunaan GPS

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia digital dan teknologi, GPS banyak andil dalam membantu memudahkkan aktivitas manusia, terlebih dalam hal navigasi.

Tidak hanya menjadi alat bantu navigasi dalam menemukan jarak dan lokasi, gps juga banyak membantu dalam kegiatan lainnya. Berikut Jenis-jenis GPS dan Kegunaannya dalam kehidupan sehari – hari, diantaranya :

1. GPS untuk kendaraan bermotor

Sudah tidak asing lagi pemasangan GPS pada kendaraan bermotor.  GPS jenis ini paling banyak dicari dan paling banyak digunakan dibandingkan GPS lain. bagaimana tidak, mulai dari pengendara motor online, sampai dengan kendaraan mewah lainnya kini menggunakan sistem GPS.

GPS jenis ini banyak digunakan karena dirasa informasi yang didapatkan dari sistem GPS yang digunakan lebih akurat dan mudah. Terlebih saat fitur GPS lebih berkembang yakni dapat disambungkan pada perangkat ponsel pintar pengguna.

GPS untuk kendaraan bermotor biasanya digunakan untuk mencari lokasi, dan juga digunakan sebagai sistem keamanan kendaraan.

2. GPS untuk aktivitas perairan dan pelayaran

Sejak awal, GPS memang ditujukan untuk aktivitas perairan dan pelayaran. Sistem GPS dirancang untuk dapat memudahkan pelayar atau nelayan dalam menentukan arah angin dan jalur layarnya di laut lepas

Hal tersebut sangatmemudahkan nelayan dan pelayar sehingga mereka tidak lagi harus melihat rasi bintang untuk tujuan tersebut.

GPS yang digunakan untuk aktivitas perairan dan pelayaran saat ini banyak digunakan pada kendaraan kapal komersial dan rekreasi.

Selain dapat menentukakn titik lokasi dan arah yang akurat, GPS jenis ini juga dapat mendeteksi sinyal bahaya bencana yang tidak terduga, sehingga membantu memudahkan awak kapal ataupun penggunannya dalam melakukan mitigasi dini.

3. GPS untuk Penerbangan

Tidak hanya aktivitas di perairan, GPS juga digunakan dan sangat membantu kegiatan  penerbangan. Gps yang satu ini terbilang salah satu jenis GPS yang harganya cukup mahal dan ekslusif, sehingga hanya bisa didapatkan di reseller atau distributor tertentu.

GPS dalam dunia navigasi sangat membantu par pilot dan co pilot ataupun teknisi pesawat dalam mementukan arah pesawat di udara. Biasanya GPS pada dunia navigasi atau penerbangan terdapat di bagian cockpit pesawat.

4. GPS Handheld

GPS handheld juga sering disebut sebagai GPS tracker. Sesuai namanya, GPS ini banyak digunakan sebagai alat bantu pelacak.

Bentuknya mirip dengan handphone, dan umumnya digunakan untuk kegiatan ourdoor dan traveling.

Gps jenis ini memiliki keunggulan dalam fitur nya dibandingkan GPS lain, yakni, kemampuan layar sentuh, mudah dibawa, serta banyak memberikan akses informasi lokasi dari berbagai tempat seperti pegunungan, hutan, dan menyediakan informasi data-data lainnya.

5. GPS Olahraga

Selain digunakan sebagai pelacak, pencarian lokasi, jarak ataupun arah angina, sekarang ini, gps juga digunakan dalam perangkat pintar seperti jam tangan, ponsel atapun perangkat digital lainnya untuk membantu dalam berolahraga.

Kemampuan GPS untuk olahraga diantaranya adalah dapat menghitung detak jantung,  jarak latihan, kecepatan latihan interval latihan (olahrga) dan sebagainya.

GPS jenis ini banyak ditemukan diberbagai alat fitness digital yang sudah sangat mudah ditemukan.

Keuntungan Menggunakan GPS

Keuntungan dari menggunakan sistem GPS diantaranya :

  1. Gps dapat digunakan setiap saat tanpa bergantung waktu dan cuaca
  2. GPS dapat digunakan oleh banyak orang secara bersamaan
  3. GPS tidak terpengaruh oleh daerah topografi atau lokasi
  4. Posisi GPS akan selalu mengacu pada titik yang sama
  5. Gps dapat memberikan detail lokasi

Baca Juga : Penjelasan Tentang Cara Kerja UPS dan Rangkaiannya

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara kerja GPS dan kelebihannya. Merupakan salah satu sistem navigasi yang banyak dirasakan manfaat nya, GPS kini akrab dalam keseharian masyarakat luas di berbagai bidang dan profesi.

Anda dapat menemukan GPS dengan harga dan kualitas terbaik untuk juga membantu dalam keseharian Anda, hanya di Indotrading!

To Top