Insight

Yuk Kenali GPS Tracker Lebih Dalam serta Fungsi dan Kegunaannya

 Yuk Kenali GPS Tracker Lebih Dalam serta Fungsi dan Kegunaannya

GPS kini telah berkembang menjadi beberapa teknologi yang lebih mutakhir, salah satunya adalah GPS Tracker. Walaupun sama-sama sebagai alat pelacak, namun GPS ini berbeda dengan GPS Navigasi pada umumnya. GPS Navigasi biasanya hanya berfungsi untuk menunjukkan rute-rute perjalanan yang akan dilalui, sedangkan GPS Tracker ini memiliki fungsi utama sebagai keamanan.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading News akan membahas lebih dalam mengenai apa itu GPS Tracker, apa perbedaannya dengan GPS yang lain, serta fungsi dan kegunaan utamanya. Namun sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu mengetahui tentang Cara Kerja GPS dan Ketahui juga Kegunaannya. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis GPS Tracker berkualitas di Indotrading.

Apa Itu GPS Tracker?

 Yuk Kenali GPS Tracker Lebih Dalam serta Fungsi dan Kegunaannya

Secara istilah GPS sendiri merupakan singkatan dari Global Positioning System atau Sistem Pemosisi Global. Fungsinya adalah sebagai alat atau system yang menunjukkan lokasi dari kendaraan, atau benda yang ada di permukaan bumi. GPS sendiri bekerja dengan menggunakan bantuan sinyal satelit. Seiring berkembangnya teknologi dan penggunaan GPS yang terbilang menyeluruh di setiap bidang, GPS kemudian berkembang menjadi beberapa alat navigasi yang lebih mutakhir.

GPS Tracker atau juga yang dikenal dengan GPS Tracking ini merupakan salah satu bentuk dari pengembangan GPS Navigasi. Teknologi yang digunakan pada alat ini menggunakan teknologi AVL (Automated Vahicle Locater) yang mana mampu melacak lokasi kendaraan secara real-time.

Perbedaan GPS Tracker dengan GPS Navigasi Lainnya

 Yuk Kenali GPS Tracker Lebih Dalam serta Fungsi dan Kegunaannya

 

GPS Tracker berasal dari gabungan teknologi GPS dan GSM yang mana mampu menunjukkan koordinat objek yang kemudian ditampilkan dalam bentuk digital. GPS pada motor atau mobil hanya mampu menjadi alat pelacak yang digunakan untuk menunjukkan rute dan lokasi. Sedangkan alat ini mampu memantau secara langsung kondisi kendaraan, mematikan atau menghidupkan mesin dari jarak jauh, serta dapat juga membuat catatan atau laporan perjalanan.

Fungsi dan Kegunaan

 Yuk Kenali GPS Tracker Lebih Dalam serta Fungsi dan Kegunaannya

Selain sebagai alat palacakan atau alat pemantau kendaraan, ada juga beberapa manfaat dan kegubaan yang lain dari alat ini, khususnya dalam penggunaan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan kegunaanya:

1. Dapat Mengantisipasi Pencurian Mobil Rental

Perangkat lunak yang ada dalam GPS Tracking ini terdapat fitur Geofence untuk mengetahui lokasi yang ingin dipantau secara virtual. Sehingga ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki usaha rental mobil. Fitur yang ada pada alat ini akan membantu Anda mendapatkan notifikasi secara real-time dari kendaraan yang di sewa.

2. Memantau Perilaku Pengemudi

GPS Tracker juga dapat memantau perilaku pengemudi dengan mengirimkan notifikasi saat perilaku pengemudi agresif seperti mengebut, mengerem mendadak, membelok tajam, atau juga menarik gas secara kasar.

3. Memantau Tingkat Penggunaan Mobil

Kegunaan lain dari GPS Tracking adalah membantu Anda mengukur tingkat penggunaan mobil, sehingga dapat diketahui apakah mobil tersebut jarang digunakan atau digunakan secara berlebihan. Sehingga ini juga sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki bisnis rental mobil.

Bidang Usaha yang Membutuhkan GPS Tracker

 Yuk Kenali GPS Tracker Lebih Dalam serta Fungsi dan Kegunaannya

Berdasarkan banyak fungsi dan penggunaannya yang mudah, alat ini juga digunakan di berbagai macam bidang usaha. beberapa usaha yang memanfaatkan GPS Tracking ini diantaranya adalah:

1. Perusahaan Rental

Seperti yang tadi sempat disinggung, perusaahan rental adalah salah satu perusahaan yang wajib melengkapi armada kendaraannya dengan GPS Tracker. Tujuannya sangat jelas yaitu untuk memantau posisi kendaraan-kendaraan yang sedang disewakan.

2. Perusahaan Ekspedisi

Kini, masyarakat sudah banyak yang melakukan belanja secara daring atau online. Keamanan dan pengiriman barang sudah harus terjaga. Sehingga perusahaan-perusahaan ekspedisi juga sangat membutuhkan alat ini untuk memantau pengiriman barang dengan baik. Hal ini bertujuan untuk meminimalisisr kecurangan pengemudi dalam berkendara, keterlambatan pengiriman, serta kehilangan dan kerusakan barang.

3. Perusahaan yang Memiliki Kendaraan Inventaris

Beberapa perusahaan  memiliki kendaraan inventaris seperti motor, mobil, truk, dan lainnya. Salah satu cara untuk menjaga dan merawat kendaraan inventaris adalah dengan melakukan pemasangan dengan alat ini pada kendaraan. Tidak hanya berfungsi sebagai pemantau, akan tetapi juga sebagai pengumpul data dan laporan perjalanan suatu kendaraan inventaris tertentu.

4. Penyewaan Bus

Perusahaan penyewaan bus juga perlu sekali menggunakan GPS Tracker. Fungsinya adalah untuk mengetahui jumlah penumpang yang ada serta memantau langsung berapa pemakaian bus. Selain itu fungsi yang lain juga untuk mengetahui lokasi dan kendaraan berhenti, rute yang dilaluo, kemudian laju kecepatan dari bus, serta jarak tempuhnya.

5. Perusahaan Alat Berat dan Trailer

Penggunaan alat ini  pada armada seperti Dump Truck atau alat berat lainnya dapat dijadikan salah satu bukti apabila terjadi kecelakaan. Alat ini juga bisa dijadikan pemantau apabila ada alat yang dicuri.

6. Perusahaan Minyak atau Cairan Kimia

GPS Tracker dapat berfungsi untuk meningkatkan keamanan pengiriman minyak atau cairan kimia selama di perjalanan. Selain itu, alat tersebut juga dapat merekam aktivitas perjalanan dan dapat juga dilihat secara real-time melalui ponsel atau website.

7. Pemilik Transportasi Online

Pemilik taxi dan pengemudi ojek online juga harus memiliki GPS Tracker untuk memberikan proteksi pada kendaraannya. Sehingga pengendara akan lebih aman dan tenang karena dapat memantau kendaraan selama 24 jam penuh.

8. Instansi Pemerintah

Seluruh kendaraan dinas dari instansi pemerintah, juga menggunakan GPS Tracker. Kendaraan tersebut diantaranya adalah mobil, motor, pemadam kebakaran, truk sampah, alat berat, bus kota, angkutan umum, dan lain-lain. Tujuannya adalah agar pemerintah mudah melakukan kontrol terhadap kendaraan yang ada.

Baca Juga: Garap Bisnis Rental Mobil dengan 5 Macam Keuntungannya

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu GPS Tracker serta kegunannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun salah satu rekomendasi terbaik dari alat pelacak ini adalah GPS Tracker Garmin. Anda dapat menemukan GPS Tracker tersebut dan alat navigasi lain dengan kualitas terbaik di Indotrading dengan supplier dari seluruh Indonesia.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top