Bisnis

Belajar Bisnis Gratis, Bisa Banget dari 5 Channel Youtube Ini

belajar bisnis dari 5 youtube channel

Terjun ke dunia bisnis, tidak hanya persiapan mental dan modal saja yang diutamakan. Tapi juga ilmu, bagaimana kita bisa menyiapkan rencana sematang mungkin sampai kita benar-benar mulai melangkah. Peningkatan jumlah pelaku usaha di Indonesia membuat kita perlu mengemas diri, agar bisa bertahan di persaingan yang ketat sampai kesuksesan benar-benar tercapai. Di zaman yang kian maju seperti sekarang, sebenarnya secara tidak langsung juga membuka banyaknya peluang untuk bisa belajar bisnis secara mudah dan efektif. Salah satu caranya adalah melalui channel Youtube. 

Ya, dari skemanya tentu akan berbeda dengan sistem pembelajaran yang biasanya didapat saat menghadiri kelas formal. Tapi melalui Youtube, Anda memiliki kebebasan waktu untuk belajar kapanpun dan dimanapun selagi gadget Anda masih terkoneksi dengan jaringan internet atau Wifi. Sisanya tinggal bagaimana Anda mempersiapkan materi apa yang dibutuhkan dan mengeksplorasinya. Nah dari jutaan video yang ada, kira-kira channel Youtube mana yang bisa menjadi asupan ilmu belajar bisnis? Berikut ini adalah 5 contohnya:

     1. Rico Huang

Sudah kenal dengan nama Rico Huang? Pria muda ini dikenal sebagai seorang pebisnis sukses dari berbagai lini bisnis yang dimilikinya. Ia juga tidak segan untuk membagi cerita perjalanannya dari awal merintis hingga kesuksesannya sekarang. Walau tak membuka kelas reguler, namun tips-tips yang diberikan melalui channel Youtube-nya memiliki segudang ilmu soal bisnis berbisnis. Yang tidak kalah menarik, Rico selalu menyelipkan lelucon-lelucon yang membuat siapa saja menjadi tidak bosan untuk menontonnya sampai habis.

Baca juga: Modal Rp 3 Juta, Kini Afrizal Raup Rp 100 Juta/Bulan Jual Casing Ponsel

     2. TEDx Talks atau TED

TEDx Talks atau TED sudah dikenal dengan video-videonya yang sangat inspiratif. Channel buatan luar negeri ini sering pula membahas seputar bisnis dari para profesional yang membawa masing-masing pengalaman menakjubkan. Menyerap wawasan melalui channel ini sangat dianjurkan bila Anda termasuk orang yang masih awam terkait dunia perbisnisan. Ditambah lagi, mereka sering mengangkat isu-isu fenomenal yang sangat menarik ditonton. 

     3. SuccessBefore30

Ada lagi nama channel berikutnya, yaitu SuccessBefore30 milik Chandra Putra Negara yang sudah menjadi hobinya membuat konten seputar tips bisnis. Tidak cuma ditujukan untuk yang ingin memulai usaha, pria ini juga sering memberikan resep jitu untuk para pelajar. Buktinya, sekarang channel-nya sudah mencapai subscribers hingga 370 ribuan yang juga ikut membahas seputar pengelolaan keuangan yang baik. Misalnya cara menabung, membeli rumah sebelum umur 30 tahun, menabung dari uang jajan pelajar dan lain-lain. 

     4. ZAPFinance TV

Nah, kalau yang satu ini sudah tidak lagi diragukan kemahirannya. Channel ZAPFinance TV, merupakan channel pemilik Prita Ghozi yang dikenal sebagai seorang penulis maupun perencana keuangan. Di channel ini Anda bisa menemukan berbagai tips mudah untuk bisa mengelola keuangan secara tepat, bagaimana menyikapi kondisi peningkatan harga bahan pokok dan lain sebagainya. Tak lupa, Prita juga selalu berusaha mengkaji konten-kontennya dengan durasi yang singkat, tanpa mengurangi value yang ingin disampaikan. Sehingga Anda bisa menerima informasi dalam durasi waktu yang pas, padat dan jelas. 

     5. Evan Carmichael

Terakhir yang tak kalah seru adalah channel milik Evan Carmichael. Di sini, Anda bisa mendapatkan rangkaian tips berbisnis, sekaligus menyimak kisah-kisah inspiratif yang tentu bisa menjadi bahan Anda untuk meraih kesuksesan sendiri. Berhubung usianya yang masih terpaut muda, maka tidak heran kalau setiap isi kontennya selalu dikemas dengan ringkasan yang nyentrik, mudah dipahami dan tentu tidak bikin bosan. 

Dari kelima contoh channel yang telah disebutkan, bisa disimpulkan bila keberadaan Youtube saat ini memang sangat membantu untuk kita bisa mendapatkan ilmu soal apapun. Termasuk bisnis, yang saat ini memiliki banyak peluang untuk masyarakat untuk menghasilkan uang lebih banyak. Karena selain bermanfaat, Youtube juga bisa dijuluki sebagai salah satu medium hiburan yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Selamat menyerap banyak ilmu!

Baca juga: Buat Anak Muda yang Mau Memulai Bisnis, Jangan Lakukan 10 Kesalahan yang Paling Berbahaya Ini!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top