Digital Marketing

Cara Meningkatkan Peringkat Video Youtube di Mesin Pencari

youtube

YouTube merupakan platform yang memberikan pelayanan untuk monetisasi konten video dan menjadi mesin pencari kedua setelah Google. YouTube memiliki 92 miliar halaman view per bulan dan mampu memberi traffic besar untuk sebuah website. Bahkan, ketika Anda mendapat jumlah penayangan video yang memenuhi kriteria, maka Anda bisa menghasilkan uang dari video YouTube. Maka dari itu, peringkat video YouTube yang diunggah pada mesin pencarian memberikan dampak yang luar biasa bagi setiap pengguna, khususnya untuk para pebisnis.

Menggunakan YouTube sebagai media promosi dengan video brand merupakan salah satu cara ampuh untuk promosi belakangan ini. Namun, mengunggah video bisnis saja tidak cukup tanpa mendapat view dan meraih banyak subscribers/viewers.

Jika Anda telah mengunggah video di YouTube, namun belum mendapat view, maka Anda perlu memikirkan lagi faktor-faktor video yang telah diunggah. Salah satu faktornya mungkin saja karena kurang mudah bagi pengguna untuk menemukan video di hasil pencarian. Video YouTube juga membutuhkan optimasi SEO agar mendapat peringkat di hasil pencarian.

Sebelum membahas cara meningkatkan peringkat video YouTube di mesin pencari, Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa YouTube memiliki algoritma sendiri untuk memberi peringkat pada sebuah video. Salah satu faktor yang dikenal dalam peringkat video YouTube di mesin pencari adalah durasi penonton dalam menayangkan video tersebut.

Jika pengguna mulai menonton video dan berhenti di beberapa detik pertama, kemungkinan peringkat video tersebut akan turun. Jadi, Anda harus memastikan telah membuat video YouTube yang menarik. Selain itu, Anda harus bisa menggunakan thumbnail yang menarik perhatian agar mendapat lebih banyak click through rate (CTR) dari video terkait. Penambahan custom thumbnail ke video bisa menghasilkan dampak drastis pada CTR untuk menaikkan peringkat video di mesin pencarian.

Berikut ini, beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan peringkat video YouTube di mesin pencari (search engine).

Menggunakan Judul Yang Tepat

Judul video sangat penting diperhatikan karena membuat seseorang tahu mengani yang ada di dalamnya. Judul yang cocok dengan isi video akan sangat baik dan disenangi oleh pengunjung dan berguna bagi algoritma YouTube untuk SEO.

Membuat Deskripsi Video Yang Benar

youtube

Anda harus menulis deskripsi tentang isi video dengan benar. Pastikan bahwa deskripsi tersebut berkisar antara 2 hingga 3 baris saja. Anda harus mampu membuat deskripsi singkat namun memuat tema yang ada di dalam video tersebut.

Menggunakan Kata Kunci (Keyword)

Kata kunci juga penting untuk video Anda agar terindeks oleh mesin pencari. Kata kunci bisa Anda sematkan dalam judul video dan deskripsi. Bila kata kunci yang dicari sesuai dalam dua baris pertama deskripsi video, maka video akan mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Jadi, Anda harus menulis judul dan deskripsi video dengan tepat sesuai dengan keyword pencarian.

Memberi Nama Video Sebelum Diunggah

Video yang siap untuk diunggah harus diberi nama dengan fokus pada kata kunci. Dengan demikian, nama video tersebut akan membantu mesin pencari mengenali isi yang ada di dalam video. Memberi nama serta dengan judul video atau keyword memudahkan indeks pencarian video dan meletakkannya di peringkat lebih tinggi pada mesin pencari.

Menggunakan Closed Caption (CC) pada Video YouTube

youtube

Fitur Closed Caption (CC) di YouTube berguna untuk menampilkan teks pada video yang bisa membantu audiens memahami narasi video. Selain itu, CC sangat berguna untuk memberikan terjemahan (subtitle) video ke berbagai bahasa yang berbeda. Anda dapat menggunakan transkrip atau naskah saat merencanakan pembuatan video hingga eksekusi pengambilan gambar. YouTube memiliki Algoritma yang secara otomatis dapat mentranskrip suara di video menjadi teks yang bisa diaktifkan. Selain itu, Anda bisa menulis manual di closed caption jika video tidak memiliki suara.

Menggunakan fitur CC bisa menjadi cara yang baru untuk masuk ke indeks mesin pencari karena ada kata kunci yang tertulis di dalam transkrip CC tersebut. Selain itu, dengan menulis transkrip ke deskripsi video cukup ramah bagi mesin pencari. Anda bisa memanfaatkan pelayanan seperti Caption for YouTube untuk menulis caption video yang akan Anda unggah ke YouTube.

Menggunakan Tag dan Keyword Research

youtube

Menggunakan tag merupakan cara penting lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapat peringkat di pencarian YouTube. Berikut ini, beberapa tips untuk menggunakan tag di video:

  • Membuat daftar tag yang lebih spesifik dengan menuliskan kata kunci utama
  • Membuat daftar tag umum dengan menuliskan kata kunci umum yang sesuai
  • Melakukan pemeriksa keyword di YouTube analytics dan traffic resources
  • Menyertakan bentuk tunggal dan jamak dari tag yang kamu gunakan
  • Menyertakan frasa ke dalam tag.

Selain itu melakukan Keyword Research merupakan bagian penting dari SEO. Anda tidak bisa menemukan semua kata kunci yang untuk disertakan ke video. Namun, Anda bisa menggunakan Google Display Planner  untuk memperoleh ide penggunaan kata kunci.

Display Planner akan memberikan saran berbagai kata kunci dan menyediakan pengertian dari kata kunci yang Anda cari. Anda bisa mengunduh ide-ide tersebut dalam file Ms Excel kemudian sertakan keyword dan frasa ke dalam tags, judul, dan deskripsi video. Usahakan Anda menggunakan keyword target yang sama di judul video, deskripsi, dan tag sehingga bisa membuat video masuk indeks dan memberinya peringkat dalam mesin pencari YouTube.

Memperhatikan Konten dan Durasi Video

micro influencer

YouTube bukan media untuk melakukan kegiatan belanja, sehingga tidak memungkinakan bagi Anda untuk melakukan pembelian di platform ini. Namun, Anda bisa YouTube untuk menaruh video promosi produk. Solusi yang tepat adalah, konten video tidak 100% mengenai brand, tapi Anda harus mampu mengarahkan konten video pada brand tersebut. Anda bisa membuat konten mengenai tutorial atau informasi menarik yang tetap relevan dengan brand.

Durasi video juga mempengaruhi minat para pengguna untuk menyaksikan video Anda. durasi video untuk setiap konten memiliki batas efektif masing-masing. Video berupa film cukup efektif dengan durasi satu, dua, bahkan tiga jam. Namun, untuk konten musik, akan lebih efektif jika durasi videonya berkisar antara 4 hingga 7 menit. Lain lagi jiga video promosi, semakin singkat dan padat jauh lebih baik.

Baca juga: 10 Online Marketing Tools yang Dibutuhkan saat Membangun Bisnis

Berbekal cara-cara di atas, membuat video YouTube Anda berada di halaman pertama mesin pencari YouTube bukan impian. Selamat mencoba!

To Top