Insight

Begini Cara Mudah Merawat Lantai Vinyl

Masih bingung merawat lantai vinyl ? Perawatan lantai vinyl memang sedikit berbeda dibandingkan jenis lantai pada umumnya. Terlebih lantai vinyl berbahan kayu. Bagi Anda yang kerap memiliki masalah dalam merawat lantai vinyl, simak informasi tim News Indotrading kali ini mengenai cara merawat lantai vinyl.

Di Indotrading, Anda dapat menemukan berbagai jenis lantai vinyl dengan kualitas dan harga terbaik langsung dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Lantai Vinyl, Pijakan Nyaman yang Bisa Buat Hunian Jadi Lebih Menawan

Lantai Vinyl

Belakangan terakhir, lantai vinyl sedang banyak digemari, terlebih di kalang pasar anak muda. Jenis lantai yang sering muncul di berbagai seri drama ataupun film ini semakin banyak menarik hati dan minat kalangan muda.

Umumnya, jenis lantai ini terdiri dari dua jenis. Jenis tersebut dibedakan berdasarkan bahan material lantai vinyl tersebut yakni lantai vinyl yang terbuat dari kayu, ataupun lantai vinyl yang terbuat dari jenis palstik fiber yang biasanya lebih dikenal dengan sebutan karpet vinyl.

Lantai vinyl memiliki banyak keunggulannya. Selain banyak dikenal akan motif tampilannya yang estetik dan cantik, harga jenis lantai ini juga terbilang terjangkau dibandingkan lantai lainnya.

Cara Merawat Lantai Vinyl

Sebagai lantai yang memiliki harga terjangkau dan kelebihan daya guna nya yang tahan lama, namun karpet vinyl juga perlu perawatan yang tepat agar lantai viny agar tidak cepat kotor dan rusak.

Berikut cara mudah merawat lantai vinyl yang bisa Anda lakukan sendiri.

1. Rutin Menyapu

Langkah sederhana dalam merawat lantai vinyl adalah dengan rutin menyapu nya. Langkah ini merupakan langkah paling dasar dan mudah dilakukan dalam perawatan lantai vinyl.

Tidak berbeda dengan menyapu lantai pada umumnya, lantai vinyl hanya perlu rutin disapu dengan menggunakan sapu pada umumnya. Tujuannya adalah agar dapat membersihkan debu yang menempel pada lantai vinyl. Pada langkah ini, perhatikanlah area – area yang mudah ditempeli kotoran dan debu seperti dapur dan sebagainya.

2.Gunakan Pembersih yang Tepat

Sama seperti jenis lantai pada umumnya, lantai vinyl juga perlu dibersihkan dengan menggunakan pembersih yang tepat. Tujuannya adalah agar pembersihan lantai dapat dilakukan dengan maksimal.

Penggunaan pembersih ini menyesuaikan jenis lantai vinyl Anda. Jika lantai vinyl Anda dipasang menggunakan pelapis, maka Anda bisa membersihkan nya dengan deterjen dan air hangat.

Caranya adalah basahi kain lap Anda dengan air panas yang sudah dicampur deterjen ataupun pembersih lantai, lalu lap menyeluruh pada lapisan lantai vinyl Anda,  Jika lantai vinyl Anda tidak dilapisi pelapis, Anda bisa gunakan pembersih lantai langsung layak nya mengepel lantai biasanya. Hanya saja, pastikan kain lap pel tidak terlalu basah. Sebab hal tersebut akan mempengaruhi kondisi kayu lantai vinyl Anda.

3. Bilas Bersih Lantai Vinyl

Pastikan juga Anda untuk membilas lantai vinyl setelah dibersihkan. Baik menggunakan deterjen ataupun menggunakan pembersih lantai, Anda perlu membilas kembali lantai vinyl Anda dengan bersih menggunakan lap yang tidak terlalu basah.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada pembersih ataupun deterjen yang tertinggal. Sebab, selain menyebabkan lantai vinyl menjadi licin, cairan deterjen ataupun pembersih yang tertinggal tersebut dapat menyebabkan pelapukan pada lantai vinyl Anda. Terlebih pada lantai vinyl kayu.

Baca Juga : Cara Mudah dan Tepat Pasang Lantai Vinyl dan Jenisnya

4. Gunakan Keset

Untuk tetap menjaga kebersihan lantai vinyl adalah dengan menggunakan keset. Keset dapat membantu mencegah lantai vinyl tidak cepat kotor baik dari debu ataupun bahan kimia. Sebab keset dapat mencegah penyebaran debu dan kotoran tersebut. Sehingga Anda tidak terlalu sulit dalam menyapu ataupun mengepel lantai vinyl.

Biasanya keset diletakan pada area-area tertentu seperti depan pintu utama, pintu kamar mandi dan sebagainya, Namun Anda bisa sediakan keset di beberapa titik lain guna mencegah penyebaran debu dan kotoran pada lantai vinyl Anda di area tersebut.

5. Gunakan Baby Oil atau Minyak Zaitun

Siapa sangka goresan pada lantai vinyl kayu Anda tidak bisa dihilangkan? Nyatanya, goresan kecil – kecil pada lantai vinyl Anda tersebut bisa dikurangi bahkan dihilangkan.

Untuk proses pembersihan dan perawatan yang satu ini, Anda bisa gunakan baby oil atau minyak zaitun.  Caranya cukup dengan menuangkan baby oil ataupun minyak zaitun tersebut ke lap yang halus, lalu Anda gosokan perlahan ke area goresan yang ada pada lantai vinyl. Namun perlu diingat kembali, proses menghilangkan goresan ini hanya bisa dilakukan pada goresan goresan kecil atau halus pada lantai vinyl.

6. Gunakan Backing Soda

Jika Anda megalami cukup kesulitan dalam memberishkan kotoran lantai vinyl yang menempel kuat, gunakanlah backing soda. Sama seperti deterjen ataupun pembersih lantai, Anda hanya perlu melarutkan backing soda tersebut kedalam air hangat dan gunakan cairan backing soda tersbut sebagai cairan pel lantai vinyl Anda.

Sebab, backing soda sudah terbukti efektif menghilangkan dan merontokan kotoran membandel di berbagai benda. Tidak hanya keramik, ataupun benda lainnya, kotoran pada lantai vinyl kayu Anda yang membandel juga efektif dihilangkan dengan menggunakan backing soda ini.

7. Pasang Alas Karpet

Tahap selanjutnya setelah dibersihkan menyeluruh, Anda bisa memasang lapisan karpet pada lantai vinyl Anda. Lapisan ini akan membantu mencegah debu dan kotoran pada lantai vinyl.

Lebih lagi, lapisan karpet yang dipasang, akan membantu mencegah munculnya goresan – goresan kecil halus pada lantai vinyl Anda.

Pemasangan karpet lantai ini dapat Anda atur dan sesuaikan. Anda dapat memasangnya dibeberapa sisi lantai saja, ataupun melapisinya secara keseluruhan dengan jenis karpet khusus yang Anda pilih.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mudah merawat lantai vinyl. Informasi tersebut bisa Anda jadikan refrensi tambahan agar perawatan vinyl Anda semakin efektif dan efisien.

Anda bisa temukan berbagai jenis lantai vinyl dengan kualitas dan harga terbaik langsung dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Daftar Harga Karpet Lantai yang Awet Terbaru 2021

 

banner seller
To Top