Insight

Apa itu Apron dan Ketahui Jenis Hingga Fungsinya Disini

Apa itu apron? Celemek atau apron adalah benda yang berfungsi untuk alat pelindung ketika melakukan berbagai pekerjaan. Misalnya ketika Anda sedang memasak, bersih-bersih rumah, hingga melukis, apron bisa diandalkan untuk melindungi pakaian dari debu, tinta, cipratan minyak, dan kotoran lainnya.

Maka dari itu, tidak heran kalau apron menjadi alat yang sangat berguna untuk bisnis kuliner seperti bisnis restoran, bisnis warung makan, bisnis katering diet, bisnis cloud kitchen dan sebagainya. Tapi, ada banyak fungsi lain dari apron karena memang benda ini memiliki desain yang beragam disesuaikan dengan tujuan penggunaannya. Berikut ini, penjelasan mengenai pengertian apron, fungsi, jenis, dan rekomendasi bagi Anda yang ingin beli Apron.

Pengertian Apron

Sebenarnya, Apron dalam bahasa Indonesia berarti celemek. Adapun istilah apron adalah berasal dari bahasa Inggris. Untuk bidang kuliner, penyebutan apron memang lazim digunakan. Apron sangat sering ditemukan pada koki atau ibu-ibu yang sedang memasak di dapur.

Umumnya, orang akan memilih apron berdasarkan desain dan warnanya. Tetapi, untuk memilih apron yang tepat, tentunya tidak bisa dilakukan berdasarkan desain dan warnanya saja karena apron merupakan benda fungsional untuk berbagai keperluan.

Ketika Anda ingin beli apron, banyak pertimbangan lain yang harus diperhatikan, misalnya jenis kain dari apron tersebut. Apron yang akan digunakan untuk  bersih-bersih rumah, sebaiknya dipilih dari bahan yang ringan agar Anda bisa bebas bergerak.

Berbeda jika Anda ingin menggunakan apron untuk memasak, sebaiknya apron yang Anda pilih terbuat dari bahan yang mampu menyerap air dengan maksimal. Bahan ini jauh lebih efektif karena saat Anda terkena percikan bumbu atau noda, apron bisa mempercepat proses pengeringannya. 

Fungsi Apron

Secara umum, fungsi apron adalah untuk melindungi pakaian dan tubuh bagian depan ketika sedang bekerja. Namun, secara lebih spesifik ada beberapa fungsi apron yang lain. Berikut ini, beberapa fungsi dari apron yang harus Anda tahu.

1. Melindungi Kulit

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang cukup sensitif karena salah satu panca indera yang peka terhadap rangsangan. Ketika Anda bekerja sebagai seorang koki atau juru masak, sangat penting untuk menggunakan benda yang satu ini.

Apron bisa melindungi kulit dari percikan noda, minyak, atau bumbu masak yang mungkin saja dalam kondisi panas dan membahayakan kulit. Setiap orang yang bekerja di dapur pasti berisiko terkena percikan minyak. Maka dari itu, adanya Apron akan melindungi kulit Anda dari percikan panas minyak yang membahayakan. 

Ketika memilih apron yang digunakan di dapur, sebaiknya Anda memilih apron dengan bahan yang cukup tebal. Apron jenis ini akan lebih aman dan terjamin untuk melindungi Anda saat bekerja di dapur. Selain itu, pastikan apron cukup ringan supaya Anda bisa lebih leluasa saat bergerak. 

2. Mempermudah Pekerjaan

Fungsi apron juga bisa untuk mempermudah pekerjaan. Maka dari itu, tidak heran kalau apron memiliki banyak desain yang disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaannya. Apron ada yang memiliki desain dengan beberapa kantong yang bisa dimanfaatkan untuk tempat menaruh barang-barang yang penting.

Misalnya, ketika Anda bekerja sebagai pelayan, kantong dalam apron akan sangat berguna untuk menyimpan lap, pulpen, atau nota. Sedangkan untuk koki, kantong pada apron bisa dimanfaatkan untuk tempat menaruh peralatan kecil yang dibutuhkan saat memasak seperti timer atau alat-alat lainnya. 

3. Memastikan Pakaian Tetap Bersih 

Penggunaan apron sangat penting agar pakaian Anda tetap bersih meskipun sedang sibuk bekerja. Saat Anda sedang melakukan kegiatan seperti bersih-bersih rumah atau berkebun, pasti berisiko membuat pakaian Anda menjadi cepat kotor.

Penggunaan apron tentu sangat tepat karena meskipun Anda berinteraksi dengan benda-benda kotor, tetapi pakaian Anda akan tetap bersih. Dengan menggunakan apron, maka Anda akan senantiasa menjaga pakaian tetap bersih meskipun sedang melakukan pekerjaan yang berisiko menimbulkan kotoran. Aktivitas-aktivitas mulai dari memasak, bersih-bersih, mengelas, berkebun tentunya memiliki risiko besar bagi pakian terkena kotoran. 

4. Membuat Penampilan Terlihat Lebih Menarik

Apron memiliki beberapa desain yang ternyata bisa membuat penampilan Anda semakin menarik saat bekerja. Apron bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membuat penampilan terlihat lebih menarik dan terlihat lebih fashionable.

Khususnya, jika Anda menggunakan apron dengan desain yang kekinian. Selain itu, apron juga bisa membuat penampilan terlihat lebih profesional untuk profesi tertentu. Misalnya, barista atau pelayan yang ada di sebuah kedai kopi akan lebih terlihat kredibel ketika bekerja menggunakan apron.

5. Ikon dan Profesionalisme

Sadar atau tidak, apron merupakan ikon bagi seorang koki. Meskipun sedang tidak memasak, seorang koki akan menggunakan apron untuk berbagai kepentingan. Misalnya ketika sedang melakukan wawancara atau sambutan suatu acara. Koki akan menggunakan apron sebagai ikon dan identitas dirinya. Dengan demikian, profesionalisme seorang koki akan tergambarkan dari apron yang digunakan.

Baca Juga: Peluang Bisnis Cloud Kitchen Saat Pandemi dan Tipsnya

Jenis-jenis Apron

Setelah Anda tahu fungsi dari celemek atau apron, maka Anda juga harus tahu jenis-jenis apron sehingga Anda tidak salah saat akan beli apron nantinya. Jika dilihat dari bentuknya, ada 5 jenis apron yang bisa Anda pilih. Berikut ini, penjelasan mengenai kelima apron tersebut.

1. Bib Apron

Bib apron adalah jenis celemek yang paling banyak dijumpai dan paling sering digunakan oleh para koki. Apron jenis ini memiliki bentuk badan yang menutupi bagian depan tubuh pemakainya mulai dari bagian dada hingga bagian lutut. Supaya bisa digunakan, apron ini dilengkapi dengan tali yang dapat diatur panjang pendeknya. Bib apron pada dasarnya tidak memiliki saku atau kantong, tetapi beberapa koki sengaja memasang maksimal 3 buah kantong. 

Bib Apron memiliki banyak desain yang sangat unik, apalagi ada yang ditambahi dengan aksesoris yang dapat mendukung kegiatan tersebut. Ada bib apron yang didesain dengan menggunakan strap dengan menggantung di bahu. Strapnya bisa berbentuk X, Y, dan berbentuk N yang menggantung di leher. 

Bib Apron ada yang terbuat dari plastik dan sering digunakan untuk pekerjaan memotong daging. Biasanya, bib apron jenis ini disebut dengan Disposable apron.

2. Waist Apron

Waist apron adalah apron yang hanya menutup bagian depan tubuh mulai dari bagian pinggang hingga di atas lutut. Biasanya, waist apron digunakan di restoran atau hotel dan dipakai oleh para karyawan yang langsung berhubungan dengan pelanggan. Jika dilihat dari bentuknya, apron ini tidak cocok digunakan untuk memasak, melainkan lebih cocok untuk layanan bersih-bersih.

3. Bistro Apron

Bistro apron adalah istilah yang digunakan untuk celemek pada restoran kecil yang mengusung suasana nyaman, casual, dan santai. Jenis celemek yang satu ini memang didesain supaya penggunakan tampak rileks dan santai. Pada dasarnya, bentuk dari bistro apron sama seperti model waist apron, namun apron lebih sedikit lebih tinggi. Perbedaan selanjutnya terletak pada bahan yang digunakan. Bistro apron cenderung menggunakan bahan yang ringan untuk memberikan kesan santai kepada penggunanya.

4. Cobbler 

Cobbler Apron atau Tabard apron adalah jenis celemek yang melindungi bagian belakang dan depan tubuh. Apron ini sangat cocok digunakan untuk para bakeries. Sekilas, model apron ini seperti rompi yang dapat menutupi tubuh bagian depan dan belakang.

Tetapi, tali di bagian sampingnya bisa diikat sesuai kebutuhan. Pengguna bisa mengencangkan atau melonggarkan apron dengan tali samping tersebut. Cobbler apron ada juga yang didesain menggunakan kancing samping sehingga tampilannya lebih rapi dan stylish. Bahan yang digunakan sangat beragam, mulai dari katun, denim, linen, atau kombinasi dari katun-poliester. 

5. Dishwasher Apron

Dishwasher apron adalah jenis apron yang bentuknya memanjang dari leher hingga kaki dengan bahan yang cukup tebal. Sesuai dengan namanya, apron jenis ini lebih cocok dipakai saat Anda akan mencuci piring. Biasanya, apron ini terbuat dari bahan neoprene atau vinyl yang anti air, tahan panas, anti gores, dan bisa memproteksi bahan kimia.

Rekomendasi Apron Terbaik untuk Anda

Setelah Anda tahu beberapa jenis apron berdasarkan bentuknya, pastinya Anda sudah bisa memilih apron yang tetap sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda. Berikut ini, beberapa rekomendasi apron yang perlu Anda pertimbangkan sebelum beli apron.

1. Apron Aluminized AL 6 Blue eagle

Buat Anda yang membutuhkan Bib Apron untuk keamanan yang maksimal saat bekerja dengan bahan-bahan kimia, Apron Aluminized AL6 Blue Eagle menjadi rekomendasi terbaik buat Anda. Apron ini merupakan pelindung untuk tubuh yang terbuat dari alumunium, sehingga dapat melindungi tubuh Anda secara maksimal. Produk ini berbahan aluminized yang memiliki keunggulan  tahan api dan berstandar EN 11612.

2. Leather Welding Apron 

Bagi Anda yang memiliki kesibukan di dapur, Leather Welding Apron adalah pilihan terbaik. Bahan apron sangat lentur dan tidak kaku sehingga sangat nyaman digunakan. Desain apron ini menutupi seluruh permukaan dada dan Anda bisa menambahkan set untuk lengan Anda. Keunggulan lain dari apron ini adalah memiliki daya serap yang tinggi, sehingga noda dari bumbu atau minyak akan cepat kering.

3. Apron Nia

Nia Apron adalah salah satu produk Apron yang bisa jadi pilihan bagi Anda yang bekerja sebagai baby sister. Selain itu, apron yang satu ini cocok digunakan untuk ibu-ibu yang sedang menyusui. Selain nyaman digunakan, apron ini terbuat dari bahan cotton sehingga sangat lembut di kulit dan aman untuk bayi. Bahan sangat lembut dan tidak panas tentunya akan membuat bayi menjadi lebih nyaman.

4. Lead Apron Model STA-J (Two Parts Apron)

Lead Apron Model STA-J atau Two Parts Apron adalah bib Apron yang sangat unggul jika dipergunakan sebagai pakaian safety. Apron yang satu ini memiliki kemampuan yang tinggi untuk proteksi radiasi dan melindungi tubuh dari sinar-x, sinar gamma, dan sinar intensitas tinggi lainnya. Desain apron ini pada dasarnya tidak memiliki lengan, tetapi jika Anda menginginkan lengan, Anda bisa menambahkan dengan mudah karena bisa didesain juga untuk lengan pendek maupun lengan panjang.

5. Apron Dada Jeans

Bagi Anda yang memiliki kesibukan untuk bersih-bersih, berkebun, menanam bunga, melukis, las, atau mengecat, apron dada jeans ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Apron ini akan melindungi dada dari debu, cat, percikan api las, dan dan debu dari lingkungan sekitar.

Apron ini memiliki ukuran panjang 90 cm dan lebar 60 cm. Dengan ukuran tersebut maka sangat tepat untuk melindungi bagian dada tubuh Anda. Keunggulan apron ini adalah bahan yang terbuat dari jeans yang bersifat sangat lentur sehingga nyaman dan memberikan perlindungan yang maksimal. 

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Makanan Kering yang Banyak Digemari

Anda sudah bisa tahu tentang apa itu apron. Sekarang saatnya Anda mendapatkan apron langsung dari tangan pertama. Pastikan Anda hanya membeli apron dari supplier dan produsen apron secara langsung melalui Indotrading.

To Top