Berita

7 Langkah Membuat CV Lamaran Kerja Agar Terlihat Menarik

7 Langkah membuat CV Lamaran Kerja Agar Menarik

Mencari peluang pekerjaan saat ini bisa dibilang menjadi hal yang gampang-gampang susah. Banyaknya lowongan kerja di jejeran situs internet tidak selalu menjamin Anda bisa lebih cepat mendapatkan pekerjaan. Mengapa? Karena pada saat Anda mengajukan lamaran melalui CV (Curriculum Vitae), itu sama saja seperti Anda sedang menciptakan sebuah produk yang harus menarik perhatian konsumen. Dalam artian, CV Anda harus bisa terlihat semenarik mungkin di mata pencari kerja atau HRD.

Bayangkan saja, kebanyakan HRD di berbagai perusahaan hanya memiliki waktu kurang dari 5 menit untuk menyeleksi CV dari para pelamar kerja. Itu artinya, Anda harus pintar-pintar dalam mengemas riwayat hidup Anda dengan informasi yang jelas, tidak bertele-tele dan sesuai dengan posisi yang ingin dilamar. Sebagian besar HRD hanya membaca informasi terkait pengalaman kerja, kelebihan dan skill apa saja yang dimiliki oleh calon pekerja untuk bisa menduduki posisi yang kosong. Nah, untuk itu perlu sekali untuk Anda tahu bagaimana cara membuat CV yang tepat agar bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda impikan. Yuk, ikuti langsung tipsnya di bawah ini!

       1. Berikan Informasi Tentang Diri Anda Sekilas dan Seringkas

           Mungkin.

Tidak jarang para pelamar kerja membuat CV yang penuh dengan kekeliruan saat menjelaskan identitas personal mereka. Seringnya mereka menginfokan identitas personal secara berlebihan dan tidak to the point. Ketika HRD mengharapkan Anda menjelaskan siapa diri Anda, maka hal yang perlu dilakukan adalah merangkum secara padat, singkat dan jelas mengenai minat, potensi dan pengalaman apa yang Anda miliki. Perlu dicatat, penulisan CV memang tidak disarankan dibuat dalam lebih dari 1 halaman. Hal ini justru membuat HRD menjadi malas membaca terlalu lama dan susah untuk menemukan tujuan isi CV Anda.

Baca juga: 5 Tips Mengakhiri Hari Kerja dengan Perasaan Tenang dan Menyenangkan

       2. Cantumkan Latar Pendidikan dengan Jelas

Saat Anda ingin mencantumkan riwayat pendidikan, jangan menulis semua latar pendidikan secara lengkap. Yang dibutuhkan HRD hanyalah informasi dua pendidikan terakhir Anda saja. Infokan secara detail mengenai pendidikan terakhir serta apa saja prestasi yang pernah Anda raih. 

       3. Sebutkan Skill yang Pas dengan Posisi Lamaran

Perlu diingat kembali, jika HRD hanya mempunyai waktu yang begitu minim untuk membaca keseluruhan CV Anda. Maka itu, Anda harus cermat dalam mencantumkan segala skill yang dimiliki dan pastikan semuanya sesuai dengan posisi yang dilamar. Yang terpenting Anda hanyalah perlu untuk menyampaikan secara singkat, padat dan jelas agar tidak membuang banyak waktu untuk HRD melakukan screening CV lamaran kerja.

       4. Tulis Dua Pengalaman Kerja Terakhir

Bagi Anda yang masih berstatus sebagai fresh graduate atau mahasiswa yang baru lulus, tentu pengalaman kerja yang dimiliki belum banyak. Sebagai gantinya, Anda bisa mencantumkan pengalaman magang, freelance atau aktivitas organisasi yang sekiranya dapat mendukung peluang kerja yang tersedia. Sedangkan bila Anda telah mempunyai beberapa riwayat pekerjaan, maka disarankan untuk tidak menginformasikan secara keseluruhan. Cukup pilih dua pengalaman kerja terakhir atau yang mempunyai korelasi dengan posisi yang Anda lamar.

       5. Tuliskan Informasi Contact Person dengan Jelas

Saat menulis informasi kontak pribadi pada CV lamaran kerja, pastikan Anda menulis alamat email, nomor handphone dan alamat tempat tinggal sejelas mungkin. Gunakan juga domain email resmi pribadi (bukan email kantor) dengan pilihan nama professional. Hindari pemakaian nama email yang tidak tepat seperti rina_sweet@yahoo.com karena akan memberi kesan bahwa Anda tidak serius dalam melamar pekerjaan. 

       6. Pilih Desain CV yang Simpel dan Professional

Terdengar sepele, tapi nyatanya desain CV lamaran kerja sangat menunjang Anda untuk mendapatkan perhatian HRD pada perusahaan yang Anda lamar. Pilihlah desain yang eye-catching tapi tetap terlihat simpel dan professional. Kalau perlu hindari pemakaian font yang standar seperti Times New Roman dan gantilah dengan opsi font lain yang lebih terlihat menarik.

Bagaimana? Sudah siap melamar pekerjaan impian Anda? Yang pasti, buatlah CV sehebat mungkin untuk membangun branding image yang baik tentang diri Anda. Selamat mencoba, ya!

Baca juga: 10 Ciri-Ciri Orang Sukses di Tempat Kerja

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top