Business Tips

10 Ciri-Ciri Orang Sukses di Tempat Kerja

Menjadi orang sukses merupakan impian setiap orang. Agar suskes tak hanya sekadar angan-angan, Anda perlu memahami ciri-ciri orang sukses dan meneladaninya.

Jika hidup Anda banyak dikelilingi oleh orang-orang sukses, Anda patut bersyukur karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama. Dengan berada di antara mereka, Anda dapat mempelajari etos dan semangat kerja, gaya, kepribadian, dan tingkah laku dalam keseharian di tempat tinggal maupun di tempat kerja.

Orang yang sukses biasanya akan tampak menonjol dibanding yang lainnya, entah lewat gaya bicara atau tindakan yang mereka lakukan. Orang-orang sukses ini memiliki kelas tersendiri. Mereka menjadi patokan dan selalu dapat diandalkan dalam setiap kesempatan. Lalu, bagaimana sebenarnya ciri-ciri orang sukses, khususnya di tempat kerja? Uraian di bawah ini akan menjawabnya:

  1. Tidak Suka Gosip

tidak suka gosip

Gosip merupakan hal yang biasa ditemukan di lingkungan kita, termasuk di tempat kerja. Meskipun demikian, orang sukses biasanya tidak akan suka menggosip dengan membicarakan keburukan rekan kerjanya. Waktu dan tenaga mereka terlalu berharga jika dihabiskan hanya untuk menggosip.

Membicarakan orang lain di belakang merupakan hal yang paling dijauhi oleh orang sukses. Biasanya, mereka akan tetap fokus pada pekerjaan meskipun kanan-kiri mereka tak henti-hentinya membicarakan keburukan orang. Jika ada hal yang bertentangan atau sesuatu yang tidak disukai dari rekan kerjanya, biasanya mereka akan membicarakannya dengan terbuka.

 

 

  1. Tidak Pernah Menolak

tidak pernah berkata tidak

Orang sukses selalu berusaha menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Mereka senantiasa bekerja keras agar dan memberikan yang terbaik dalam pekerjaan. Ketika atasan atau rekan kerja membutuhkan pertolongan di luar jobdesk, mereka pantang mengatakan “tidak”. Karena tidak pernah menolak hal-hal seperti itu, wajar jika atasan dan rekan kerja menghormati mereka. Kinerja dan loyalitas mereka juga tak diragukan lagi sehingga karir mereka pun cepat melesat.

 

  1. Pantang Mengeluh tentang Pekerjaan

jangan mengeluh

Orang-orang sukses selalu menikmati pekerjaannya. Mereka suka mengerjakan semua pekerjaan untuk mendapatkan pencapaian terhadap apa yang dikerjakan. Sebanyak apapun pekerjaan yang harus diselesaikan, mereka jarang sekali mengeluh tentang berbagai tekanan dan beban yang datang. Jika ada kendala yang terjadi, mereka tidak hanya mengeluh, tapi justru mencoba mencari solusi atau membuat standar tentang kualitas baru dalam pekerjaannya.

 

  1. Kehidupan Pribadinya Tidak Diumbar

tidak mengumbar kehidupan pribadi

Orang sukses selalu menjaga rahasia pribadinya terhadap orang-orang di sekelilingnya. Mereka mengetahui bagaimana caranya agar dapat berkomunikasi lebih baik di tempat kerja. Mereka paham bahwa ketika sedang di tempat kerja, seseorang seharusnya hanya terfokus pada isu-isu terkait pekerjaan. Itulah mengapa, mereka jarang membicarakan kehidupan personalnya kepada orang lain.

 

  1. Berlaku Baik terhadap Rekan Kerja

bersikap baik pada rekan kerja

Karena mereka adalah orang-orang hebat, mereka tidak pernah berlaku kasar kepada koleganya. Mereka sangat tahu bagaimana caranya menghindari konflik atau kontroversi di tempat kerja. Bila terjadinya konflik tak bisa dihindarkan, mereka tak akan segan untuk memaafkan.

 

  1. Menjaga Target atau Tujuan untuk Dirinya Sendiri

jaga rahasia tentang tujuan dan targetOrang sukses jarang berbicara mengenai target atau hal-hal yang ingin dicapai di depan rekan kerjanya. Mereka tahu bahwa hal tersebut akan berbalik menekan mereka. Mereka suka untuk membuat kejutan kepada orang lain dengan pencapaian yang berhasil dilakukan. Orang sukses mampu menghindari tekanan yang tidak perlu serta tidak membagikan segala hal yang akan ia kerjakan kepada orang lain.

 

 

  1. Membuang Jauh Kata Menyerah dalam Kamus Hidupnya

tidak pernah menyerah

Jika ada satu hal yang tak berjalan sebagaimana mestinya, mereka akan langsung mencari jalan keluar. Mereka paham bahwa akan selalu ada jalan keluar. Sebelum menemukan solusi yang relevan, mereka tidak akan menyerah sampai menemukan solusinya. Ada saatnya mereka beristirahat sejenak, namun mereka tidak akan pernah menyerah sampai menemukan solusinya.

 

  1. Tidak Pernah Menolak Kesempatan untuk Belajar

tidak pernah menolak kesempatan belajar

Dalam pekerjaan, orang sukses tidak akan pernah malu untuk belajar kepada siapapun, termasuk dari juniornya sekalipun. Orang sukses mengetahui bahwa pembelajaran dan pengalaman dapat datang dari mana saja. Mereka selalu mempuyai selalu akan ilmu dan selalu bersemangat mempelajari hal-hal baru. Rasa ingin tahu dan kemauan untuk terus belajarlah yang membuat mereka sukses.

 

  1. Tidak Suka Mencari Muka

cari muka

Satu-satunya cara yang mereka pahami agar terus berkembang dalam hidup ini ialah mengerjakan pekerjaan dengan sebaik-baiknya. Mereka tidak berminat mengambil jalan pintas seperti mencari muka kepada atasan untuk mengalahkan rekan kerjanya. Mereka mengetahui bagaimana cara melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Selain itu, mereka juga tahu bagaimana cara menjadi yang terdepan berdasarkan kemampuan yang dimiliki. Tanpa mempermanis kata-kata, mereka dapat memenangkan hati orang lain dengan orisinal.

 

  1. Pantang Membuat Komentar Ofensif

komentar ofensif

Orang sukses selalu berpikir sebelum berbicara. Mereka pantang membuat candaan ofensif atau komentar kasar terhadap rekan kerjanya di bawah pengaruh kebiasaan buruk lingkungan. Mereka selalu bersikap waspada terhadap reputasi diri serta memiliki kontrol diri yang baik terhadap emosi. Selain tidak mudah bereaksi, mereka juga hanya akan berbicara dengan kata-kata yang sesuai dengan lingkungan pekerjaan. Hal itulah yang membuat mereka sukses. (leo/editor: erlin)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin