Bisnis

5 Strategi Digital Marketing untuk Para Digital Marketer

Kemajuan di dunia digital telah melahirkan banyak profesi baru seperti digital marketer. Selain membangun brand perusahaan, digital marketer juga berpotensi mendongkrak angka penjualan. Lalu, bagaimana menjadi digital marketer yang kompeten?

Memasarkan dan membangun brand produk secara online merupakan pekerjaan dasar seorang digital marketer. Oleh karenanya, seorang digital marketer memiliki kemampuan serta strategi digital marketing melalui platform dan tools-tools pemasaran digital agar dapat menaikkan citra merek dagang perusahaan. Jika tidak ingin menjadi digital marketer yang gagal, 5 strategi ini wajib diterapkan:

  1. Komunikasikan Peran dengan Jelas

Gambar 659

Sebagai orang yang membantu perusahaan dalam membangun brand awareness sebuah perusahaan, pertama-tama peranan seorang digital marketer harus dipahami oleh partner kerja terlebih dahulu. Sebelum mulai membangun brand perusahaan, lakukanlah sebuah presentasi cepat untuk menjelaskan kepada klien tentang cara mengekspansi promosi produk melalui berbagai macam platforms, termasuk iklan web, media sosial, marketing email, dan platform multimedia. Tak hanya memahami peranan Anda sebagai digital marketer, klien pun akan semakin percaya terhadap kinerja Anda.

Baca juga: 8 Tips Psikologis Praktis dalam Dunia Marketing

  1. Demonstrasikan Keterampilan

Gambar 660
Dalam pemasaran digital, semua platform biasanya bersifat terbuka untuk diskusi. Untuk membangun pengetahuan tentang brand perusahaan, bereksperimenlah dengan media yang sudah ditargetkan, misalnya menggunakan iklan berbayar atau SEO (Search Engine Optimization). Koordinasikan juga materi-materi dari media cetak yang tersinkronisasi dengan pesan-pesan elektronik. Dengan melakukan hal tersebut, kampanye yang dilakukan juga akan menjadi lebih konsisten.

Lakukan pemantauan terhadap kinerja yang dilakukan, mana yang berhasil dan mana yang tidak. Bagian terpenting dari menjadi seorang digital marketer ialah dengan memiliki tolok ukur mengenai kegagalan dan kesuksesan dari apa yang telah dikerjakan. Jadi, Anda bisa mempelajari kekurangan dan meningkatkan kelebihan kampanye yang dilakukan.

 

  1. Identifikasikan Merek yang Terpercaya

trusted brand vintage orange seal isolated on white


Seorang digital marketer perlu memiliki brand yang bisa dijadikan role model. Tidak harus satu role model, Anda dapat mengkombinasikan beberapa role model untuk membangun brand perusahaan klien Anda. Jangan lupa, pilih merek terpercaya yang sudah teruji kualitasnya. Jadi, gunakanlah pemahaman dan keberhasilan dari sebua brand yang sudah terpercaya untuk membangun brand  kepada klien Anda.

 Baca juga: 5 Siasat Tepat Pemasaran Online di Tahun 2016

  1. Gali Kreativitas tanpa Batas

Gambar 662
Kampanye terbaik di dunia digital marketing ialah kampanye yang mampu merebut atensi publik tanpa harus melakukan gimmick atau tipu daya. Teliti bagaimana klien dan konsumen klien Anda dengan detail. Penting juga untuk mengetahui apakah mereka tipe orang yang memiliki rasa humor, orang yang lebih membutuhkan pesan bersifat selebratif, atau orang yang menginginkan sebuah kampanye bersifat emosional. Anda bisa menyesuaikannya dengan kreativitas untuk membangun sebuah kampanye yang mampu merebut hati perhatian konsumen sehingga mendorong terjadinya interaksi dan penjualan produk.

Sikap dan nilai terus berubah seiring dengan berjalannya waktu, hal terpenting yang harus dipahami ialah mengetahui karakteristik konsumen, termasuk tentang hal yang disukai dan yang tidak disukai. Hal ini akan memberikanmu pemahaman lebih baik terhadap hal yang Anda promosikan sehingga akan menghasilkan kampanye pemasaran yang lebih kuat dan menarik.

 

  1. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Kiev, Ukraine - August 26, 2013 - A collection of well-known social media brands printed on paper and placed on plastic signs. Include Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram and Tumblr logos.


Media sosial adalah salah satu pilihan terbaik yang dapat membuat brand Anda dilihat oleh banyak orang. Terlebih lagi jika klien Anda sudah memiliki akun Facebook, Twitter dan Instagram yang sudah memiliki banyak follower. Anda hanya perlu mengaturnya sesuai dengan kampanye yang dilakukan.

Pertama-tama, seimbangkan kampanye pemasaran digital Anda untuk masing-masing platform sehingga Anda bisa melihat platform mana yang akan paling banyak mendatangkan keuntungan. Dengan demikian, Anda bisa memberikan prioritas kepada salah satu atau lebih platform yang paling potensial.

Menyebarkan sebuah berita yang sedang menjadi bahan pembicaraan banyak orang ke  Twitter atau Facebook dengan cara yang kreatif akan menarik banyak pengguna media sosial untuk membukanya. Secara tidak langsung, Anda juga dapat memberikan ajakan kepada netizen untuk mengundang mereka ke website. Bereksperimenlah dengan headline yang catchy, tapi pastikan hal tersebut dapat membuat mereka penasaran untuk mengklik berita tersebut sehingga mereka mau membacanya lebih lanjut.

Jika kamu melakukan pemasaran di Instagram, gunakanlah foto-foto yang berkualitas dengan memperhatikan kualitas kamera, sudut pengambilan gambar, resolusi, objek, suasana, dan lain sebagainya. Gunakan keterangan foto yang mudah diingat, termasuk berbagai variasi hashtag agar brand Anda semakin mudah ditemukan. (leo/editor: erlin)

Baca juga: 5 Cara Membangun Bisnis Melalui Content Marketing

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top