Digital Marketing

10 Situs Freelancer Paling Populer di Indonesia

situs freelancer

Terjun ke dunia freelance saat ini telah menjadi tren yang terus meroket karena fleksibilitas yang ditawarkan. Awalnya, transaksi menggunakan jasa freelancer  atau pekerja lepas dilakukan langsung melalui website pribadi atau promosi media sosial. Namun, kondisi tersebut ternyata berdampak buruk bagi privasi dan keamanan bertransaksi. Orang-orang yang membutuhkan jasa freelancer cenderung merasa bingung, takut ditipu, dan kecewa dengan hasilnya. Oleh karena itu, situs-situs freelancer hadir dan berhasil menyingkirkan kekhawatiran klien tersebut.

Pada platform freelancer tersebut, pencari jasa akan mengunggah suatu pekerjaan dan klien akan melakukan penawaran untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Selain itu, transaksi melalui situs freelancer dinilai lebih aman karena ada pihak yang menengahi perkara jika terjadi sebuah perselisihan pada saat proses pekerjaan berlangsung atau setelah pekerjaan selesai. Berikut ini, 10 situs freelancer terpopuler di Indonesia.

1. Projects.co.id

situs freelance

Projects.co.id termasuk salah satu platform freelance asal Indonesia yang sangat populer. Melalui platform ini, klien bisa menemukan berbagai macam jenis pekerjaan freelance dari berbagai bidang, mulai dari programming, desain, media sosial, audio/video, jasa tulis menulis, translation, dan lain sebagainya.

Projects.co.id juga menyediakan platform khusus untuk melakukan jual-beli berbagai macam produk digital seperti e-book, template website, dan produk digital lainnya. Fitur unik di Projects.co.id yang jarang ada di pada platform freelance lainnya adalah sebuah program bernama Affiliate Referral. Program tersebut memungkinkan Anda bisa mendapatkan komisi jika ada orang yang mendaftar ke Projects.co.id dan melakukan transaksi melalui link yang Anda berikan.

2. Sribulancer dan Sribu

situs freelancer

Sribulancer termasuk situs freelance pertama di Indonesia yang menawarkan pembayaran melalui transfer bank sehingga cocok bagi warga Indonesia pada umumnya tidak memiliki kartu kredit. Sribulancer menyediakan berbagai macam freelancer dari berbagai bidang seperti tulis menulis, translation, programing dan lain sebagainya.

Sribu atau SribuDesign merupakan platform freelance Indonesia yang masih satu manajemen dengan platform Sribulancer, hanya saja Sribu menawarkan khusus berbagai macam desain grafis saja. Meskipun demikian, jenis desain yang ada pada Sribu sangat beragam sehingga para klien bisa menemukan freelancer untuk pekerjaan yang simpel seperti desain logo hingga pekerjaan yang cukup rumit seperti desain interior.

Sribu juga mengadakan sistem kontes, bagi para pencari kerja untuk memasukkan karya desainer kepada pemilik suatu proyek. Syarat untuk dapat mengikuti kontes tersebut, desainer harus menambah portofolio dan melalui tahap verifikasi. Bagi desainer yang berhasil memenangkan kontes, maka akan mendapatkan pembayaran dari klien dan hadiah dari Sribu.

3. Fiverr

situs freelancer

Fiverr merupakan website internasional yang cukup terkenal di Indonesia. Fiverr mempunyai sistem yang berbeda, yaitu freelancer yang harus membuat iklan atau mempromosikan diri untuk mencari klien. Dengan demikian, freelancer cukup menunggu klien datang meminta penawaran. Fiverr sangat menghargai privasi para pengguna sehingga klien dan freelancer tidak perlu khawatir mengalami kebocoran data pribadi.

4. Upwork

situs freelancer

Upwork dikenal sebagai platform freelance terbesar yang ada di dunia maya dengan lebih dari 12 juta pencari kerja dan tiga juta klien. Dengan angka yang luar biasa tersebut, para freelancer bisa menemukan banyak peluang kerja. Upwork menerapkan sistem pembayaran berupa hitungan per jam dan per proyek yang diselesaikan. Dengan demikian, sistem tersebut dapat memberikan fleksibilitas baik kepada klien maupun freelancer. Upwork memberikan berbagai fitur yang bisa mendukung perjalanan karier para pekerja lepas seperti collaborative space dan pembuatan invoice.

5. Freelancer.com

situs freelancer

Freelancer.com termasuk situs freelance dengan jumlah pengguna yang sangat banyak dari berbagai belahan dunia. Satu hal yang membedakan Freelancer.com dengan platform freelance lainnya adalah keanggotaannya yang tidak gratis. Namun, jangan khawatir! Bagi freelancer baru, Anda bisa mencoba kesempatan free trial untuk 8 proposal pekerjaan.

6. Toptal

situs freelancer

Berbeda dengan platform freelance yang lain, untuk mendaftar di Toptal freelancer harus punya deretan portofolio berkualitas. Sebab, Toptal hanya menawarkan kepada para klien dengan talenta-talenta terbaik yang ada di dunia. Maka dari itu, untuk menjadi freelancer di platform ini, harus menghadapi proses seleksi yang sangat ketat. Jasa atau tarif yang dibebankan kepada klien di platform Toptal juga paling besar dibandingkan platform lainnya.

7. PeoplePerHour

situs freelancer

Untuk menjadi anggota di PeoplePerHour klien dan freelancer tidak dipungut tarif sepeser pun. Namun, persaingan yang ada di sini bisa dikatakan lebih ketat daripada platform freelance yang lainnya. Maka dari itu, ada sistem rating yang berguna untuk sarana promosi para freelancer untuk bersaing dengan freelancer dengan jasa sejenis. Ketatnya persaingan di PeoplePerHour, memungkinkan para freelancer mematok harga yang wajar agar bisa bersaing dengan freelancer lainnya.

8. Guru

situs freelancer

Guru merupakan platform freelancer yang sudah ada sejak tahun 2001. Platform ini telah menjadi salah satu website freelance terbaik yang ada di dunia. Pada platform Guru, klien dan freelancer diwajibkan untuk membuat profil masing-masing. Selalu ada pekerjaan baru di Guru setiap harinya, sehingga freelancer harus sering-sering membuka situs tersebut agar selalu mendapatkan berita yang up-to-date. Klien juga bisa mencari kerja berdasarkan lokasi, kategori, maupun jenis pembayaran (per jam atau per proyek).

9. SimplyHired

situs freelancer

Jika dilihat dari segi variasi freelancer yang disediakan, SimplyHired menempati posisi yang teratas. Pada platform ini, klien bisa menemukan pekerjaan bertema teknologi, pekerjaan administratif, hingga pekerjaaan konstruksi. Selain itu, SimplyHired menawarkan pekerjaan dari 24 negara berbeda dan menyediakan fitur untuk mencari pekerjaan di lokasi yang terdekat. SimplyHired merupakan platform freelance yang menawarkan pekerjaan secara online maupun offline.

10. Fastwork

situs freelancer

Fastwork merupakan platform freelance profesional nomor dan terbesar terbesar di Asia Tenggara. Fastwrok berasal dari Thailand dan secara cepat mengembangkan sayap ke Indonesia. Fastwork membantu pelaku bisnis Indonesia untuk menemukan dan mempekerjakan freelancer secara sederhana, cepat, aman, dan hemat biaya untuk mempercepat pertumbuhan bisnisnya. Fastwork menyediakan banyak freelancer dengan berbagai layanan jasa seperti desain grafis, penulisan, penerjemahan, pemasaran online, influencer, entri data, hingga pengembangan web dan aplikasi.

Baca juga: Panduan Oline Marketing Tahun 2020

Sistem di Fastwork adalah klien yang memilih iklan atau promosi yang dari freelancer. Dengan demikian, freelancer harus mempromosikan iklan mengenai layanannya dan menunggu penawaran dari klien. Namun, freelancer harus aktif membuka akunnya setidaknya setelah 3 hari agar iklan tidak dibekukan.

Dengan adanya 10 platform atau situs freelancer tersebut, maka Anda tidak perlu lagi khawatir akan tertipu atau mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Anda bisa memilih platform yang sesuai dengan layanan jasa yang Anda inginkan.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top