Tips & Tricks

Cara Ampuh Mengusir Bosan dalam Menjalankan Bisnis Online

bored

Bisnis online merupakan salah satu bisnis di era sekarang yang banyak diminati orang. Banyak para pelaku bisnis online yang sebelumnya pekerja kantoran atau yang lainnya. Selain penghasilan yang menggiurkan, juga kita tidak harus terpaku dengan peraturan-peraturan kantor yang terkadang tidak membuat kita bebas.

Sementara berbisnis online, kita dapat melakukan pekerjaan di rumah atau dimana saja selagi ada koneksi internet. Kita tidak perlu menghabiskan dana puluhan juta rupiah untuk ekspansi ke wilayah lain. Cukup bekerja dari balik meja dengan budget yang jauh lebih hemat, kita sudah bisa memasarkan produk kita ke kota-kota lain.

Hal ini lah yang menjadi dambaan banyak orang, sehingga berbondong – bondong memilih bisnis online sebagai lumbung uang bagi mereka, bahkan ada yang rela melepaskan atributnya sebagai karyawan lalu menekuni bisnis online.

Mesi bisnis online terlihat sangat menggiurkan, jangan salah kita juga akan dihadapkan dengan arsa bosan, apalagi dalam berbisnis online seringkali mengharuskan kita untuk menatap gadget dalam waktu lama, baik itu komputer, laptop, ataupun handphone. Dan bisnis online seringkali membuat kita stagnan di tempat kerja kita untuk mengurusi banyak hal mulai dari manajemen stok, pelayanan customer, hingga pengemasan produk.

Efeknya, bisnis online yang membuat kita stagnan di tempat kerja seringkali cepat mendatangkan kejenuhan bagi pemilik bisnisnya. Apalagi jika Anda bekerja sebagai reseller atau dropshipper bagi bisnis orang lain dan tidak memiliki karyawan yang bisa diajak ngobrol atau bercanda. Nah, supaya Anda tidak jenuh, berikut cara ampuh mengusir bosan dalam menjalankan bisnis online dihimpun dari alona.com:

  1. Pergi Berlibur
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Liburan itu penting untuk menyegarkan pikiran. Karenanya, jangan ragu untuk menganggarkan budget khusus untuk liburan ke suatu tempat yang bagus. Saat ini banyak beredar travel agency yang siap memberangkatkan Anda untuk liburan ke banyak tempat menarik dengan harga terjangkau.

  1. Ubah Layout Tempat Kerja Anda
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Rasa bosan dalam aktivitas sehari – hari juga bisa karena faktor tata letak atau bentuk ruangan tempat Anda bekerja. Bisa juga karena ruangan yang berantakan itu akan mempengaruhi mood Anda dalam melakukan pekerjaan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda boleh mencoba mengganti layout ruangan Anda. Geserlah konfigurasi meja kursi dan komputer Anda ke dalam konfigurasi baru.

Anda juga bisa menempatkan beberapa elemen dekorasi baru untuk mempermanis ruang kerja Anda. Lay out ruang kerja yang baru bisa membantu pikiran Anda fresh dan enteng. Selanjutnya, Anda siap untuk fight berbisnis kembali.

  1. Sharing dengan Teman Seperjuangan
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Sangat wajar jika dalam menjalankan bisnis, kita akan dihadapkan dengan rasa bosan, buntu atau hal – hal menyebalkan lainnya. Untuk menghilangkan perasaan tersebut. Alangkah baiknya kita sharing bersama orang- orang terdekat atau orang seperjuangan yang sama dengan bidang yang sama dengan kita. Teman seperjuangan tidak harus partner atau teman sesama pebisnis online. Tapi bisa jadi juga sesama teman yang berprofesi sebagai pebisnis, walaupun berasal dari bidang bisnis yang lain.

Ajak teman Anda untuk bertemu dan sharing tentang bisnis. Siapa tahu kejenuhan Anda berkurang dan Anda bisa mendapatkan wawasan baru untuk bisnis Anda kedepannya.

  1. Buat Catatan Perjuangan Bisnis Online Anda
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Jangan segan untuk mendokumentasikan setiap jengkal perjalanan bisnis Anda. Mulai dari ketika Anda berjualan pertama kali, orderan pertama Anda, karyawan pertama Anda, kantor pertama Anda, hingga bisa berkembang jauh seperti sekarang.

Dokumentasikan dalam foto, cetak dan tempelkan dalam album khusus lalu beri keterangan seperlunya beserta tanggal. Ketika Anda jenuh, Anda bisa menilik kembali album bisnis Anda dan Anda akan menyadari, betapa besar perjuangan yang telah Anda lakukan. Ini bisa memicu semangat Anda lagi di kala bosan.

  1. Cobalah untuk Bereksperimen dengan Bisnis Anda
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Jika Anda tengah merasa jenuh dengan bisnis yang tengah Anda jalani, cobalah bereksperimen sedikit dengan bisnis Anda. Misalnya membuat sudden sale alias diskon dadakan, buka open space penjualan di area-area ramai, buat giveaway, atau buatlah event kecil-kecilan yang sedikit berbeda dengan rutinitas bisnis Anda tapi masih bisa mendatangkan profit atau minimal menarik lebih banyak customer dan membangun engagement lebih lanjut dengan customer Anda.

  1. Belilah Barang yang Ingin Anda Beli Dari Hasil Jerih Payah Anda
news.indotrading.com

news.indotrading.com

Rasa jenuh yang datang menghampiri dapat juga dilakukan dengan menghibur diri, salah satunya membeli barang yang selama ini diimpikan. Nantinya akan terasa bahwa bisnis Anda benar-benar bisa menghasilkan sesuatu. Efeknya Anda akan menjadi semangat lagi dalam melanjutkan dan menjalankan bisnis Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
WordPress Image Lightbox Plugin