Insight

Inspirasi Side Job Generasi Sandwich 2023

Sudah memasuki tahun 2023, resolusi apa saja yang ingin dikabulkan di tahun ini? Terutama untuk para generasi sandwich yang ingin menambah pemasukan, apakah ingin mempunya side job generasi sandwich yang menguntungkan? 

Beberapa waktu terakhir tengah populer istilah Generasi Sandwich. Apa itu generasi sandwich? Generasi ini dihuni oleh orang-orang dewasa yang terhimpit oleh generasi di atas dan di bawah mereka.  

Sandwich generation perlu memenuhi kebutuhan hidup orang tua mereka sekaligus menghidupi anak-anak mereka yang tumbuh besar. Ada pula beberapa anak muda, yang terkena dampak dari para orang tua yang generasi sandwich. Sehingga mereka pun mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. 

Pastinya beban yang ditanggung tidak bisa dianggap kecil. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut? Jika Anda berpikiran untuk mempunyai side job untuk menambah penghasilan, mengisi waktu luang dengan mencari penghasilan tambahan, Tim News Indotrading telah merangkum side job generasi sandwich yang bisa dilakukan dari rumah! 

Ciri Generasi Sandwich

Sandwich Generation sendiri biasanya merupakan mereka yang berada dalam rentang usia 30 tahun sampai 50 tahun. Beberapa sumber yang lain menghitung rentang usia sandwich generation berada di 40 tahun hingga 60 tahun.  

Menurut Carol Abaya, seseorang yang ahli dalam Aging and Elder Care Expert dari Seniorliving, menjelaskan bahwa setidaknya ada tiga ciri generasi sandwich. Ke tiga ciri ini bisa dibedakan berdasarkan peran dalam masyarakat. 

  1. Generasi Sandwich Tradisional 

The Tradional Sandwich Generation merupakan orang-orang dewasa dalam rentang usia 40 tahun hingga 50 tahun. Ciri generasi sandwich ini terhimpit oleh orang tua mereka sekaligus kebutuhan anak-anak yang harus terpenuhi secara finansial. 

  1. Generasi Sandwich Klub 

The Club Sandwich Generation ialah orang dewasa di rentang usia 30 tahun sampai 60 tahun. Ciri generasi ini dihimpit oleh sekelompok anggota keluarga yang berbeda-beda usia. Mulai dari anak-anak, orang tua, cucu jika ada, hingga kakek dan nenek. 

  1. Generasi Sandwich Wajah Terbuka 

The Open Faced Sandwich Generation ialah orang-orang dewasa yang mengasuh orang tua lanjut usia. Meskipun bukan pekerjaan profesional mereka, orang-orang dewasa itu tetap masuk ke dalam ciri generasi ini. Mereka yang tidak bekerja dalam sebuah panti jompo tetapi menjaga orang tua yang membutuhkan perhatian khusus tergolong dalam generasi sandwich wajah terbuka. 

Tiga ciri generasi sandwich di atas menjelaskan secara garis besar beban yang harus ditanggung, serta kebutuhan yang wajib terpenuhi. 

Baca Juga: Terapin Yuk! Inilah 7 Tips Investasi Generasi Sandwich Masa Kini

Side Job Generasi Sandwich

Banyak sekali side job yang menjanjikan. Namun, tipe side job seperti apa ya yang cocok untuk generasi sandwich? Tim News Indotrading sudah merangkum sejumlah side job generasi sandwich yang bisa dijadikan pilihan. Diantaranya:  

  1. Freelancer 

Pekerjaan ini dikenal sebagai pekerjaan sampingan. Padahal jika dilakukan secara rutin, bisa menjadi sebuah pemasukan yang sangat menguntungkan. Freelancer sendiri banyak di cari oleh berbagai perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang diinginkan. 

Beberapa freelancer yang masih di cari oleh perusahaan di tahun 2023 diantaranya, Input Data, penulis, survey online contributor, ilustrator, asisten jarak jauh, hingga manajer sosial media. 

  1. Tutor Kursus Online 

Semenjak pandemi melanda, saat ini banyak tutor atau guru kursus online. Selain karena alasan keamanan dengan adanya tutor online pun membuat waktu lebih efisien karena tidak terkendala jarak.  

Pada Mei tahun lalu, portal berita online “Time(dot)com”, memberikan informasi data statistika berupa kelonjakan sampai dengan nominal 243 Miliar dalam dollar Amerika. Sangat menjajikan bukan? 

Apalagi untuk Anda yang senang mengajar. Bisa mencoba side job generasi sandwich yang satu ini. 

Side Job yang Menguntungkan

  1. Content Creator 

Saat ini banyak influencer yang giat membuat konten, terutama saat sudah mencapai followers yang tergolong besar. Dengan membuat konten dan mengambil monetasi konten dari media sosial seperti Instagram, Youtube, hingga TikTok, Anda bisa mendapatkan penghasilan. 

Apalagi jika itulah hobi atau passion Anda, sehingga Anda akan lebih enjoy ketika membuat konten. Hingga saat ini side job sebagai reviewer skincare masih menjadi pekerjaan sampingan yang menguntungkan.  

Ide lainnya, seperti konten kreator fashion, kuliner, review gadget, hingga game. Side job generasi sandwich satu ini bisa di mulai dengan hal yang di rasa bisa dikerjakan terlebih dahulu. Seperti rajin post foto dengan keuntungan dan kelebihan menggunakan produk tersebut.  

Seiring berjalannya waktu, pengunjung konten Anda akan bertambah. Semakin banyakpengunjung, maka kesempatan untuk menerima endorsement hingga partnership juga semakin besar.  

  1. Gamer 

Untuk para Gamer, saatnya unjuk kebolehan nih! Pasalnya profesi yang satu ini bisa sangat menjanjikan. Banyak orang Indonesia yang menggemari game, sehingga tutorial bermain game, hingga dokumentasi saat bermain game banyak disukai oleh para gamers.  

Selain itu, ada beragam turnamen untuk para gamers, dengan menjadi game master hingga penguji game tertentu. 

Ada pula opsi lain saat followers sudah banyak, live streaming saat bermain game juga bisa menjadi ladang mendapatkan pemasukan.  

  1. Kuliner 

Memang makanan adalah kebutuhan utama, maka tentu saja banyak dicari oleh mereka yang ingin mengisi perut. Namun, makanan ringan seperti snack juga banyak dicari. Makanan ringan seperti keripik, goreng-gorengan, roti sandwich, atau donat. 

Snack tersebut juga bisa dijadikan hampers yang memiliki packaging lucu dan menarik. Kukis juga banyak dicari sebagai kado pada perayaan tertentu. 

Demikianlah inspirasi side job generasi sandwich yang sudah berhasil di rangkum oleh tim news indotrading. Side job yang manakah yang paling cocok untuk Anda? 

[Penulis & Editor: Irma Maulia]

To Top