Digital Marketing

Panduan Online Marketing untuk Pemula Tahun 2020

online marketing

Online marketing atau pemasaran online merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan dengan mempromosikan melalui media di internet. Secara strategi, online marketing lebih identik untuk membangun reputasi awal sebuah usaha atau branding yang akan berguna untuk membangun jaringan dan image dari usaha tersebut. Sekarang ini, masyarakat cenderung menggunakan pemasaran online dengan tujuan utama mengenalkan produk atau brand terhadap publik. Jika Anda akan memulai bisnis memasarkan produk dengan online marketing, maka anda membutuhkkan semacam panduan untuk mengoperasikannya. Para pemula bisnis online dituntut agar bisa mengerti dan paham strategi yang harus dijalankan untuk bisnisnya. Berikut ini panduan online marketing tahun 2020 untuk pemula berupa cara melakukan bisnis online yang baik dan benar.

Memusatkan Perhatian Terhadap Konsumen

online marketing

Online marketing sangat identik dengan memasarkan merek dan produk dengan tujuan akhir mendapatkan income yang layak. Maka dari itu, sebagai seorang pebisnis di tengah lajunya pertumbuhan ekonomi dan teknologi, Anda harus jeli memanfaatkan tools dan memikat hati para konsumen selaku target pasar yang memungkinkan membeli brand Anda.

Sebagai pebisnis, Anda harus aktif dalam menjawab permasalahan yang dihadapi konsumen terhadap rasa keingintahuan brand Anda. Selain itu, Anda harus menyikapi dengan baik segala pendapat konsumen terhadap produk Anda. Berikan tanggapan secara detail dan jelas supaya dapat mengetahui dan mengoreksi hal-hal yang menghambat penjualan. Demi mempermudah pangsa pasar, Anda bisa melakukan strategi buyer persona, yaitu representasi dari pelanggan mengenai sebuah produk atau brand yang diharapkan bisa dijadikan acuan dalam memahami target audiens lebih spesifik dan terperinci.

Untuk membentuk buyer persona, Anda bisa melakukannya dengan menilai demografi mulai dari pendidikan, umum, jenis pekerjaannya, dan lain sebagainya. Anda juga harus dapat menilai yang diinginkan konsumen berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan.

Mengikuti Conversion Funnel

online marketing

Sebagai pemula dalam bisnis online, Anda harus mengetahui cara membuat diagram yang sering disebut conversion funnel. Conversion funnel merupakan pengembangan dari AIDA dan telah menjadi bagian marketing secara tradisional. Untuk menggunakan dan membuat conversion funnel, dapat dilakukan dengan menyusun strategi pada online marketing yang lebih baik dan lebih matang lagi. Pastikan untuk setiap aktivitas yang Anda lakukan sesuai dengan online marketing dan sama dengan susunan conversion funnel yang telah disusun. Dengan demikian, langkah yang telah dibuat akan tetap dapat dijalankan dengan benar.

Menyiapkan Konten Marketing

online marketing

Konten marketing merupakan media yang bisa Anda gunakan dalam berkomunikasi dengan konsumen. Anda harus bisa menjadikan konten marketing yang sesuai dengan produk atau brand Anda karena akan menjadi kunci pencarian informasi untuk calon konsumen. Selain itu, dengan menggunakan konten marketing Anda akan mampu menaikkan brand awareness dan calon konsumen bisa mengenal lebih dekat jenis dan image bisnis.

Sebuah konten marketing yang bagus harus bisa menyediakan konsep cerita yang menarik bagi calon konsumen. Anda bisa menggunakan storytelling dan beberapa cara lainnya agar konsumen dapat memahami konten marketing yang disajikan. Perlu Anda ketahui bahwa, konten marketing tidak untuk menjual produk melainkan untuk memperkenalkan kepada masyarakat atau calon konsumen. Penggunaan konten marketing bisa dilakukan melalui beberapa cara seperti teks, gambar, atau video yang sifatnya menghibur dan memberikan edukasi tentang produk yang ditawarkan.

Membuat e-mail Marketing

Membuat e-mail marketing dapat Anda lakukan untuk berhubungan personal dengan calon konsumen sekaligus menawarkan brand dengan lebih dekat dan mudah. Sebuah e-mail marketing dapat dijadikan sebagai salah satu jalan menjalin komunikasi secara tidak langsung kepada para calon konsumen. Pengiriman email bisa dilakukan dalam satu bulan sekali atau seminggu sekali yang isinya ringkas, jelas, dan berkaitan dengan produk yang ditawarkan.

Isi email bisa mengandung konten promosi dan informasi mengenai hal atau produk terbaru dalam bentuk sebuah iklan sederhana. E-mail marketing memungkinkan terjalin hubungan yang baik dan memberikan kesempatan untuk konsumen agar lebih fokus dengan brand Anda.

Melakukan Optimasi SEO pada Website

online marketing

SEO sangat penting dalam melakukan pemasaran produk secara online karena berkaitan erat dengan keselarasan user experience. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah memastikan pengunjung agar tidak mengalami kesulitan atau masalah ketika mengunjungi website Anda.

Setelah melakukan optimalisasi terhadap SEO, Anda juga harus melakukan optimalisasi pada teknis SEO tersebut beserta strateginya. Anda harus paham betul bahwa SEO merupakan penghubung dari penulis atau pemilik bisnis dengan search engine dan sebagai informasi bahwa website Anda mempunyai konten menarik serta berkualitas yang berkaitan dengan kata kunci tertentu.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Brand Awareness, Tujuan, dan Cara untuk Meningkatkannya

Berdasarkan beberapa panduan online marketing untuk pemula tersebut, Anda tentu telah mengetahui betapa penting dan menunjangnya strategi pemasaran ini untuk sebuah usaha. Selain itu, Anda juga harus menyediakan produk yang berkualitas demi menyeimbangkan pemasaran. Online marketing merupakan cara yang mudah, namun harus dimulai dengan strategi yang benar.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top