Economy and Business

10 Peluang Bisnis Yang Bisa Dijajal Para Mahasiswa untuk Menambah Uang Jajan Harian

bisnis mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, kamu tentunya dituntut bukan hanya untuk dapat belajar dan menuntut ilmu seluas-luasnya, tetapi juga untuk mengembangkan potensi dan menjadi kreatif dalam memanfaatkan berbagai peluang yang ada, termasuk memanfaatkan berbagai peluang bisnis mahasiswa agar tak melulu mengandalkan uang kiriman orang tua. Tak perlu mengeluarkan modal yang besar, banyak diantaranya yang hanya perlu mengandalkan kreativitas dan tetap dapat memperoleh keuntungan yang cukup menarik. Nah, jika kamu penasaran mengenai peluang apa saja yang bisa kamu jajal, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Penerjemah

bisnis mahasiswa

Bagi kamu yang memiliki fasih dan menguasai bahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Prancis, bahasa Arab, dan lain sebagainya, peluang bisnis mahasiswa bisa menjadi seorang translator dan interpreter kerap menjadi hal yang sangat menggiurkan. Untuk jasa penerjemahan, hitungan upah akan dihitung per halaman atau bahkan per jumlah kata yang kamu terjemahkan. Bayangkan saja berapa upah yang akan kamu kantongi jika kamu menerjemahkan puluhan halaman dokumen. Menggiurkan, bukan?

2. Penulis Lepas

bisnis mahasiswa

Saat ini, banyak perusahaan marketing atau creative agency yang membutuhkan jasa seorang penulis lepas untuk membuat konten dalam situs blog-nya. Nah, sebagai seorang mahasiswa, yang tentunya tiap hari bergulat dengan pembuatan esai, artikel, maupun karya ilmiah, tentunya peluang bisnis mahasiswa menjadi penulis lepas bisa menjadi opsi yang tepat. Tak butuh mobilitas kesana kemari untuk mengerjakannya, kamu bisa mengerjakannya dimanapun dan kapanpun yang kamu mau. Cukup bermodal laptop dan wifi kencang, serta kemampuan menulis yang mumpuni tentunya, goresan-goresan tulisanmu bisa dihargai dengan upah yang cukup aduhai.

3. Fotografer/Videografer

bisnis mahasiswa

Peluang bisnis satu ini seolah menjadi primadona di erag digital seperti saat ini. Tak hanya untuk acara-acara spesial, seperti pernikahan, jasa fotografer pun kini banyak dilirik oleh banyak orang, terutama influencer, yang ingin menciptakan hasil foto-foto yang ciamik dan menarik perhatian untuk kebutuhan konten. Nah, jadi bagi kamu yang punya hobi dalam bidang fotografi/videografi, kamu bisa menjadi fotografer/videographer freelance atau bahkan membuka usaha sendiri dengan membukan agen penyedia jasa fotografer/videografer.

4. Buka usaha Online Shop

bisnis mahasiswa

Seiring dengan perkembangan teknologi, tren belanja daring kini kian bertambah pesat dan banyak dielu-elukan berbagai macam kalangan masyarakat, mulai dari kalangan remaja hingga orang tua. Tak heran, kemunculan-kemunculan perusaahan e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dsb, semakin membuka peluang bagi masyarakat untuk membuka bisnis dan memperluas jangkauan penjualan mereka.

Nah, sebagai generasi yang sangat akrab dengan perkembangan teknologi, kamu sebaiknya mencoba peluang bisnis mahasiswa satu ini dengan menjual beragam produk. Jika kamu belum yakin untuk memulai usaha dan memproduksi produk-produkmu sendiri, kamu bisa memulainya dengan menjadi reseller atau dropshipper. Omzet dari peluang bisnis satu ini bisa mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah lho per bulannya!

5. Desainer Grafis

bisnis mahasiswa

Jasa seorang desainer grafis kini sangat banyak dilirik oleh berbagai perusahaan, baik milik pemerintah maupun swasta, biasanya untuk menunjang aktivitas branding maupun marketing mereka, seperti untuk pembuatan banner, logo, infografis, desain website, dsb. Mengingat pekerjaan ini hanya bisa dilakukan oleh kalangan yang berjiwa seni tinggi dan memiliki kemampuan khusus dalam bidang desain grafis, kerja sambilan ini akan memberikanmu profit yang menggairahkan. Tak hanya menjadi pekerja lepas, kamu pun bisa lho membuka jasa desain profesionalmu sendiri dengan mengunggah dan mempromosikan portfoliomu di media sosial.

6. Menjadi Event Organizer

bisnis mahasiswa

Mengurusi acara-acara di kampus menjadi sebuah wadah untuk kamu dapat melatih kemampuan diri dalam menyusun dan mengatur sebuah acara. Dari pengalaman yang telah kamu dapatkan tersebut, kamu pun bisa mencoba untuk mendaftar menjadi pekerja lepas atau paruh waktu di sebuah event organizer profesional untuk semakin mengasah kemampuan dan tentunya menghasilkan pundi-pundi uang yang sangat lumayan.

7. Guru Les Privat

bisnis mahasiswa

Bekerja menjadi guru les privat paruh waktu bagi sebuah lembaga kursus atau membuka les privat sendiri bisa menjadi opsi yang kamu pertimbangkan. Berbekal pengetahuan dan kemampuan dalam bidang ilmu pasti, sosial, maupun bahasa, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Semakin banyak kelas yang kamu ajar, semakin banyak anak yang kamu bimbing, semakin besar pula upah yang akan kamu dapatkan.

8. Web/Android Developer

bisnis mahasiswa

Bagi para jenius di bidang pengembangan website atau aplikasi berbasis android, kamu bisa menjajal peluang bisnis sebagai freelance web/android developer. Tak hanya untuk perusahaan di Indonesia, perusahaan-perusahaan di luar negeri pun banyak membutuhkan jada developer untuk mengembangkan produk teknologi mereka. Jangan heran, penghasilan yang bisa dihasilkan bisa mencapai angka yang fantastis, apalagi banyak yang dibayar menggunakan mata uang USD.

9. Gamer

bisnis mahasiswa

Kamu gemar bermain game? Saatnya kembangkan hobimu dan manfaatkan peluang bisnis menjadi seorang gamer! Dengan menggondol kemampuan berpikir taktis dan strategis seta kelihaian dalam memainkan permainan yang kamu mainkan, kamu bisa memperoleh uang yang sangat lumayan, seperti dengan menjadi gaming vlogger, menjual akun game-mu, atau bahkan dengan terjun secara langsung ke dalam dunia gaming profesional dengan menjadi atlet e-sport.

10. Driver transportasi daring

bisnis mahasiswa

Semakin maraknya penggunaan transportasi daring, semakin besar juga peluang yang bisa dimanfaatkan oleh seorang mahasiswa, menjadi driver transportasi online, misalnya. Berbekal kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil, dan tentunya Surat Izin Mengemudi, kamu bisa mengisi waktu luang kamu dengan menjadi driver. Tak perlu banyak gengsi, karena uang yang dihasilkan pun sangat lumayan untuk menambah uang jajan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: Tips Kelola Hutang Utang yang Tepat agar Tak Jadi Petaka Bagi Perusahaan

Untuk menjadi individu yang mandiri, ada baiknya kamu memulainya sejak dini, contohnya dengan pintar-pintar mencari peluang bisnis yang bisa kamu tekuni saat kamu menjalani studi di perguruan tinggi. Eits, namun jangan sampai bisnis yang kamu jalani mengganggu aktivitas belajarmu ya! Kamu harus tetap pintar dalam mengatur waktu dan prioritasmu. Semangat!

To Top