Digital Marketing

Selain Google, Anda bisa Gunakan 10 Mesin Pencari Berikut

mesin pencari

Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari internet, peran mesin pencari (search engine) menjadi kebutuhan bagi pengguna internet. Dengan hadirnya search engine, para pengguna internet tidak lagi perlu repot ketika mencari sesuatu. Platform mesin pencarian yang paling sering digunakan tentu saja adalah Google! Setelah dibentuk pada tahun 1998, Google bisa dibilang mesin pencari yang paling sukses karena digunakan oleh 78% pengguna internet saat ini.

Ternyata, Google bukanlah satu-satunya search engine, lho! Berikut ini 10 deretan mesin pencari selain google yang bisa Anda gunakan untuk mencari informasi di internet.

1. Yahoo! Search

yahoo search

 

Pada awal tahun 2000, Yahoo! Search adalah pesaing besar dari Google. Search engine yang diciptakan pada tahun 1995 ini menjadi pesaing Google di awal 2000an. Saat ini, Yahoo! Search bekerja sama dengan Bing dan Microsoft untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan.  Yahoo! Search menyediakan akses pencarian dalam 38 bahasa.

Selain fitur pencarian, Yahoo!Search juga terintegrasi dengan berbagai layanan informasi yang cukup kredibel seperti Yahoo! Answers dan Yahoo! Finance. Yahoo! Answers memungkinkan para pengguna untuk dapat mengajukan berbagai pertanyaan bertema spesifik untuk dijawab oleh pengguna internet lainnya. Sedangkan Yahoo! Finance berfungsi sebagai sumber informasi seputar ekonomi dan bisnis yang cukup update.

2. DuckDuckGo

duckduckgo

DuckDuckGo merupakan salah satu mesin pencari yang cukup aman dan sederhana. Sesuai dengan tagline-nya, yaitu “Privacy, Simplified,” DuckDuckGo menjamin privasi data yang yang para pengguna berikan ketika melakukan pencarian. Dengan demikian, jejak pencarian tidak akan terdeteksi oleh para pengiklan. Maka dari itu, setiap kata kunci yang dibutuhkan dan dicari akan menampilkan hasil yang populer dan umum.

3. Bing

bing

Bing menyediakan berbagai macam bentuk informasi yang bisa ditemukan dalam satu halaman, seperti gambar, video, atau berita terkait kata kunci yang dicari. Tampilan halaman awal mesin pencari Bing mirip dengan Yahoo! Search, yaitu background yang tidak statis karena bekerja sama dengan Microsoft dan Yahoo! Search.

4. Search Encrypt

search encrypt

Search Encrypt merupakan mesin pencari yang memiliki perhatian terhadap privasi dan keamanan data para pengguna. Mesin pencari yang satu ini mengkombinasikan Secure Socket Layer (SSL) dengan AES-256 encryption untuk melindungi data para penggunanya. Dengan demikian, Data tidak akan dicuri oleh peretas dan bot, serta aman dari local users yang terhubung ke komputer pengguna.

Search Encrypt juga menawarkan pencarian video dan maps yang aman untuk digunakan. Open Street Map merupakan bentuk pencarian map dari Search Encrypt. Pencarian map ini merupakan proyek kolaboratif yang dapat diedit secara bebas.

Untuk pencarian video, mesin pencari satu ini akan memblokade iklan sambil melindungi data pribadi dan kata kunci pencarian yang digunakan. Namun efeknya, video yang dicari tidak selengkap hasil pencarian video pada Google.

5. Yandex

yandex

Yandex merupakan search engine buatan negara Rusia yang diciptakan pada tahun 1997. Yandex sangat berkomitmen untuk membantu konsumen dalam menjalankan bisnis di dunia online dan offline dengan lebih baik baik, Yandex menyediakan fitur yang bisa digunakan sebagai mesin pencarian dengan tampilan halaman awal seperti gambar, video, email, peta, penerjemah hingga App Metrica yang setara dengan Google Analytics.

6. Baidu

baidu

Baidu telah menguasai lebih dari setengah market share di Tiongkok pada tahun 2018 silam. Sesuai dengan asalnya, mesin pencari ini lebih umum digunakan untuk mempelajari bahasa Mandarin. Pada setiap halaman pencarian Baidu menggunakan aksara Han (Hanzi).

7. Swisscows

swisscows

Swisscows termasuk salah satu mesin pencarian yang mengedepankan privasi penggunanya. Sweisscows menggunakan fitur penyensoran konten yang ketat sehingga aman untuk keluarga. Dalam hasil pencarian, Swisscows akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan informasi umum, gambar, video, musik, dan penerjemahan. Fitur yang yang ikut dikembangkan adalah Swisscows Digest, yaitu mesin yang bisa mengekstrak informasi dari sebuah artikel atau tulisan dan membaginya menjadi beberapa kata kunci dan paragraf-paragraf penting. Pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk memangkas waktu dalam menganalisis isi konten.

8. Gibiru

Gibiru

Gibiru juga termasuk mesin pencari yang berkomitmen untuk menjaga keamanan data pengguna. Beberapa informasi yang ditayangkan Gibiru pada website utamanya tidak untuk diperjualbelikan demi mendapat keuntungan. Dengan demikian, peringkat teratas pada pencarian Gibiru merupakan keakuratan data yang disesuaikan kebutuhan informasi para pengguna.

9. StartPage

startpage

StartPage juga sangat mengedepankan keamanan data pengguna. Konsep mesin pencari yang satu ini hanya mengizinkan data disimpan sendiri, bukan disimpan di Big Data. Maka dari itu, StartPage menjamin tidak akan mengambil data yang diberikan pada mesin pencari. Mesin pencari ini membeli fitur yang dapat digunakan untuk menghilangkan personalized ads dan sangat mengedepankan para penggunanya agar terdorong untuk melakukan pencarian tanpa takut terdeteksi.

10. Ask

Ask

Ask atau lebih lengkapnya ask.com memberikan dua tipe hasil pencarian yang bisa ditelusuri, yaitu informasi umum (answers) atau video. Namun, pada halaman awal mesin pencari Ask.com selalu dipenuhi dengan iklan-iklan online.

Baca juga: Belajar jadi Digital Marketer Handal, bisa dari 10 Situs Online Ini

Kesepuluh mesin pencari selain google tersebut bisa Anda pilih seandainya ingin beralih dari Google. Perhatikan syarat dan ketentuan yang diberikan dari masing-masing mesin pencari sebelum Anda menggunakannya. Dan jangan lupa untuk memastikan data dan privasi Anda tetap aman saat menjelajahi internet dengan mesin pencari (search engine).

To Top