Insight

10 Aktivitas Seru dan Bermanfaat yang Bisa Dilakukan Saat Social Distancing

social distancing

Berkaitan dengan penyebaran virus Corona belakangan ini, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing selama 14 hari. Social distancing sendiri merupakan upaya menjauhi segala bentuk perkumpulan, menjaga jarak dengan manusia, dan menghindari pertemuan yang melibatkan banyak orang. Cara ini dianggap efektif untuk mengurangi penyebaran virus corona. Melalui metode ini, masyarakat juga diajak untuk melakukan aktivitas di rumah masing-masing.

Tren#dirumahaja kian populer di media sosial. Banyak orang mengkampanyekan berkegiatan di rumah sebagai bentuk social distancing. Nah, bagi kamu yang diminta untuk bekerja, belajar, atau berkegiatan dari rumah, pasti akan lebih mudah merasa bosan, apalagi mengisi waktu luang setelah menyelesaikan pekerjaan dan tugas. Jangan khawatir! Beberapa aktivitas seru dan bermanfaat ini bisa kamu coba saat social distancing. Lalu, apa saja kegiatan tersebut? Yuk, langsung saja intip ulasannya di bawah ini!

1. Memasak

social distancing

Bagi yang hobi masak, bisa banget menjadikan momen social distancing ini untuk mengasah bakat memasak. Selain meningkatkan skill, mengolah dan memasak makanan sendiri juga bisa menghindarkan Anda dari ancaman kesehatan, lho! Apalagi dalam masa penyebaran virus Covid-19 yang sedang menerkam seperti saat ini. Kebersihan makanan harus lebih dijaga supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Dengan memasak makanan sendiri, Anda bisa menjamin kebersihan dan kehigienisan makanan yang Anda masak. Pasalnya, makanan yang Anda beli di luar, belum tentu dibuat dengan memperhatikan kebersihan dan kehigienisan. Oleh karena itu, manfaatkanlah waktu yang ada untuk melakukan aktivitas memasak makanan yang sehat.

Tak perlu memasak yang rumit-rumit jika memang tidak bisa. Anda bisa memasak makanan yang Anda sukai dan sudah dikuasai. Jika ingin menambah referensi masakan yang baru, cobalah melihat referensinya di YouTube. Jangan lupa juga untuk menggunakan peralatan masak yang bersih dan berkualitas baik agar tidak menghilangkan cita rasa dan kualitas makanan yang Anda buat. Bagaimana? Tertarik untuk mengisi waktu luang saat social distancing dengan melakukan aktivitas memasak?

2. Membaca Buku

social distancing

Bagi para pecinta buku (bookworm), waktu luang dan waktu menyendiri pasti dihabiskan untuk membaca buku. Bagi mereka, aktivitas membaca buku menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan rasa penat. Nah, social distancing merupakan momen yang tepat bagi Anda untuk mencoba memulai kembali hobi membaca buku yang telah hilang karena kesibukan dan jadwal sosial yang padat. Coba tengok di sudut kamar atau rumah Anda, apakah ada buku-buku yang sama sekali belum pernah dibaca? Saatnya kembali membuka lembar per lembar jendela pengetahuan Anda sekarang!

3. Quality Time Bersama Keluarga

social distancing

Meluangkan waktu untuk quality time bersama keluarga merupakan sebuah keharusan agar ikatan antara anggota keluarga semakin kuat. Nah, social distancing ini bisa Anda jadikan momen yang tepat untuk merekatkan hubungan antar keluarga. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan bersama keluarga di rumah, misalnya bermain bersama anak, menonton tv bersama, main board game yang seru, atau hanya sekedar berkumpul bersama dan bercerita.

4. Dekor Ulang Kamar

social distancing

Selama kegiatan social distancing ini, kamar tidur merupakan tempat yang paling sering dihinggapi, apalagi untuk anak kost. Agar berkegiatan apapun di kamar lebih nyaman, kenapa tak gunakan waktu social distancing sekali-kali untuk mendekor ulang kamar tidur Anda. Aktivitas ini bisa kamu lakukan dengan menggeser posisi tempat tidur, mengganti tirai, atau menata furnitur lainnya agar Anda tidak bosan dengan tampilannya.

5. Olahraga

social distancing

Social distancing bukan berarti Anda dapat mengabaikan aktivitas olahraga karena keterbatasan lahan, sebab aktivitas olahraga tidak melulu harus dilakukan di luar rumah. Ya, Anda juga bisa melakukan aktivitas olahraga di rumah, lho! Beberapa aktivitas seperti yoga, senam, lompat tali, dan zumba bisa Anda lakukan di rumah saat social distancing. Berolahraga dilakukan agar tubuh semakin sehat dan bugar, apalagi saat wabah Covid-19 ini. Tubuh yang fit tidak akan mudah terserang penyakit. Jika membutuhkan instruktur, Anda bisa melihat YouTube untuk memandu gerakan-gerakan olahraga yang benar, ya!

6. Bercocok Tanam

social distancing

Bagi Anda yang memiliki lahan terbuka di rumah atau taman kecil, mulailah untuk mencoba aktivitas berkebun. Periode social distancing ini sangat cocok diisi dengan aktivitas seperti bercocok tanam karena selain bisa menghilangkan suntuk setelah seharian berada di dalam rumah. Mulailah aktivitas yang satu ini dengan menyapu daun kering, memotong bagian tanaman yang layu, memberi pupuk, dan memberikannya air. Atau Anda juga bisa menanam tanaman baru, mungkin?

7. Bersih-bersih Rumah

social distancing

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, salah satu upaya yang harus Anda lakukan adalah membersihkan rumah. Ya, membersihkan kotoran di setiap sudut ruangan sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh dari jahatnya bakteri dan kuman bagi tubuh. Anda dapat memulai aktivitas ini dengan membuka lemari dan singkirkan semua barang yang sudah tidak terpakai, kemudian bersihkan debu dan kotoran di setiap sela-sela perabotan rumah dengan menggunakan cairan disinfektan. Dengan demikian, rumah yang bersih akan terasa lebih nyaman ditinggali.

8. Pengembangan Diri

social distancing

Daripada waktu social distancing Anda terbuang sia-sia, alangkah lebih baik jika Anda memanfaatkannya dengan melakukan aktivitas pengembangan diri. Mengembangkan kemampuan diri atau skill tentu saja dapat memberikan nilai plus untuk karir dan kehidupan Anda. Aktivitas pengembangan diri ini dapat berupa belajar bahasa baru, mendalami hobi, belajar menggambar, menjahit, memperdalam ilmu digital marketing, dan lain sebagainya. Berbagai referensinya di internet bisa Anda peroleh dengan mudah di internet. Jadi, nggak ada alasan buat malas-malasan, ya!

9. Self-Journaling

social distancing

Ada yang pernah mendengar self-journaling? Ya, self-journaling merupakan bentuk ekspresi diri melalui tulisan. Dengan metode ini Anda dapat menuliskan apa saja yang ada di dalam pikiran Anda entah itu berupa goals yang ingin dicapai, evaluasi diri, maupun berupa bullet journal untuk mencatat kejadian penting di hari itu. Selain membebaskan Anda dari belenggu pikiran, self-journaling ternyata punya manfaat lain yakni untuk mengasah sisi kreativitas Anda. Bagaimana tidak, untuk membuat sebuah journal yang menarik, Anda tentu saja membutuhkan peralatan tulis yang menarik pulpen warna-warni, stiker, maupun foto. Bagaimana? Tertarik mencoba membuat aktivitas menarik ini?

10. Perawatan Diri

social distancing

Hal lain yang bisa Anda lakukan selama social distancing adalah merawat diri.Aktivitas ini bisa berupa creambath rambut, scrubbing tubuh, menggunakan masker wajah, berendam dengan bath bom, hingga memotong kuku. Jika biasanya Anda harus menunggu akhir pekan untuk melakukan skincare routines tersebut, saat social distancing ini Anda bisa melakukannya setiap hari.

Baca juga: Perusahaan Wajib Siapkan Hal-hal Ini Untuk Cegah Penyebaran Corona

Ternyata ada banyak sekali aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakukan saat social distancing, ya! Dengan aktivitas yang seru dan bermanfaat ini periode #dirumahaja tidak akan terasa bosan. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti sayur mayur, buah-buahan, serta sering-sering mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara berkala. Oiya, tentu saja lakukan aktivitas Anda setelah pekerjaan atau tugas Anda selesai, ya!

To Top