Berita

Tetap Produktif dengan 7 Aplikasi Penunjang Kerja dari Rumah

working from home

Angka kasus positif virus Corona atau Covid-19 kian mengalami peningkatan setiap harinya, termasuk di Indonesia. Hal tersebut memaksa seluruh pemangku kepentingan untuk mengambil langkah preventif dalam menekan laju penyebaran virus tersebut lewat penerapan physical distancing. Kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pun turut digulirkan oleh banyak perusahaan untuk menjaga keamanan dan keselamatan karyawannya.

Nah, bekerja dari rumah mungkin terdengar menyenangkan, namun perlu adanya kesiapsiagaan agar bekerja dapat tetap produktif. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan deretan aplikasi penunjang agar kebutuhan komunikasi, perencanaan pekerjaan, pembuatan laporan kerja, meeting, dan aktivitas pekerjaan lainnya dapat tetap dilaksanakan tanpa hambatan. Yuk langsung saja simak apa saja aplikasinya lewat ulasan di bawah ini!

1. Zoom

aplikasi zoom

Aplikasi satu ini memang tengah menjadi primadona di tengah banyaknya karyawan yang harus bekerja di rumah akibat wabah Covid-19. Penggunaan Zoom banyak digemari karena bukan hanya menawarkan fitur berbagi pesan teks, foto, audio, maupun video, tetapi juga mampu menghadirkan konferensi video dengan kualitas sekelas full HD.

Baca juga: Mengenal Aplikasi Zoom, Aplikasi Meeting Online yang Menjadi Solusi Saat WFH

Menariknya lagi, konferensi video yang Anda adakan bisa dihadiri hingga 50 partisipan (untuk Zoom versi gratis). Selain itu, Anda pun bisa dengan mudah menampilkan layar atau materi yang ada dan membagikannya dengan pengguna yang lain. Dengan begitu, interaksi atau engagement yang terjalin lebih tinggi layaknya meeting secara tatap muka.

2. Whatsapp

working from home

Di tengah banyaknya aplikasi penunjang WFH yang beredar saat ini, nyatanya Whatsapp tetap menjadi aplikasi nomor wahid yang sangat penting untuk Anda miliki. Popularitas dan banyaknya jumlah pengguna yang diraup aplikasi ini bisa dibilang berkat kemudahan dan fitur-fitur instan-nya yang membuat proses komunikasi virtual menjadi kian mudah.

Sebagaimana yang sudah diketahui banyak orang, Whatsapp menyediakan fitur pesan teks, panggilan suara, hingga panggilan video (termasuk video call group). Tak sampai disana, Whatsapp pun bisa digunakan untuk mengirim dan bertukar dokumen/file. Jadi Anda tak usah khawatir lagi untuk bertukar pesan dengan rekan kerja Anda!

3. Skype

working from home

Aplikasi yang sudah malang melintang selama belasan tahun ini memang sudah berhasil mencuri hati jutaan orang. Apalagi, saat ini Skype sudah meluncurkan fitur Skype for Business untuk menunjang kebutuhan komunikasi dalam aktivitas bisnis, seperti berbagi pesan singkat dan dokumen, panggilan audio, hingga konferensi video yang dapat diikuti hingga 250 partisipan.

4. Trello

working from home

Bagi para pekerja lepas, aplikasi satu ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Pasalnya, banyak orang yang menggunakan aplikasi satu ini untuk mengatur tim, membuat rencana pekerjaan, dan bekerjasama dalam menyelesaikan proyek bersama. Tak hanya para pekerja lepas, kini Trello pun sudah banyak digunakan oleh para karyawan di berbagai perusahaan untuk berkolaborasi.

Penggunaan aplikasi Trello terbilang sangat mudah, karena Anda bisa bersama-sama menyusun rencana kerja, menyelesaikan pekerjaan, serta memonitor progress pekerjaan dari masing-masing anggota tim. Fitur-fiturnya terdiri dari Board, List, dan juga Card. Baik melalui smartphone maupun komputer, Anda bisa mengakses aplikasi satu ini dengan mudah.

5. Slackworking from home

Slack hadir dengan menyuguhkan beragam fitur yang aduhai untuk mendukung aktivitas bekerja dari rumah Anda. Bagaimana tidak, selain bisa berkomunikasi lewat pesan teks, audio, dan video, Anda bisa berbagi pekerjaan dan dokumen dengan mudah dengan rekan kerja karena Slack bisa terintegrasi langsung dengan Google Docs, Google Drive, dan lain sebagainya.

Fitur kanal komunikasi yang sudah dibenamkan dalam aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk membuat proses komunikasi bersama rekan kerja menjadi kian mudah dan efektif. Tak perlu khawatir jika harus bekerja dengan orang-orang di luar dari tim Anda, karena ada fitur shared channels dan guest accounts yang membuat Anda bisa tetap berkolaborasi dengan efisien.

6. Google Drive

working from home

Layanan penyimpanan berbasis cloud besutan Google ini memang menjadi platform penting bagi banyak orang untuk menyimpan dokumen penting mereka, termasuk file-file yang berukuran besar. Selain menyimpan dokumen, Anda bisa saling berbagi dokumen bersama, baik itu berbentuk foto, audio, worksheet, slides, dan jenis file lainnya. Yang paling penting, layanan ini bisa Anda akses secara gratis!

7. Google Hangout Meet

working from home

Aplikasi yang terakhir yang harus Anda siapkan untuk menunjang aktivitas bekerja dari rumah Anda adalah Google Hangouts Meet. Aplikasi ini merupakan transformasi dari Google Hangouts yang dikemas secara spesial dengan menawarkan beberapa fitur tambahan yang ciamik untuk menunjang keperluan bisnis, seperti video conferencing dengan daya tampung hingga 250 orang serta fitur live stream dengan total penonton hingga 100 ribu orang. Selain itu, aplikasi ini terhubung langsung dengan G-Suite lho!

Baca juga: 10 Online Marketing Tools yang Dibutuhkan untuk Membangun Bisnis

Nah, itulah 7 aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menunjang aktivitas Work From Home (WFH) di tengah merebaknya wabah virus Covid-19 ini. Kini tak ada lagi alasan untuk tidak produktif saat Anda bekerja di rumah, aplikasi-aplikasi di atas bisa membuat Anda tetap produktif layaknya bekerja di kantor. Tetap semangat ya!

To Top