Insight

Yuk Kenali Tape Dispenser Untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

Yuk Kenali Tape Dispenser Untuk Mempermudah Pekerjaan Anda

Penggunaan isolasi, lakban, atau selotip sudah menjadi kebutuhan siapa saja. Baik untuk packing barang atau keperluan yang lain. Ada kalanya kita kesusahan mencari ujung dari selotip atau lakban yang akan kita gunakan. Kini Anda tidak perlu lagi khawatir akan hal tersebut, karena tape dispenser akan mempermudah Anda dalam pemotongan dan penggunaan selotip.

Pada kesempatan kali ini, tim Indotrading News akan membahas mengenai pengertian tape dispenser, fungsi dan kegunaannya, jenis-jenisnya serta tips memilih benda tersebut. Namun sebelumnya, jika Anda memerlukan tape dispenser, Anda juga bisa menemukannya di Indotrading.

Baca Juga: Rekomendasi dan Harga Lem Wallpaper Dinding Terbaru 2021

Pengertian dan Fungsi dari Tape Dispenser

Tape dispenser atau juga disebut dengan istilah tape cutter merupakan alat yang dapat menyimpan dan menahan rol selotip/lakban. Alat ini juga dikenal dengan wadah selotip atau alat pemotong lakban. Adapun yang menciptakan alat ini adalah Mr. John Borden, pada tahun 1932. Ia menciptakan tape dispenser ini dengan mekanisme pemotong selotip yang dapat menahan ujung selotip sampai nantinya mudah digunakan.

Fungsi dari tape dispenser adalah untuk memudahkan penggunaan selotip/lakban, dan mencari ujung lakban. Selain itu, benda ini juga bisa menjaga agar selotip/lakban tidak terlilit atau saling tertempel satu sama lain. Adapun kelebihan-kelebihan dari tape dispenser ini adalah:

1. Praktis

Tape cutter menjadi alat potong yang praktis penggunaannya dan memudahkan dalam mengemas barang. Alat ini juga tersedia dari berbagai jenis dan ukuran yang sesuai kebutuhan Anda.

2. Efisien dan Hemat Waktu

Dengan adanga tape dispenser ini, akan membuat kegiatan packing atau menempelkan lakban menjadi lebih cepat dan efisien. Tentunya, akan lebih hemat waktu dan tenaga juga.

3. Pemotongan Selotip/Lakban Lebih Mudah

Mata pisau yang tajam pada tape cutter serta alas karet yang berperan memotong lakban, juga menjadikan proses pemotongan menjadi lebih mudah, cepat, dan praktis.

4. Unik dan Multifungsi

Tape dispenser tidak hanya digunakan untuk pengemasan saja, tetapi juga dijadikan sebagai bagian dari kebutuhan alat tulis siswa. Sehingga desain dan ragamnya juga unik dan menarik. Ukurannya juga beragam mulai dari yang kecil sampai besar.

Jenis-jenis Tape Dispenser

Untuk memudahkan Anda memotong selotip, kini Anda tidak perlu menggunakan gunting, Anda bisa menggunakan tape dispenser. Berikut ini adalah jenis-jenis tape cutter yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

1. Dispenser Tangan

Jenis yang pertama adalah dispenser tangan. Tape cutter jenis ini adalah yang paling sering digunakan untuk menempelkan isolasi atau lakban pada kertas atau dus. Istilah lain dari tape cutter ini adalah tape gun. Beberapa dari tape gun ini memiliki bentuk yang cukup kecil, sehingga penggunaannya juga akan sangat mudah. Dispenser tangan ini memiliki mekanisme untuk memotong ujung selotip dan membantu menekan selotip dengan merata.

2. Dispenser Meja

Selanjutnya, jenis tape cutter yang lain adalah dispenser meja. Sesuai dengan namanya, tape cutter ini umumnya diletakkan diatas meja. Penggunaan dari dispenser meja sendiri sangat mudah, yaitu hanya dengan menarik lakban sesuai dengan kebutuhan, kemudian menyobeknya dengan pisau yang ada.

Dispenser meja biasanya digunakan di rumah-rumah atau di perkantoran. Adapun design dari dispenser meja juga kini sangat beragam, sehingga bisa menyesuaikan dengan meja Anda. Menariknya, dispenser meja kini juga ada yang dilengkapi dengan perangkat elektronik sehingga bisa memotong selotip dengan Panjang yang sudah ditentukan.

Dispenser dengan perangkat elektronik, berfungsi untuk mencegah terjadinya human error dalam penggunaan dan kebutuhan lakban atau selotp, serta mengurangi sampah yang ada dan juga biaya produksinya.

3. Dispenser otomatis

Jenis dispenser berikutnya adalah dispenser otomatis. Pada dispenser otomatis, operator meletakkan objek yang diselotip ke meja khusus, sehingga secara otomatis mesin akan menyolatip objek atau benda tertentu. Dispenser otomatis ini juga akan mempercepat proses penempelan solatip serta penggunaannya pun dapat dikontrol.

4. Dispenser dengan Aktivator Air

Dispenser lakban dengan aktivator air ini dapat mengukur, menyimpan, mengoleskan air, dan memotong selotip jenis gummed tape (karena perekat yang ada pada selotip ini hanya bisa menempel jika diberikan air). Alat  ini dilengkapi dengan tempat atau wadah penyimpan air dan sikat untuk mengoleskan air ke selotip. Kegunaan dari dispenser jenis ini biasanya untuk pengemasan barang atau pengiriman untuk menutup dus.

Cara Memilih Tape Dispenser

Setelah mengetahui apa itu tape cutter, fungsinya, kelebihannya, serta jenis-jenisnya Anda juga perlu mengetahui tips memilih alat ini. Berikut ini adalah cara memilih tape cutter yang akan membantu Anda dalam memilih tape cutter terbaik untuk kebutuhan Anda:

  • Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda, sesuaikan besar kecilnya.
  • Perhatikan kemudahan dalam mengganti selotip agar penggunaannya menjadi lebih praktis.
  • Pilih juga berdasarkan bentuk mata pisau (bergerigi atau lurus) dan ketajamannya
  • Pilihlah mata pisau yang dapat diganti jika penggunannya untuk jangka panjang. Karena mata pisau pada tape cutter akan menjadi tumpul apabila sering digunakan.
  • Pilih tape cutter yang serasi dengan berbagai ukuran selotip yang ada.

Demikianlah pembahasan mengenai tape dispenser yang lebih mendalam. Di Indotrading, Anda dapat menemukan beragam jenis tape dispenser dengan kualitas dan harga terbaik dari berbagai supplier yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Wajib Ada! Daftar Peralatan dan Perlengkapan Kantor yang Penting

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top