Insight

Simak Keuntungan Usaha Pembuatan Plat Alumunium Terlengkap

pembuatan plat alumunium

Kali ini Tim News Indotrading akan mebahas mengenai keuntungan usaha pembuatan plat alumunium. Sangat cocok untuk Anda yang baru ingin memulai usaha ini.

Anda bisa menemukan plat alumunium dengan harga dan kualitas terbiak dari Supplier terpercaya di sini.

Produk logam yang dibuat dari bahan alumunium berbentuk lembaran disebut dengan plat alumunium. Pembuatan plat alumunium juga bisa untuk apa saja, salah satunya untuk membuat plat motor. Tak heran jika saat ini banyak orang yang membuka usaha pembuatan plat berbahan alumunium.

Plat alumunium memiliki berat yang ringan sehingga mudah dibentuk dan diaplikasikan menjadi berbagai benda. Pemakaian bahan plat ini juga bisa menurunkan biaya produksi dalam membuat suatu barang ataupun konstruksi.

Baca Juga : Garap Bisnis Rental Mobil dengan 5 Macam Keuntungannya

Usaha Pembuatan Plat Alumunium Untuk Plat Nomor Kendaraan

Para pengendara motor atau mobil tentu harus memiliki plat nomor kendaraan, di kendaraan yang mereka kemudikan. Hal itu menjadi salah satu kewajiban dalam melengkapi persyaratan ketika sedang berkendara, baik motor ataupun mobil.

Semakin banyaknya orang yang mengemudikan kendaraan bermotor, maka semakin banyak juga orang-orang yang membuka usaha pembuatan plat nomor kendaraan. 

Banyak para pelanggan yang memesan plat nomor kendaraan, yang ukurannya tidak sama dengan ukuran standar sesuai ketetapan pemerintah. Untuk ukuran standar nomor kendaraan pada motor yaitu 10×25 cm sedangkan ukuran standar untuk kendaraan mobil yaitu 40×13,5 cm.

Variasi pembuatan plat nomor kendaraan ini juga semakin beragam, baik dalam hal bentuk ataupun modelnya. Biasanya model akan disesuaikan dengan jenis kendaraannya supaya tampilannya lebih modis. 

Selain plat alumunium, bahan yang dipakai untuk membuat plat nomor kendaraan ini adalah akrilik. Target usaha dari pembuatan plat berbahan alumunium ini, yaitu para pengendara mobil atau motor. 

Misalnya plat nomor kendaraan asli milik para pemilik kendaraan itu hilang atau rusak, maka mereka bisa membuatnya di tempat pembuatan plat nomor kendaraan tersebut. Banyak juga konsumen yang memesan pembuatan plat motor/mobil tersebut, hanya untuk variasi saja dan keinginan sendiri.

Biasanya, anak-anak muda yang memesan khusus plat nomor kendaraan supaya sesuai dengan keinginan mereka.

Baca Juga : Cara Mudah Tekuk Plat Besi dan Alumunium yang Aman

Proses Pembuatan Plat Nomor Kendaraan

Proses pembuatan plat nomor kendaraan ini sebenarnya cukup sederhana saja. Awalnya, siapkan dulu cetakan yang berupa huruf dan angka yang nantinya akan diaplikasikan pada plat tersebut. Pilih ragam model dan variasi yang diinginkan.

Setelah itu konsumen juga bisa memilih ukuran, model tulisan, hingga jenis bahan yang seperti apa yang mereka inginkan. Sesuaikan juga dengan bahan, model, dan ukuran yang telah ditetapkan, kemudian potong bahan alumuniumnya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Lakukan proses pencetakan plat nomor dengan cara meletakkan cetakan pada bagian bawah lembar alumunium kemudian pukul pakai palu. Bagian permukaan pada palu tersebut akan dilapisi dengan jenis bahan yang empuk, supaya tidak merusak bahannya.

Namun nantinya hanya akan menimbulkan tekanan, yang menghasilkan relief/kontur yang berupa angka ataupun huruf. Hal itu dilakukan hingga seluruh tulisan yang ingin dicetak, bisa dilihat dengan lebih jelas.

Proses terakhir dalam pembuatan plat nomor ini yaitu pengecatan, dengan warna cat yang disesuaikan dengan kondisi dari kendaraan tersebut. Bisa berupa kendaraan pribadi, instansi pemerintahan, atau kendaraan umum.

Warna plat nomor kendaraan yang berlaku di Indonesia diantaranya yaitu:

  • Kendaraan bermotor yang bukan umum dengan kendaraan bermotor sewa, warna plat nomor kendaraannya di bagian dasarnya hitam dan tulisannya putih.
  • Kendaraan bermotor yang termasuk kendaraan umum, warna dasar pada plat nomor kendaraannya adalah kuning dan tulisannya hitam.
  • Kendaraan bermotor yang merupakan milik instansi pemerintah, warna dasar plat nomor kendaraannya merah dengan tulisan berwarna putih.
  • Kendaraan bermotor Corps Diplomatik Negara Asing, memiliki warna dasar plat normor putih dengan warna tulisan berwarna hitam.
  • Kendaraan bermotor pada Staf Operasional Corps Diplomatik Negara Asing, warna dasar pada plat nomor kendaraannya adalah hitam dengan tulisan berwarna putih. Terdiri atas lima angka dengan kode angka negara, yang dicetak memakai huruf kecil dan sub format bagian.
  • Kendaraan bermotor untuk transportasi dealer yang merupakan pengiriman dari perakitan menuju dealer, atau dari dealer menuju dealer memiliki plat nomor kendaraan berwarna dasar putih dengan tulisan merah.

Untuk plat nomor kendaraan yang dibuat dari bahan akrik, akan disablonase terlebih dahulu di bagian bahan akrilik tersebut. Kemudian dilapisi dengan alumunium atau bahan akrilik tersebut hanya dipakai untuk melapisi bahan alumunium yang sudah dicetak tadi saja.

Tujuan dari dibuatnya kombinasi tersebut adalah untuk membuat plat nomor kendaraan Anda menjadi lebih cantik, pada saat dicetak. Apabila plat kendaraannya sudah terbentuk utuh maka lakukan pelubangan, dalam pemasangan sekrup yang ada di bagian kendaraan tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Pembuatan Plat Alumunium

Dalam menjalankan usaha ini tentu ada kekurangan dan kelebihannya, apa saja kekurangan dan kelebihan tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Kelebihan

Sebuah bisnis jasa biasanya tidak memerlukan modal yang terlalu besar, sama halnya dengan usaha pembuatan plat motor dari bahan alumunium. Ditambah lagi, jenis usaha ini juga tidak membutuhkan lokasi yang harus strategis.

Maka hal itu akan sangat meminimalisir biaya ketika Anda memulai bisnis tersebut, karena tak harus menyewa tempat yang strategis. Pasar dari usaha pembuatan plat kendaraan ini juga sudah meluas, karena tak terlalu banyak orang yang menjalankan usaha tersebut.

Kekurangan

Sayangnya produk plat kendaraan ini bukan kebutuhan pokok, yang akan dibeli oleh banyak orang secara terus menerus. Maka jumlah permintaannya pun tidak akan sebanyak permintaan untuk kebutuhan pokok.

Untuk membuat usaha ini menjadi lebih menguntungkan, maka dari itu Anda harus bekerja dengan lebih inovatif dan kreatif dengan menyediakan model-model plat nomor yang beragam.

Contohnya saja, dengan menambahkan nama konsumen yang memesan plat di tempat Anda supaya tampak lebih unik.

Proses Pemasaran dan Kunci Sukses dalam Menjalankan Usaha Pembuatan Plat

Pemasaran dalam menjalankan usaha pembuatan plat ini bisa dilakukan dengan mudah, misalnya dari mulut ke mulut saja. Berilah konsumen Anda service yang memuaskan, sehingga ia akan merekomendasikan Anda pada orang-orang terdekatnya yang lain.

Bisa juga dengan membuat brosur/pamflet kemudian dibagikan ke masyarakat sekitar. Dalam menjalankan usaha/bisnis plat alumunium ini memang dibutuhkan keahlian dan keterampilan dalam membuat plat tersebut.

Maka tingkatkan keterampilan dan keahlian Anda dalam membuat plat kendaraan berbahan alumunium tersebut. 

Walaupun tak harus menggunakan lokasi yang strategis dalam membuka usaha jasa, tetapi ada baiknya Anda membuka usaha ini di lokasi yang ramai dilewati oleh kendaraan bermotor baik motor maupun mobil. 

Supaya tempat usaha mudah dilihat oleh mereka dan mereka bisa memanfaatkan hal itu dalam memberi kemudahan pada konsumen.

Baca juga : 10 Taktik Pemasaran Tepat Sasaran yang Tak Menghabiskan Banyak Uang

Bagi Anda yang ingin mulai berbisnis pembuatan plat alumunium, maka Anda bisa memberli bahan plat alumuniumnya secara online saja di Indotrading. Indotrading merupakan marketplace terbesar dari di Indonesia dalam bidang bisnis direktori.

Berbagai peralatan atau perkakas dalam bidang industri, lampu dan aksesoris, alat pelindung diri, bahan-bahan kimia, dan lain sebagainya bisa Anda beli di sana. Harganya terjangkau dan barangnya pun lengkap.

IndoTrading.com adalah Direktori Supplier No 1 Terbesar di Indonesia.

B2B Marketplace, B2B E-commerce, B2B, Pusat Distributor, Trading, Supplier, Agen, Grosir, Importir, Exportir dan Penyedia Jasa terlengkap di Indonesia.

© 2021 Indotrading.com. All Right Reserved.

To Top