Digital Marketing

10 Taktik Pemasaran Tepat Sasaran yang Tak Menghabiskan Banyak Uang

Banyak orang yang telah menghabiskan banyak uang untuk melakukan pemasaran, meskipun hasil yang didapat belum tentu sebanding dengan banyaknya uang yang dikeluarkan. Lalu, bagaimana cara pemasaran yang maksimal tanpa menghamburkan banyak uang?

Biaya pemasaran adalah salah satu pengeluaran yang tak terelakkan dalam sebuah bisnis. Tak jarang, seseorang menghabiskan banyak uang demi biaya pemasaran, misalnya untuk kebutuhan iklan di berbagai media online, majalah, surat kabar, radio, dan televisi. Meski demikian, beberapa teknik pemasaran bisa menjadi alternatif pilihan agar mampu mengelola budget pemasaran yang minim, khususnya pemasaran di media digital melalui growth hacking. Selain growth hacking, ada beberapa metode pemasaran lain yang tidak menghabiskan banyak uang seperti berikut ini:

  1. Dapatkan Link dari Layanan Provider Anda

link dari provider

Agar bisa memiliki ranking yang bagus di Google, website Anda harus memiliki backlink yang berkualitas tinggi. Pertanyaannya ialah bagaimana untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi?

Masih jarang sekali perusahaan start-up yang berpikir untuk bekerja sama dengan provider untuk mendapatkan backlink. Jika membangun kerja sama dengan layanan provider, Anda akan mendapatkan bahan link potensial yang belum dimanfaatkan. Dengan mendapatkan rekomendasi dari perusahaan layanan provider yang telah memiliki otoritas, website Anda pun akan semakin banyak dikenal orang.

Hubungan yang saling menguntungkan ini sebaiknya diaplikasikan sesegera mungkin. Jangkaulah perusahaan tersebut dan tanyakan apakah mereka bersedia memberikan link kepada website Anda. Jika bersedia, sudah dipastikan Anda akan mendapatkan backlink dari sebuah perusahaan yang memiliki otoritas yang bagus.

Baca juga: 6 Rahasia Melakukan Promosi Email Marketing yang Efektif

 

  1. Jadilah Seorang Host Webinar

host webinar

Webinar gratis akan memberikan kesempatan besar kepada Anda dan perusahaan untuk memperkenalkan brand dan produk yang dijual kepada khalayak yang lebih luas. KISSmetrics telah menjadi host dari webinars secara reguler dalam jangka waktu yang panjang. Secara mengejutkan, hasil dari webinar ini sungguh luar biasa. Meski demikian, menyelenggarakan webinar membutuhkan waktu dan persiapan yang matang, terutama bagi mereka yang belum pernah melaksanakannya.

 

  1. Jalinlah Kerja Sama Win-Win Solution

win-win solution

Metode ini memberikan keleluasaan bagi perusahaan untuk bisa saling berinteraksi dan bertukar promosi dengan rekanan bisnis secara bebas. Usahakan untuk mendapatkan rekanan bisnis yang pangsa pasarnya masih berhubungan dengan perusahaan Anda, namun bukan perusahaan kompetitor.

Jika memiliki perusahaan startup di perlengkapan olahraga misalnya, Anda saling bertukar promosi dengan perusahaan start-up di bidang pakaian laki-laki. Dengan adanya kerja sama tersebut, perusahaan start-up Anda akan lebih mudah menjangkau pasar yang lebih luas. Terlebih lagi, brand perusahaan Anda akan lebih dikenal di masyarakat.

Lagipula, kerja sama seperti ini merupakan kerja sama win-win solution karena kedua perusahaan yang saling berinteraksi tersebut tidak memiliki beban dan ketakutan karena takut kalah bersaing.

Baca juga: 4 Taktik Menjual Produk Mahal yang Membawa Keuntungan Maksimal

 

  1. Jadilah Seorang Komentator Blog

komentator blog

Agar produk milik Anda lebih dikenal banyak orang, menjadi komentator blog bisa dijadikan pilihan. Namun, terlebih dahulu pastikan bahwa blog yang dituju sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual.

Jangan pernah memberikan komentar yang tidak sesuai dengan konteks atau hanya mengisi kolom komentar dengan promosi saja. Hal ini merupakan kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para online marketer yang hanya ingin mengincar keuntungan tanpa membangun keterlibatan sosial di dunia digital. Jadi, pastikan komentar Anda berkualitas.

 

  1. Gunakanlah Aplikasi Help a Reporter Out

help a reporter out

Terkadang, Anda akan menemukan informasi berita yang bernilai dalam niche market. Unduhlah aplikasi layanan gratis seperti Help a Reporter Out (HARO) yang memungkinkan reporter untuk menemukan cerita-cerita menarik dalam berbagai bidang. Jika kamu memiliki cerita yang pantas dibagikan, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mendapatkan publikasi melalui reporter.

 

  1. Bangun Networking di Dunia Nyata

networking dunia nyata

Jangan pernah mengabaikan kesempatan untuk membangun networking secara perorangan. Anda perlu memahami bahwa tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk berselancar di dunia maya. Selain itu, tak semua orang gemar berkomunikasi terlalu sering di dunia maya.

Oleh karenanya, gunakanlah kesempatan untuk membangun jaringan secara perorangan di luar dunia maya. Setiap orang yang Anda temui tidak menutup kemungkinan akan menjadi klien atau rekan bisnis nantinya. Anda bisa saja menemukan mereka di café, restaurant, jalan, atau tempat umum lainnya.

 

  1. Adakan Sebuah Kontes

kontes menulis artikel

Jika ingin melibatkan banyak orang, teknik ini sangat tepat Anda gunakan. Anda bisa mengadakan perlombaan seperti penulisan artikel untuk website Anda. Jangan lupa sediakan hadiah bagi pemenang pertama hingga ketiga. Semakin hadiahnya menarik, kecenderungan untuk mengikuti kompetisi ini biasanya akan semakin tinggi pula.

Anda bisa menyebarluaskan berita mengenai kontes ini melalui email blast. Jika ingin menjadi viral, sebaiknya Anda juga menyebarkan info tentang kompetisi ini melalui media sosial.

Baca juga: 5 Cara Agar Konsumen Tertarik Membeli Produk Anda

  1. Sesekali, Jadilah Blogger Tamu

blogger tamu

Ketika mem-posting sebuah artikel ke blog lain, Anda akan mendapatkan audiens dari blog tersebut. Anda bisa menulis sebuah killer article untuk menarik audiens dari blog tuan rumah ke website milik Anda. Dengan menjadi blogger tamu, Anda tidak perlu membayar sejumlah uang kepada pemilik blog karena pemilik blog juga mendapatkan keuntungan karena mendapatkan traffic dari tulisan blogger tamu.

Para digitalentrepreneur di luar negeri banyak sekali yang menerapkan sistem ini untuk memperluas jaringan mereka dan mendapatkan jangkauan audiens yang lebih lebar. Neil Patel merupakan salah satu orang yang sukses dalam menerapkan taktik ini.

  1. Berikan Bantuan Gratis kepada Orang Lain

bantu orang lainMemang betul bahwa perusahaan bukanlah sebuah yayasan amal. Bisnis adalah bisnis. Namun tahukah Anda di era digital seperti sekarang ini beberapa fitur dalam bisnis bisa saja benar-benar gratis?

Beberapa profesional bisnis sama sekali tidak memungut biaya atas apa yang mereka tulis di media digital. Misalnya saja konten marketing yang berupa tips & trik atau how to dalam menjalankan bisnis. Mereka mengetahui bahwa menanamkan brand adalah yang terpenting dalam dunia digital.

 

  1. Berbicaralah dengan Audiens Anda

interaksi dengan followersBerbicaralah dengan audiens atau followers Anda dengan cara me-retweet atau memberikan like pada tweet dan postingan mereka. Banyak orang yang tidak tertarik berhubungan dengan para pebisnis start-up karena mereka cenderung menunjukkan sikap egosentris dengan hanya ingin kontennya di-reteweet, di-like, dan dibaca tanpa memperhatikan orang lain.

Dengan me-retweet atau memberikan like, mereka akan merasa dihargai dan tidak menimbulkan anggapan bahwa Anda hanya membutuhkan mereka saat ada kebutuhan bisnis saja. Selamat mencoba! (leo/editor: erlin)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top