Insight

3 Tips Ampuh Merawat Mesin Giling Daging, Jadi Lebih Awet!

Merawat Mesin Giling Daging, Indotrading News —Mesin Giling atau Grinder Machine merupakan mesin yang digunakan untuk membuat bahan atau benda menjadi bagian-bagian yang kecil atau menjadi lebih halus. Konsep kerjanya dengan  memberi tekanan silinder yang dipasang secara horizontal. Biasanya, pada ujung laras mesin terdapat sistem pemotongan seperti pisau berbentuk bintang yang berputar dengan auger (bor) penggiling. Bahan-bahan yang telah dimasukkan dalam mesin giling akan ditekan dengan bor yang berputar lalu didorong menuju sistem pemotongan dan diekstraksi melalui lubang pada piringan mesin giling.

Mesin giling banyak jenisnya disesuaikan benda atau bahan yang digiling. Misalnya mesin penggiling beras, mesin penggiling jagung, mesin penggiling daging, mesin penggiling kelapa, dan lain sebagainya. Mesin giling daging merupakan salah satu jenis mesin giling yang sangat penting dan banyak digunakan di toko daging, restoran, dan beberapa bisnis kuliner. Dengan memiliki mesin giling daging, maka pebisnis dapat membuat daging segar untuk resep masakan dari usahanya. 

Menghancurkan Daging Dengan Cepat & Efektif

Mesin giling daging atau meat grinder merupakan alat yang digunakan untuk mempermudah pengolahan daging dalam hal menggiling, menghancurkan, dan menghaluskan daging. Dengan adanya mesin giling daging tersebut, maka akan sangat meringankan pekerjaan dan tentu lebih efisien waktu. Jenis mesin giling daging bisa dikelompokkan berdasarkan cara pengoperasiannya. Ada yang dioperasikan secara manual, yaitu di engkol dan yang otomatis menggunakan tenaga listrik. 

Mesin giling daging manual dianggap cukup ideal untuk kebutuhan volume kecil dan terbatas. Cara kerja mesin ini adalah diengkol dengan tangan atau kaki agar menghasilkan putaran. Sedangkan mesin giling otomatis banyak digunakan pada usaha yang memproduksi kebutuhan dengan kapasitas yang tinggi. Namun, tidak jarang pula rumah tangga yang memiliki mesin giling daging otomatis karena dinilai lebih efisien dan hemat tenaga.

Cara Aman Menggunakan Mesin Giling Daging

Sebenarnya, cara menggunakan mesin giling daging sangat sederhana. Pertama Anda hanya perlu menyiapkan bahan yang akan digiling, yaitu daging ayam, daging kambing, atau daging sapi. Selanjutnya, Anda potong daging menjadi beberapa ukuran yang lebih kecil. Nyalakan mesin giling daging dan masukkan daging tersebut ke dalam mesin giling, maka secara otomatis daging akan tergiling. Sediakan wadah di bawah lubang giling daging dan tunggu proses penggilingan selesai.

Namun, dalam praktiknya Anda harus berhati-hati, karena kecerobohan bisa menyebabkan keselamatan Anda terancam. Apalagi untuk mesin giling daging yang menggunakan tenaga listrik. Tidak jarang pada akhirnya pengguna mesin giling tersengat arus listrik. Ada juga yang terluka tangannya karena menyentuh bagian dalam mesin giling ketika mesin sedang beroperasi. Maka dari itu, perlu bagi Anda untuk memperhatikan cara aman menggunakan mesin giling. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk keamanan yaitu:

  • Gunakan sarung atau kaos tangan yang kering.
  • Pilih tempat yang kering dan cukup longgar, serta jauh dari perabotan, khususnya yang berbahan logam.
  • Pastikan kabel steker ke stop kontak longgar dan tidak terlalu kencang.
  • Jangan mendorong daging dengan tangan.
  • Jika mesin macet atau ada bahan yang tersangkut, pastikan mencabut terlebih dahulu steker dari stop kontak sebelum mengambil bahan yang tersangkut tersebut.
  • Segera matikan mesin dan cabut steker dari stop kontak setelah selesai menggunakan.

Perawatan Mesin Giling Daging

Selanjutnya, perlu bagi Anda untuk tahu cara merawat mesin giling daging supaya tetap awet dan bisa digunakan secara optimal. Mesin giling yang terawat juga menjamin keselamatan dan kelancaran saat mengoperasikannya. Berikut ini, beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam perawatan mesin giling daging.

  • Bersihkan mesin secara rutin, khususnya setelah digunakan dengan cara menyirami air pada mesin.
  • Teteskan air jeruk lemon untuk menghilangkan lemak lemak atau noda yang membandel.
  • Siram air mendidih yang dicampur satu sendok teh soda dan garam pada bagian onderdil mesin yang sudah berubah warna menjadi kecoklatan. 
  • Perhatikan kelembaban pada mesin giling, simpan di tempat yang kering agar tidak mudah berkarat.
  • Sikat perlahan menggunakan sikat berbulu lembut kemudian bilas dengan air atau lap dengan spons/busa. 
  • Keringkan mesin dengan lap yang bersih atau kanebo.
  • Ketika menyimpan mesin giling, tutuplah bagian atasnya dengan kain agar tidak ada kotoran atau debu yang masuk ke dalam mesin.

Ketika menggunakan mesin giling daging, hal penting yang tidak bisa Anda lewatkan adalah membaca panduan tentang penggunaan mesin giling daging. Tindakan ini harus Anda lakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemakaiannya. 

Penggunaan mesin giling saat ini sudah tidak hanya untuk industri kuliner besar saja, melainkan rumah tangga juga sudah banyak yang menggunakannya. Mesin giling daging dinilai sangat efektif dan memberikan kinerja yang bagus untuk menghasilkan olahan daging yang akan dibuat makanan.

Jika Anda tertarik dengan mesin giling daging, Anda bisa mendapatkannya secara langsung dari tangan pertama. Indotrading merupakan platform digital yang bisa menghubungkan Anda dengan para supplier, distributor, produsen, dan reseller berbagai macam mesin dan alat berat. 

Termasuk mesin giling daging dan mesin giling lainnya. Para distributor yang tergabung dalam platform indotrading sudah terverifikasi, sehingga kualitas produk yang ditawarkan tidak perlu dilakukan lagi. Hanya melalui indotrading, Anda akan mendapatkan mesin giling daging berkualitas unggul langsung dari tangan pertama.

To Top