Tips Bisnis

Tertarik Bisnis Skincare? Coba Perhatikan Beberapa Tips Ini

bisnis skincare

Bisnis skincare dan kosmetik bisa dibilang sebagai salah satu peluang usaha yang paling menggiurkan di zaman sekarang ini. Apalagi, bisnis ini mengiming-imingi pelakunya mendapatkan peluang keuntungan yang besar.

Kementerian Perindustrian Indonesia pada tahun 2018 mencatat bahwa pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia naik hingga 15% dibanding tahun sebelumnya. Jumlah ini pun kemudian meningkat menjadi 29 persen pada tahun 2019. Hingga saat ini, jumlah tersebut terus meningkat.

Selain produk skincare yang laris manis, industri perawatan dan kecantikan juga semakin berkembang pesat. Hal ini terbukti dengan semakin menjamurnya klinik kecantikan di beberapa wilayah di Indonesia. Menariknya lagi, peminat bisnis ini bukan hanya orang biasa.

Tips Memulai Bisnis Skincare

Banyak publik figur yang menjajal peruntungannya di bisnis perawatan wajah dan kecantikan. Bahkan, beberapa publik figur telah memiliki brand sendiri untuk skincare dan kosmetik. Lalu apa saja tips yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis skincare?

Buat Konsep Usaha yang Jelas

Sebelum memulai bisnis apa pun, termasuk bisnis skincare, pastikan Anda menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan. Anda bisa membangun bisnis dengan sistem agen, waralaba, atau membangun perusahaan inti. Hal ini tentu berkaitan dengan jumlah modal yang harus dikeluarkan.

Apabila modal yang dimiliki masih kecil, sebaiknya mulailah dengan usaha kosmetik rumahan dan promosikan lewat media sosial. Pada momen atau acara besar tertentu, Anda juga bisa membuka booth atau stand untuk memasarkan produk kosmetik. Kemudian, jika modal yang dimiliki sudah besar, Anda bisa mulai membuka toko berskala besar di tempat yang strategis.

Pasarkan Skincare yang Berkualitas

Telah menjadi rahasia umum, bahwa orang-orang tidak akan ragu lagi merogoh kocek cukup dalam untuk merawat wajahnya. Oleh karena itu, jika Anda tertarik ingin terjun ke bisnis ini, pastikan bahwa skincare yang dipasarkan telah terbukti kualitasnya.

Pilihlah skincare dan kosmetik yang telah memiliki brand yang bagus. Pasalnya, produk yang sudah terkenal pasti sudah aman dan dibuktikan oleh banyak orang.

Miliki Perizinan

Segala jenis usaha pasti akan lebih terasa lebih mudah dan aman apabila sudah memiliki perizinan yang resmi. Dengan membuat perizinan, orang lain akan lebih percaya dengan produk yang kita jual. Di sisi lain, usaha Anda pasti dinilai memiliki kredibilitas yang baik oleh calon pembeli.

Jika Anda tidak memiliki perizinan, maka ditakutkan usaha skincare yang Anda kelola tiba-tiba ditutup oleh pemerintah daerah secara paksa. Jika hal itu sudah terjadi, maka Anda tak dapat menyalahkan pemerintah daerah karena usaha yang dijalankan memang tidak terdaftar di perizinan.

Manfaatkan Media Sosial

Di zaman sekarang ini, hampir semua orang tak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Entah itu twitter, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Hal itu bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produk yang dijualnya.

Apalagi jika Anda masih pebisnis rumahan, media sosial bisa menjadi faktor kunci keberhasilan. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk-produk skincare dan kosmetik.

Ikuti Tren Masyarakat

Apa pun yang dijual saat sedang tren pasti berpeluang mendatangkan keuntungan yang besar. Oleh karena itu, teliti terlebih dahulu tren apa saja yang sedang ada di masyarakat sekarang ini. Jika sudah menemukan tren, lanjutkan dengan memahami kebutuhan pasar. Hal tersebut sebenarnya tak jauh beda dari mengikuti tren sendiri.

Apabila Anda memahami keinginan pasar dengan baik, maka bisnis skincare ini selamanya akan menjadi bisnis menjanjikan. Namun, jangan pernah ketinggalan update terbaru di kalangan masyarakat. Pasalnya, tren kadang-kadang bisa berubah dalam jangka waktu tertentu.

Ketahui Konsumen Produk

Untuk mengetahui siapa calon sasaran konsumen yang tepat untuk produk Anda, maka perlu dilakukan survei. Survei tersebut bertujuan untuk mengetahui demografis, psikografis, dan juga merek skincare lain yang disukai.

Demografis ini meliputi usia, status pernikahan, lokasi, kebiasaan belanja dan juga kondisi keluarganya. Psikografis meliputi gaya hidup, kepribadian, hobi, ketertarikan, dan juga hal yang disukai dan tidak disukai.

Baca juga : Ingin Buka Bisnis Salon? Perhatikan Beberapa Hal Ini

Pengemasan yang Menarik

Selain menawarkan kualitas produk yang bagus, Anda juga harus memberikan pengemasan yang menarik untuk produk yang dijual. Apalagi jika Anda juga memasarkan produk lewat media sosial.

Dengan memanfaatkan media sosial ini, dijamin akan banyak pelanggan yang beli kosmetik di tempat Anda. Terlebih jika Anda berhasil membuat desain pengemasan dan caption yang menarik untuk setiap produk yang di-posting.

Persempit Calon Konsumen

Apabila produk skincare ingin kelihatan lebih menonjol dibanding kompetitor, Anda harus menentukan target calon konsumen yang lebih spesifik. Pasalnya, tidak mungkin sebuah produk dapat memenuhi kebutuhan semua orang. Oleh karenanya, tidak bisa memaksa semua orang suka dengan produk yang Anda jual.

Hati-hati dalam Memilih Produk

Tak dapat di pungkiri bahwa sekarang ini sudah banyak beredar skincare atau kosmetik yang palsu di pasaran. Jika Anda tidak berhati-hati dalam memilih produk, dikhawatirkan akan mendapat produk palsu yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Oleh karena itu, selalu cek produk terlebih dahulu sebelum melaksanakan transaksi. Apabila Anda ragu dengan produk tersebut, maka sebaiknya jangan jual dan pakai produk tersebut.

Buatlah Website

Untuk meningkatkan penjualan, agaknya penggunaan website dibilang cukup berpengaruh. Oleh karena itu, jika ingin bisnis Anda terus berkembang, maka buatlah website yang nyaman dipandang, mudah diakses dan tidak berlebihan.

Pastikan juga bahwa website yang dibuat pas untuk dilihat melalui komputer maupun ponsel pintar. Dengan demikian, website bisa dijadikan media promosi sekaligus sebagai online shop dari produk yang Anda pasarkan.

Pilihlah Rekan Kerja yang Sesuai dengan Visi

Saat ingin memulai bisnis skincare atau kosmetik, tentunya Anda harus menggandeng sejumlah laboratorium yang dapat membantu menciptakan produk skincare. Memilih laboratorium yang tepat adalah sesuatu yang sangat penting.

Oleh karena itu, pastikan bahwa laboratorium tersebut sesuai dengan visi Anda. Yang mana Anda harus memastikan laboratorium tersebut mampu menciptakan formula skincare yang khas dan tidak ada efek samping.

Lakukan Pemasaran Secara Maksimal

Sebagus apa pun produk skincare yang dijual, jika tidak diimbangi dengan kemampuan pemasaran yang baik tentu tidak akan pernah menguntungkan. Oleh karena itu, Anda harus rutin mengunggah foto di media sosial dan memasarkan produk merupakan kunci dari keberhasilan suatu bisnis.

Kolaborasi Bersama Influencer

Dewasa ini, banyak orang yang lebih percaya dengan influencer daripada saran dari teman atau orang terdekat. Oleh karena itu, jika usaha skincare Anda sudah mulai berkembang, tak ada salahnya jika Anda membayar influencer yang sudah terkenal untuk mempromosikan produk Anda. Testimoni dari influencer tentunya akan menjadi modal agar banyak konsumen yang tertarik dengan produk Anda.

Itu dia beberapa tips memulai bisnis skincare untuk pemula yang bisa Anda terapkan. Selain untuk bisnis skincare, tips tersebut juga bisa diterapkan pada bisnis salon maupun bisnis alat kesehatan. Jadi, bagi Anda yang ingin sukses membangun usaha skincare atau kecantikan lainnya, tak ada salahnya menerapkan 13 tips di atas!

Untuk Anda yang bingung dimana membeli peralatan kosmetik dengan beragam pilihan, Indotrading bisa jadi solusi. Indotrading hadir memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin memulai bisnis kosmetik dengan modal yang kecil.

Selain menyediakan produk yang berkualitas, Indotrading menyediakan banyak produk dengan harga terjangkau. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Nah, untuk informasi lebih lanjut tentang Indotrading bisa langsung mengunjungi official website kami Semoga bermanfaat!

To Top