Bisnis

Teknik SEO Diterapkan pada Instagram, Apa Benar Bisa?

menerapkan teknik seo pada Instagram

Sudahkah Anda tahu jika Instagram, salah satu platform media sosial yang paling ramai digunakan ternyata bisa diterapkan teknik SEO guna meningkatkan jumlah visitor atau traffic? Nyatanya, saat ini masih banyak para pemain bisnis online di Instagram yang hanya memanfaatkan fasilitas seperti ads (iklan) atau endorsement untuk menambah jumlah followers akun mereka. Nah, buat Anda yang ingin tahu trik mudah dalam menerapkan optimasi SEO pada Instagram, simak langsung ulasan lengkapnya berikut ini!

Mengenal terlebih dulu, apa itu SEO?

SEO merupakan sebuah singkatan dari Search Engine Optimization, yakni sebuah proses yang dilakukan dengan tujuan menambahkan traffic atau kunjungan melalui mesin pencari seperti Google, untuk mengunjungi halaman website tertentu. Ringkasnya, dengan menerapkan optimasi SEO pada situs Anda, maka hal ini bisa berpotensi menambah jumlah kunjungan. 

Lalu, apa hubungannya dengan Instagram dalam upaya teknik SEO ini?

Jawabannya adalah sama, dimana menggunakan teknik SEO pada Instagram juga berfungsi untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau followers pada akun Anda. Dari pada harus membuang-buang biaya untuk promosi iklan, endorsement atau membeli followers yang umumnya bersifat sementara, teknik SEO ini justru bisa menjadi jurus jitu untuk memperoleh traffic organik. Inilah beberapa langkahnya:

  • Mengubah Username Instagram

Persis seperti website, Instagram juga mempunyai URL atau alamat agar pengunjung bisa menuju ke halaman akun Anda. Apabila website memiliki domain yang menjadi alamat khusus untuk membedakan  dari website lain yang sejenis, di Instagram username pun bisa berperan sebagai alamat domain Anda. Selain sifatnya yang unik dan tidak bisa disamakan, username di sini memiliki peran penting untuk Anda pertimbangkan matang-matang agar teknik SEO bisa diterapkan. Misalnya Anda ingin menjual produk elektronik, maka gunakan username dengan kata kunci elektronik untuk memudahkan proses pencarian.

Baca juga: Memahami Pentingnya SEO dalam Sebuah Bisnis

  • Memilih nama Instagram

Seandainya Anda sudah terlanjur mempunyai akun Instagram dengan jumlah followers yang cukup oke dan tidak ingin ambil pusing untuk membuat akun baru, jangan putus asa. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan yaitu mengoptimasi SEO melalui nama Instagram. Di sini Anda bisa memanfaatkan untuk mengisinya berdasarkan nama pribadi, produk, organisasi atau brand bisnis yang Anda miliki. Misalnya jika Anda menjual produk kosmetik, maka Anda bisa menaruh kata kunci seperti “100% Kosmetik Original” atau “Jual Kosmetik Korea” dan sebagainya. Hanya saja, di sini Anda hanya memiliki batas 30 karakter sehingga perlu untuk menyeleksi nama yang tepat dan sesuai dengan target kata kunci Anda. 

  • Memanfaatkan hashtag

Strategi satu ini merupakan cara yang tidak boleh dilewatkan. Keberadaan hashtag sangat membantu untuk menemukan produk, bisnis atau brand Anda. Tagar # ini bisa menjadi salah satu teknik SEO untuk meraih pengunjung dan like ke Instagram Anda. Manfaatkan pula berbagai tools yang tersedia di internet untuk menjadi alat analisa Anda dalam menentukan hashtag yang tepat. 

  • Memaksimalkan deskripsi atau caption Instagram

Tidak sedikit pengguna Instagram yang meremehkan fungsi dari penulisan caption atau deskripsi foto. Padahal dengan memaksimalkan tulisan deskripsi, siapa sangka jika akun Anda bisa ter-index di mesin pencari seperti Google. Maka itu, maksimalkan penulisan caption atau deskripsi Anda dengan isi yang rinci dan berkualitas. 

  • Konten adalah segalanya

Seperti yang kita tahu, jika setiap pengguna atau user memiliki karakteristik yang berbeda dan berubah-ubah. Mereka bukanlah robot yang bisa kita tebak kapan saja. Hal ini seringkali membuat kita teralihkan dengan hanya memikirkan teknik SEO tanpa menimbang apakah konten yang diberikan sudah berkualitas atau belum. Karena jika kita terlalu mengabaikan, kondisi ini bisa menjadi bumerang pada brand media sosial atau website Anda. 

Baca juga: Tips Menerapkan Keyword Density alam Artikel SEO

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top