Insight

Simak Cara Menggunakan Bearing Heater yang Aman untuk Mesin Anda!

Merupakan salah satu alat pemanas alternatif yang biasa digunakan untuk beragam perawatan mesin mekanik, bearing heater banyak dibutuhkan di berbagai industri. Namun sayangnya masih banyak kesalahan pada teknik penggunaan alat induksi pemanas ini. Hal tersebut kemudian berpengaruh langsung pada hasil pemanasan di area fokus peleburan bearing. Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai cara menggunakan bearing heater yang benar dan aman.

Anda juga dapat menemukan berbagai jenis bearing heater dengan kualitas dan harga terbaik dari Supplier terpercaya di Indotrading!

Baca Juga : 6 Jenis Bearing yang Wajib Diketahui Pecinta Otomotif!

Apa Itu Bearing Heater?

Bearing heater merupakan salah satu jenis alat pemanas alternatif yang banyak digunakan di berbagai Industri. Biasanya alat yang satu ini digunakan untuk keperluan pemanas tambahan untuk memuai bagian rumah bearing. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses pemasangan komponen bearing lainnya.

Bearing heater memiliki bentuk seperti mesin pemanas portable. mesin tersebut akan mengeluarkan sumber api alternatif dengan kekuatan suhu panas tinggi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhah. Panas tersebutlah yang digunakan untuk memuai rumah bearing sehingga perawatan mesin mekanik melalui rumah bearing bisa dilakukan.

Metode Pemasangan Bearing

Sebelum lanjut ke pembahasan cara menggunakan bearing heater yang Aman, ada baiknya Anda tahu terlebih dahulu metode pemasangan bearing. Sebab, selain menggunakan bearing heater pada metode thermal, ada beberapa metode lainnya yang juga banyak digunakan dalam proses perawatan bearing.

Diantara metode pemanasan bearing tersebut adalah sebagai berikut :

1. Metode Mekanik

Metode pertama dalam pemasangan bearing yang juga banyak dikenal adalah dengan menggunakan metode mekanik. Pada metode ini, pemasangan bearing dilakukan dengan cara pemasangan manual yang dibantu dengan berbagai alat mekanik seperti alat perkakas palu, drill, ataupun dengan alat mekanikal lainnya seperti mekanikal puller, mekanikal exctrator, dan treker.

2. Metode Hidrolik

Selanjutnya, metode lain yang bisa digunakan pada proses pemasangan bearing dalam perawatannya adalah metode hidrolik. Metode hidrolik ini merupakan metode yang dilakukan menggunakan alat – alat hidrolik seperti hydraulic press, ataupun hydraulic puller.

3. Metode Thermal

Selanjutnya yang paling banyak diminati yakni metode thermal atau dengan melakukan pemanasan. Metode ini banyak digunakan sebab dirasa lebih mudah dan cepat dibandingkan metode lainnya.

Ditambah dengan tingkat kegagalan dan kerusakan pada saat pemanasan bearing yang rendah semakin membuat metode pemanasan ini menjadi metode favorit.

Metode ini dilakukan dengan cara memanaskan langsung area bearing yang ingin dilebur dengan menggunakan berbagai alat pemanas seperti bearing heater, elektromagnetik dan sebagainya. Sehingga hasil yang didapatkan juga lebih tepat sasaran.

Baca Juga : Kenali Komponen Gearbox Motor dan Cara Merawatnya

Cara Menggunakan Bearing Heater yang Aman

 

Penggunaan alat pemanas induksi atau pemanas alternatif, bearing heater merupakan salah satu metode pemanasan bearing heater yang banyak dipilih dan digunakan dibandingkan metode pemanasan bearing lainnya.

Sebab, metode pemanasan ini langsung diaplikasikan dan difokuskan pada bagian yang ingin dipanasakan saja. Dengan begitu, metode bearing heater banyak diyakini lebih cepat dan mudah dilakukan dengan hasil yang lebih tepat sasaran.

Meskipun terlihat sederhana, tetap penggunaan bearing heater juga perlu memperhatikan beberapa pertimbangan. Tujuannya agar pemanasan yang dilakukan bearing heater lebih tepat sasaran, dan tidak merubah bentuk sekitar rumah bearing lainnya.

Lebih lengkap lagi berikut cara menggunakan bearing heater yang aman :

1. Bersihkan Bearing

Hal pertama yang Anda lakukan adalah membersihkan rumah bearing. Dalam proses pertama ini, Anda perlu memfokuskan pembersihan lebih pada area rumah bearing atau area bearing yang ingin dileburkan.

Tujuannya adalah untuk memastikan area yang ingin dileburkan bebas dari serpihan debu atau sisa proses mekanik lainnya. Sebab hal ini dapat memudahkan proses pemanasan pada fokus bagian yang ingin dileburkan.

Bersihkanlah bagian – bagian seperti area tonjolan yang ada pada rumah bearing, serpihan besi atau metal pada rumah bearing, karat yang ada pada rumah  bearing dan sejenis nya. Setelah dibersihkan, Anda bisa menambahkan sedikit minyak pelumas atau oli untuk lebih memudahkan proses pemanasan induksi.

2.Merendam Bearing dengan Oli Panas

Setelah bearing dibersihkan, Anda bisa lanjutkan dengan memanaskan terlebih dahulu bearing yang ingin dipanaskan  menggunakan oli panas. Dengan begitu, proses pemanasan menggunakan bearing heater akan lebih mudah dan lebih cepat.

Dalam proses perendaman bearing di oli panas ini, pastikan Anda menggunakan oli panas yang baru, bukan oli bekas. Anda juga perlu menggantungkan bearing dengan menggunakan kaitan sehingga bearing  tidak langsung bersentuhan dengan elemen pemanas lainnya dari rendaman oli panas tersebut.

3. Sesuaikan Suhu Bearing Heater

Tahap selanjutnya adalah menggunakan bearing heater langsung pada fokus area yang ingin dileburkan. Namun sebelum itu, Anda harus menyesuaikan terlebih dahulu suhu panas yang dikeluarkan bearing heater untuk proses peleburan.

Pastikan bahwa bearing heater atau alat induksi panas Anda tidak mengeluarkan suhu panas lebih dari 120 derajat celcius.  Sebab, hal tersebut dapat melebur bearing heater secara berlebihan.

Anda bisa sesuaikan suhu panas yang akan dikeluarkan bearing heater Anda dengan tingkat kebutuhan panas bearing heater yang ingin Anda lebur. Juga dalam proses pemanasan langsung bearing heater pada fokus area bearing, diamkan sejenak proses pemanasan pada titik tersebut untuk menghindari adanya celah pada bearing yang telah dipanaskan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menggunakan bearing heater yang benar dan aman yang bisa Anda jadikan refrensi tambahan sebelum menggunakan alat pemanas alternatif dalam proses perawatan komponen bearing mesin mekanik Anda.

Perlu diingat, meskipun memiliki keunggulan akan kemudahan dan kecepatannya, Anda perlu memperhatikan cara tersebut untuk lebih aman dan mendapatkan hasil lebih tepat dan cepat.

Di Indotrading, Anda bisa temukan berbagai jenis bearing heater dengan kualitas dan harga terbaik langsung dari Supplier terpercaya di Indonesia!

Baca Juga : Kenali Jenis – jenis Mesin Las Listrik dan Penjelasan Fungsinya

banner seller
To Top