Insight

6 Jenis Bearing yang Wajib Diketahui Pecinta Otomotif!

jenis-jenis bearing

Penggemar otomotif, tentu sudah tidak asing ya dengan salah satu komponen bernama Bearing. Tak hanya digunakan untuk kebutuhan otomotif, bearing juga banyak digunakan untuk keperluan industri lainnya, lho! Jika Anda sedang mencari bearing untuk kebutuhan apapun, pastikan Anda mengenali terlebih dahulu, apa itu bearing, fungsi dan jenis-jenis bearing yang dijual di pasaran, ya supaya terhindar dari salah pilih produk! Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai bearing. Yuk, simak ulasannya!

Apa itu Bearing?

Bearing, atau bisa juga disebut sebagai bantalan, adalah sebuah komponen mesin yang memiliki fungsi untuk membatasi pergerakan antara dua atau lebih komponen. Komponen ini juga berfungsi untuk menjaga poros agar tetap berputar sesuai dengan sumbu porosnya. Biasanya komponen mesin yang satu ini banyak digunakan dalam dunia manufaktur dan otomotif.

Peran komponen ini sangat penting agar poros mesin tidak mengalami gesekan yang berlebihan. Sebagai bantalan, komponen ini harus mampu menahan poros tuas mesin agar tidak mengalami gesekan yang berlebihan ketika berputar. Komponen ini harus sangat kuat agar komponen mesin lainnya dapat bekerja dengan baik.

Jenis-Jenis Bearing

Komponen yang lekat dengan dunia otomotif ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk mengurangi gesekan antara dua komponen mesin lainnya. Namun kenyataannya, komponen bantalan memiliki banyak jenis yang bisa Anda gunakan sesuai dengan keperluan. Berikut ini adalah beberapa jenis komponen bantalan mesin

1. Roller Bearing

Sesuai dengan namanya yakni bantalan Roller, desain bantalan ini menggunakan bentuk silinder memanjang seperti roller. Bantalan jenis ini memiliki tujuan agar dapat menumpu beban vertikal maupun horizontal dengan baik. Posisi bantalan Roller bisa dipasang sesuai dengan tujuannya untuk menumpu beban karena memiliki titik tumpu yang tersebar.

Titik tumpu bantalan jenis Roller tersebar sesuai dengan lebar “roda” pada bantalan. Bantalan Roller ini memiliki beberapa varian seperti Bantalan Jarum, karena ukuran dan diameternya yang kecil seperti jarum. Meski begitu, tujuan dan fungsi dari bantalan jenis ini masih tetap sama yakni sebagai tumpuan beban, baik beban vertikal maupun horizontal.

2. Roller Thrust

Bantalan jenis Roller Thrust ini banyak digunakan untuk menahan beban-beban yang sangat berat. Sebagai ilustrasi, jenis bantalan ini mirip seperti conveyor belt. Bantalan jenis Roller Thrust juga memiliki titik tumpu yang lebar dan tersebar lebih dari satu titik. Oleh sebab itu, bantalan jenis ini memiliki kekuatan yang sangat besar.

Bentuknya sedikit berbeda bila dibandingkan dengan bantalan jenis Roller biasa. Pada jenis ini, bantalan terlihat lebih pipih dibanding dengan bantalan Roller biasa. Bantalan Roller Thrust ini banyak digunakan pada bagian gearbox transmisi kendaraan. Bantalan ini cocok digunakan pada gearbox yang memerlukan rotating shaft maupun house rotating shaft. Tak hanya itu, bantalan jenis ini juga digunakan untuk gigi flywheel.

3. Tappered Roller

Bantalan jenis ini banyak digunakan untuk komponen pada kendaraan bermotor roda empat atau mobil. Bantalan jenis tappered roller memiliki dua bagian yang saling berseberangan arah yakni bagian luar dan bagian dalam. Adanya dua bagian pada bantalan ini membuat bantalan ini memiliki kemampuan untuk menahan beban tekan dari kedua arah sekaligus.

Komponen bantalan jenis tappered roller sangat penting artinya bagi kendaraan. Ia biasanya ditempatkan pada bagian poros roda kendaraan yang berperan untuk mencegah gesekan berlebih dan menahan beban dari dua bagian. Komponen bantalan tappered roller banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan berat seperti mobil dan truk berukuran berat.

4. Ball

Komponen bantalan Ball ini menjadi komponen yang paling umum dibandingkan dengan jenis-jenis bearing lainnya. Ball bearing digunakan dalam industri otomotif maupun manufaktur. Bahkan bantalan Ball juga banyak digunakan pada beberapa mesin peralatan rumah tangga. Cara kerjanya sangat sederhana dengan gerakan putar yang efektif untuk menahan beban putaran yang muncul. Selain itu, bantalan Ball juga efektif untuk menahan beban tekan dari samping.

Bantalan Ball ini tidak memiliki kemampuan tahan beban yang sangat kuat, sehingga penggunaanya lebih banyak pada benda-benda atau komponen yang memiliki beban rendah. Bantalan Ball ini lebih banyak digunakan untuk menahan adanya gesekan rotasi berlebih serta mendukung beban radial maupun beban aksial. Bentuknya seperti bola sehingga disebut sebagai Bantalan Ball.

5. Ball Thrust

Mirip dengan jenis bantalan sebelumnya, bantalan jenis Ball Thrust ini tergolong jenis bantalan yang tidak memiliki kekuatan penahan beban yang tinggi. Namun, bantalan jenis Ball Thrust ini banyak dimanfaatkan sebagai penahan beban radial dengan putaran rendah. Cara pemakaiannya yakni ditempatkan pada bagian poros yang memiliki beban radial.

Bantalan jenis ini berbentuk bola dengan tambahan cincin sehingga dapat digunakan untuk menahan sedikit beban aksial. Contoh penggunaan bantalan jenis ini terdapat pada kursi dan meja makan yang bisa diputar. Dua benda tersebut tidak memiliki beban putar yang besar sehingga bisa menggunakan bantalan ini untuk menahan beban putarnya.

6. Magnetic

Yang terakhir dari jenis-jenis bearing adalah bantalan Magnetic. Sesuai namanya, bantalan jenis ini memiliki magnet di bagian dalamnya. Bantalan ini berbentuk seperti roda yang cukup tebal. Bagian dalamnya berisi magnet yang akan berfungsi untuk mengoperasikan bantalan ini.

Bantalan ini disebut sebagai bantalan yang paling modern. Kemampuannya luar biasa karena bisa digunakan untuk menahan beban dengan putaran yang sangat tinggi. Bantalan magentic banyak digunakan mesin-mesin industri seperti motor, pompa, generator, turbin, dan lain-lain.

Bila Anda berencana untuk mencari komponen otomotif dan manufaktur tersebut, cukup kunjungi website kami. Kami adalah marketplace terbesar dan terlengkap seluruh Indonesia yang berisikan para supplier komponen otomotif.

Mengapa Menggunakan Indotrading?

Indotrading.com adalah marketplace terbesar yang berisikan para supplier, distributor, eksportir, hingga importir untuk berbagai keperluan perusahaan. Supplier yang ada di tempat kami adalah supplier terpilih karena kami melakukan seleksi terlebih dahulu terhadap para supplier yang ingin mendaftar menjadi member Indotrading. Para supplier Indotrading sudah terbukti memiliki barang-barang berkualitas.

Sebagai marketplace terbesar dan terlengkap di Indonesia, kami bekerja sama dengan supplier yang siap memproduksi berbagai produk elektronik, alat-alat laboratorium, hingga komponen manufaktur dan otomotif seperti Bearing. Sebagai tempat berkumpulnya para supplier dan distributor, kami membantu Anda terhubung dengan para supplier dan distributor komponen-komponen otomotif.

Baca juga: Untuk Keperluan Rumah Tangga Hingga Industri, Ini Fungsi Pasir Silika dalam Kehidupan Sehari-hari

Anda sudah menemukan jenis bantalan yang cocok untuk keperluan Anda, tetapi bingung ke mana harus menghubungi? Langsung saja buka indotrading.com. Kami sebagai marketplace bearing terlengkap di Indonesia bekerja sama dengan berbagai supplier bantalan berbagai jenis sesuai kebutuhan Anda!

 

[wonderplugin_video iframe=”https://www.youtube.com/watch?v=dyIyoa4eiwk” lightbox=0 lightboxsize=1 lightboxwidth=960 lightboxheight=540 autoopen=0 autoopendelay=0 autoclose=0 lightboxtitle=”” lightboxgroup=”” lightboxshownavigation=0 showimage=”” lightboxoptions=”” videowidth=600 videoheight=400 keepaspectratio=1 autoplay=0 loop=0 videocss=”position:relative;display:block;background-color:#000;overflow:hidden;max-width:100%;margin:0 auto;” playbutton=”https://news.indotrading.com/plugins/wonderplugin-video-embed/engine/playvideo-64-64-0.png”]

 

To Top