Insight

Kenali Komponen Gearbox Motor dan Cara Merawatnya

Gearbox merupakan salah satu komponen penting pada mesin motor. Keberadaannya menjadi penting karena fungsi nya sebagai sistem perpindahan. Lebih jelasnya, gearbox berfungsi untuk mengubah tenaga dari satu motor yang berputar untuk kemudian melakukan spindle mesin ataupun melakukan pergerakan mesin.

Kali ini Tim News Indotrading akan membahas mengenai komponen gearbox motor dan cara merawatnya.

Anda juga bisa temukan berbagai jenis gearbox dengan harga dan kualitas terbaik dari Supplier terpercaya di sini.

Komponen Gearbox Motor

Menjadi vital keberadaannya gearbox kemudian kian berkembang seiiring kecanggihan teknologi saat ini. Ada banyak jenis-jenis gearbox motor yang perlu Anda ketahui. Masing-masing memiliki fungsi dan ciri khas sendiri.

Baca Juga : Jenis-jenis Sprocket Sepeda dan Sepeda Motor yang Mesti Diketahui

Berikut jenis-jenis gearbox motor yang perlu Anda ketahui, diantaranya :

1. Helical Gear

Gearbox motor jenis ini memiliki batas kecepatan yang bisa digunakan sampai 3.500 RPM. Bentuk gearbox jenis helical gear ini roda bergerigi dengan kemiringan  gigi 15 – 30 derajat.

Harga yang dibandrol untul Helical gearbox ini juga terbilang cukup mahal dibandingkan dengan gearbox lainnya. Di pasaran, harga gearbox jenis ini biasa ditemukan sekitar Rp. 1.000.000 – 3.000.000,-.

Namun banyak juga yang menjual gearbox jenis ini dengan harga dibawah pasaran, sama fungsinya hanya saja tentunya berbeda kualitas nya.

2. Worm dan Worm Gear

Worm dan worm gear merupakan jenis lain dari gearbox motor. Jenis gearbox ini banyak diaplikasikan pada kemudi mobil. Fungsinya adalah mengurangi putaran input. Lebih jelasnya, Anda bisa lihat cara kejanya pada setir mobil dan juga sudut roda depan mobil.

Harga pasaran untuk jenis gearbox worm dan worm satu ini jauh lebih murah dibandingkan helical gear. Biasanya Anda dapat menemukan gearbox worm dan worm di pasaran dengan harga sekitar Rp. 300.000 – 500.000 an dengan spesifikasi dan kualitas yang sudah mumpuni.

3. Spur Gear

Gearbox Spur gear merpakan jenis gearbox yang paling sering dicari dan digunakan untuk transmisi motor. Bentuk spurgear juga bergerigi, bedanya dengan helical gear, gerigi pada spur gear terbilang lurus jika diperhatikan dengan seksama.

Spur gear digunakan pada countershaft dan mainshaft. Hal tersebut adalah hasil dari rangkaian spur gear menjadi transmisi sepeda motor dengan menggunakan konfiguarsi tertentu.

Harga untuk jenis gearbox yang satu ini jauh lebih murah dibandingkan dua gearbox sebelumnya. Anda biasanya bisa menemukan spur gear dengan harga kisaran Rp. 20.000 – 200.000.-.

Harga tersebut tentunya akan berbeda sesuai dengan jenis, kualitas dan lokasi membelinya.

4. Bevel Gear

Jenis gear box motor lainnya yang perlu Anda ketahui adalah Bevel gear. Bentuknya adalah roda bergerigi yang memiliki dua poros yang tidak sejajar untuk memindahkan tenaga dalam dua arah berbeda, horizontal dan vertical.

Bevel gear juga merupakan salah satu gearbox yang paling banyak digunakan untuk industri baik di dalam maupun di luar negeri.

Harga pasaran yang dibandrol untuk jenis gear box yang satu ini adalah kisaran Rp. 200.000, – 1.000.000,-. Namun ada juga tipe bevel gear yang dibandrol dengan harga belasan juta untuk spesifikasi khusus dan tipe diatas standar yang biasa dicari pasar.

Baca Juga : Begini Cara Perawatan Mesin Industri Agar Tetap Awet

Cara Merawat Gearbox

Merupakan salah satu komponen penting dalam mesin, gear box tentunya harus dirawat dengan baik dan tepat. Seperti kebanyakan perawatan komponen mesin lainnya, baiknya perawatan pada gear box dilakukan secara berkala dan konsisten guna menghindari kerusakan parah dan tidak terduga.

Adapun cara merawat gearbox yang tepat dan baik bisa Anda simak pada pembahasan di bawah ini :

1. Menjaga Kebersihan Gearbox

Hal yang paling utama dalam pearawatan gearbox ataupun jenis komponen mesin lainnya adalah senantiasa membersihkan gearbox.

Hal yang perlu Anda lakukan pada tahap membersihkan gearbox bisa dimulai dengan membersihkan bagian body luar gearbox dari debu, ataupun kotoran yang menempel. Setelah nya, Anda bisa bersihkan bagian dalam gearbox secara menyeluruh guna membuang atau membersihkan karat dan kotoran yang ada pada bagian dalam gearbox.

Tujuan utama dari tahapan ini adalah senantiasa menjaga gearbox agar tetap bersih dan menghindari korosi akbiat karat dan kotoran yang menumpuk.

2. Mengganti Oli Transmisi

Tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mengganti Oli transmisi pada gearbox. Tujuannya adalah untuk menjaga performa gearbox tetap pada level optimal.

Mengingat peran gearbox yang vital dalam mengatur kecepatan mesin motor, perawatan gearbox dengan mengganti oli transmis harus dilakukan secara berkala dan rutin. Hal ini dilakukan untuk menghindari gesekan pada gearbox karena mendapati oli yang digunakan tidak penuh.

3. Pilih Jenis dan Jumlah Oli yang Tepat

Perlu diketahui, Oli yang digunakan pada gearbox berbeda dengan oli yang digunakan pada mesin. Anda perlu memastikan bahwa Oli pelumas yang digunakan merupakan oli khusus transmisi gearbox, bukan oli mesin pada umumnya.  Selain itu, Anda juga perlu memastikan dan memperhatikan jumlah oli yang digunakan pada transmisi gearbox. Jumlah nya harus tepat, tidak lebih dan tidak kurang.

Jika oli yang digunakan kurang dari yang seharusnya, maka besar kemungkinan akan mengakibatkan gesekan pada gearbox yang menyebabkan gearbox kehausan.

Sebaliknya, jika oli yang digunakan pada gearbox melebihi kapasitas semestinya, maka dikhawatirkan oli akan tumpah dan meninggalkan bekas atau kotoran pada bagian body gear box yang jika tidak segera dibersihkan dan menumpuk akan mengakibatkan korosi.

4. Bersihkan komponen CVT

Tahap lain perawatan gearbox adalah dengan cara membersihkan komponen CVT. Komponen cvt adalh komponen pada sistem perpindahan pergerakan motor secara otomatis sesuai putaran mesin. Singkatnya cvt merupakan sistem pembeda antar mesin motor matic dengan mesin motor manual.

Membersihkan komponen CVT pada perawatan gearbox dapat dilakukan dengan membersihkan seluruh bagian ruang cvt dari kotoran dan debu. Hal ini bertujuan untuk memastikan komponen cvt dapat berfungsi dengan baik tanpa terhalan debu ataupun kotoran.

Dengan membersihkan komponen CVT, diyakin dapat memperpanjang ataupun menjaga usia pemakaian gearbox pada motor matic.

Baca Juga : 6 Jenis Bearing yang Wajib Diketahui Pecinta Otomotif!

Demikian lah pembahasan mengenai jenis-jenis gearbox motor dan cara perawatannya. Berbeda jenis gearbox akan berbeda pula teknik dan cara merawatnya. Namun umumnya, perawatan gearbox ataupun perawatan mesin lainnya harus dilakukan secara teratur guna mendaptkan hasil maksimal.

Anda bisa temukan berbagai jenis gearbox dengan harga dan kualitas terbaik di Indotrading!

banner seller
To Top