Insight

Inilah 10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik 2021

mesin roasting kopi terbaik

Mesin roasting kopi terbaik adalah kunci untuk mendapatkan hasil sangrai kopi terbaik. Roasting kopi sendiri merupakan tahapan yang diperlukan sebelum kopi siap untuk dikonsumsi. Roasting kopi menjadi tahapan yang penting karena menentukan kualitas dan cita rasa dari kopi yang akan diseduh atau diminum.

Cita rasa aroma dan kualitas kopi yang baik turut ditentukan oleh proses roasting ini. Proses roasting sendiri kini telah dibantu dengan adanya mesin  kopi roasting. Pada proses ini kopi yang tadinya hijau akan diubah menjadi lebih kehitaman dengan adanya proses roasting atau sangrai.

Dulunya proses ini dilakukan secara manual butuh waktu yang lama. Namun saat ini, adanya mesin roasting bisa mempermudah dan mempercepat proses roasting. Namun, kualitas dari mesin roasting kopi juga perlu diperhatikan karena mempengaruhi hasil roasting.

10 Rekomendasi Mesin Roasting Kopi Terbaik

Semakin baik kualitas roasting kopinya maka akan semakin baik pula kopi yang dihasilkan. Untuk itu para pengusaha kopi akan berusaha mencari mesin roasting kopi terbaik. Untuk itu berikut adalah beberapa rekomendasi masing-masing kopi terbaik yang bisa dicoba.

WE x suji Mini Roaster 100

mesin roasting kopi terbaik

suji.co.id

Mesin roaster kopi WE x suji Mini Roaster ini memiliki kapasitas 100 gram. Mesin ini hadir sebagai hasil kolaborasi antara WE coffee lab  dan Suji Premium Handcrafted. Dari segi konsep pesan ini memiliki kemiripan dengan mesin roasting skala besar yang berjenis manual.

Mesin ini bisa dioperasikan menggunakan tabung gas elpiji mulai dari 3 kg hingga 12 kg. Selain itu gas kalengan juga bisa. Mesin roasting kopi ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur mulai dari air flow, pengaturan api serta display digital sehingga pengguna bisa mengetahui suhu di dalam drum ketika terjadinya proses roasting.

Dari segi perawatan mesin roasting kopi ini terbilang mudah untuk jerawat karena terbuat dari material stainless steel jenis 304. Dengan begitu mesin ini terbilang handal dan kokoh. Jendela kaca borosilikat di bagian pintu drum sehingga pengguna dapat melihat dengan jelas perubahan warna biji kopi selama proses roasting berlangsung.

Terdapat pula kipas pendingin yang berfungsi mendinginkan biji kopi yang sudah selesai diroasting. Pendinginan Ini membutuhkan waktu yang tidak lama hanya kurang dari 3 menit. Bagian motor drum telah diberi kelengkapan berupa safety coupling. Daya yang dibutuhkan mesin ini untuk beroperasi juga tidak banyak hanya 35 watt. Dengan begitu terbilang lebih hemat untuk digunakan secara berkelanjutan.

Gater Coffee Roaster BN-98A-Mini Coffee Roaster Machine

mesin roasting kopi terbaik 1

invol.co

Selanjutnya ada Gater Coffee Roaster BN-98A-Mini Coffee Roaster Machine. Mesin roasting kopi memiliki ukuran yang kecil. Oleh sebab itu dibubuhkan kata mini pada nama produknya. Karena ukurannya yang kecil ini maka kebutuhan yang bisa dipenuhi adalah kebutuhan kedai kopi skala kecil ataupun untuk kebutuhan sangrai kopi di rumah.

Dengan adanya mesin ini, para pecinta kopi bisa memilikinya untuk kebutuhan pribadi di rumah ataupun membuka usaha kopi kecil-kecilan. Walaupun kapasitas yang bisa ditampung oleh mesin roasting kopi ini adalah 300 gram. Mesin ini dilengkapi dengan sistem penggerak elektrik dengan daya sebesar 1600 Watt. Sementara itu tegangannya mencapai 220 hingga 240 volt.

Apabila dilihat dari segi efisiensi, beli mesin roasting kopi ini merupakan salah satu rekomendasi terbaik apabila menginginkan mesin roasting kopi skala kecil untuk kebutuhan sehari-hari. Mesin roasting kopi ini juga terbilang lebih hemat karena dari segi harga maupun kemampuan bisa dibilang sesuai.

Beanplus Coffee Roaster Home Bean Electric Roasters Machine

mesin roasting kopi terbaik 2

uniquecoffeeroaster.com

Mesin roasting kopi bernama Beanplus Coffee Roaster Home Bean Electric Roasters Machine ini merupakan salah satu mesin roasting kopi dengan kualitas baik yang bisa digunakan untuk skala rumahan ataupun skala usaha kopi skala kecil.

Mesin roaating kopi ini telah dilengkapi dengan bagian tutup yang memiliki kunci yang digunakan sebagai pengaman. Selain itu, terdapat pula sistem pemanggangan aman. Mesin yang satu ini cukup direkomendasikan untuk digunakan oleh pemula. Para pemula yang baru belajar dalam memproses sangrai pada kopi dengan mudah bisa mempelajarinya melalui alat roasting ini.

Terdapat 9 level untuk pemanggangan yang dengan mudah dioperasikan. Mesin roasting kopi ini juga punya kemampuan untuk meniadakan asap yang dihasilkan dari proses sangrai kopi. Kemampuannya untuk menghilangkan asap tersebut bahkan 90%. Hal ini memang tidak mengherankan karena mesin ini Sudah didukung dengan sistem reduksi asap yang smart.

Tampilan fisik dari mesin roasting kopi ini tidak terlalu besar yaitu berdimensi 24 x 33 x 29,2 centimeter. Kapasitas yang bisa diolah oleh mesin ini adalah 150 gram. Bagian-bagian dari mesin roster kopi ini berupa badan, tempat pemisah sekam dari biji kopi, panci dalam, gelas ukur dan juga ganggang multifungsi. Produk ini berasal dari Korea Selatan.

Behmor Coffee Roaster 1600 Plus

mesin roasting kopi terbaik 3

homegrounds.co

Mesin roasting bernama Behmor Coffee Roaster 1600 plus ini menjadi salah satu mesin roasting dengan kualitas terbaik. Mesin ini dilengkapi dengan 5 program browsing secara otomatis memudahkan pengguna untuk melakukan proses roasting. Mesin roasting ini bisa menampung sebanyak 400 gram kopi dalam sekali sangrai.

Saat melakukan proses anggaran Pembina akan terlindungi dari asap karena mesin ini telah dilengkapi dengan pelindung asap. Selain itu mesin sangrai ini juga punya kemampuan perputaran yang cepat, pendinginan yang cepat serta terdapat pilihan untuk menyangrai secara sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan dapat dipakai.

Pengguna juga bisa mengatur waktu penyangraian dengan mudah. Apabila kopi sudah dibersihkan, mesin ini juga menyediakan bagi sebagai penampung. Terdapat drum roasting berbentuk silinder serta mudah untuk dibuka dan ditutup. Mesin roasting kopi ini punya ukuran 43 x 30 x 26.

Untuk proses pendinginan, mesin roasting kopi ini punya kipas. Selain mendinginkan, kipas tersebut juga difungsikan untuk memisah biji dan serpihan kopi. Menggunakan mesin roasting ini untuk menyangrai kopi akan mengefisienkan dan mempermudah prosesnya. Dengan begitu, hasil yang akan didapatkan juga lebih maksimal. Sebagai alat yang penting dalam proses sangrai, mesin ini bisa dijadikan salah satu pilihan yang tepat.

Kaldi Wide Home Coffee Roaster Motorize

mesin roasting kopi terbaik 4

philocoffee.co

Selanjutnya ada mesin roasting kopi bernama Kaldi Wide Home Coffee Roaster Motorize. Mesin yang berfungsi sebagai penyangga kopi ini punya kapasitas 300 gram dalam satu kali proses. Roasting kopi ini telah dilengkapi dengan motor yang bisa berputar guna menjaga biji kopi supaya tidak gosong ketika proses pembakaran menggunakan gas eksternal.

Hal ini memudahkan pengguna dalam proses sangrai karena tidak perlu khawatir biji kopi gosong. Mesin roasting kopi ini telah didesain sedemikian rupa agar ramah terhadap pengguna. Untuk itu, saat digunakan untuk keperluan rumahan, mesin roasting kopi ini cukup direkomendasikan.

Meski demikian satu hal yang harus digarisbawahi dari mesin roasting kopi ini adalah belum dilengkapi dengan teknologi yang bisa menghilangkan asap. Oleh sebab itu, pengguna harus bisa strategi agar tidak terganggu dengan asap yang akan dikeluarkan saat proses sangrai berlangsung.

Mesin sangrai kopi ini dibuat dari bahan berupa stainless steel serta mempunyai termometer berjenis bimetal 300. Adapun dimensi dari mesin roasting kopi ialah 460 x 170 x 370 centimeter. Mesin ini merupakan produk asal Korea level kualitas cukup bagus untuk direkomendasikan.

Baca Juga: Perbedaan Mesin Kopi Espresso Manual dan Otomatis

Nuvo Eco Ceramic Handy Coffee Bean Roaster

mesin roasting kopi terbaik 5

gefradis.co

Mesin roasting kopi bernama Nuvo Eco Ceramic Handy Coffee Bean Roaster ini hadir dengan bentuk yang cukup unik. Meski demikian, kehandalannya dalam melakukan sangrai kopi tidak perlu diragukan.

Mesin roasting kopi ini punya desain mirip wafel. Tujuan dibentuknya desain tersebut adalah memudahkan proses pemanggangan kopi agar lebih merata. Sebagaimana namanya, mesin roasting kopi ini berbahan keramik dan tidak terdapat bahan berbahaya di dalamnya.

Dengan begitu, akan aman saat digunakan. Bagian pegangan dari roasting kopi ini menggunakan kulit sapi yang didesain sedemikian rupa sehingga terlihat indah. Dari cara penggunaan, alat roasting kopi ini juga sangat mudah.

Pengguna bisa menggoyang-goyangkan nya selama proses roasting berlangsung. kapasitas yang bisa disangrai oleh alat ini sekitar 30 hingga 70 gram. Perlu diketahui, agar alat ini tetap awet maka perlu perawatan. Adapun perawatan yang bisa dilakukan ialah tidak melakukan perendaman terhadap alat ketika masih panas. Selain itu usahakan untuk tidak memegang pegangan ketika tangan dalam kondisi basah.

Hario Coffee Beans Roaster Manual RCR-50

mesin roasting kopi terbaik 6

hario.co.id

Alat roasting dengan nama Hario Coffee Beans Roaster Manual RCR-50 ini menjadi salah satu alat sangrai kopi yang bisa digunakan dengan cara manual. Perbedaan mesin kopi manual dan otomatis terdapat pada tenaga yang menggerakkannya.

Seperti bentuknya, alat ini sengaja didesain agar bisa sehingga lebih mudah digunakan. Selain itu, mesin roasting kopi ini juga telah sengaja didesain dengan praktis guna memudahkan ketika dibawa bepergian.

Dari segi material, roasting kopi ini dibuat dari bahan kaca dan juga stainless steel. Adapun kapasitas dari mesin sangrai kopi ini adalah 50 gram. Kemampuannya dalam mematangkan hasil sangrai kopi juga terbilang sangat baik sehingga mampu menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi. Mesin sangrai kopi ini berasal dari Jepang.

Alat ini juga diklaim mampu untuk menghasilkan kopi dengan cita rasa yang tinggi. Mengingat kapasitasnya yang tidak terlalu besar, mesin roasting kopi ini kompetibel dengan pemakaian rumahan.

Genefene CBR-101L Roaster Large Chaff Collector

mesin roasting kopi terbaik 7

genecafe.eu

Mesin roasting kopi selanjutnya ini bernama Genefene CBR-101L Roaster Large Chaff Collector. Mesin roasting kopi ini di merupakan hasil produksi dari Korea Selatan yaitu Genesis Corporation.

Mesin roaster kopi ini berukuran mini sehingga kapasitas maksimal yang bisa ditampung nya adalah 300 gram. Berapa klaim menyebutkan bahwa mesin roasting kopi ini sudah diuji dalam menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik.

Saat proses pemanggangan berlangsung, pengguna bisa melihatnya dengan mudah. Pengaturan suhu juga bisa dilakukan dengan mudah tanpa khawatir operasional mesin. Mesin ini mempunyai fitur stop dan auto cooling sehingga membantu proses sangrai.

Selain itu fitur stop nya juga akan memberhentikan proses penyangraian apabila sudah dirasa matang. Mesin roasting kopi ini akan menjadi mudah digunakan oleh siapa saja termasuk pemula karena mekanisme pengoperasionalan nya yang terbilang simpel.

Adanya fitur fitur yang bisa membantu dalam pengoperasian juga menjadi tolak ukur kemudahan dari mesin roasting kopi buatan Korea Selatan ini. Dari hasil kopi yang disangrai menggunakan mesin ini, dapat menghasilkan cita rasa yang tinggi dan berkualitas bagus.

Ikawa Smart Home Coffee Roaster System

mesin roasting kopi terbaik 9

ikawacoffee.com

Mesin roasting kopi bernama Ikawa Smart Home Coffee Roaster System ini juga menjadi salah satu  rekomendasi terbaik. Mesin roasting kopi yang secara manual ini cukup mutakhir dan sudah dilengkapi dengan digital micro coffee roaster. Bahkan, digital micro coffee roaster ini pertama di dunia.

Mesin roaster kopi ini dibuat oleh Rombout Frieling dan Andrew Stordy. Dengan adanya mesin roasting kopi ini, sanggar akan lebih mudah. Pengguna hanya butuh satu tombol untuk segera memulai proses sangrai kopi.

Jenis mesin giling kopi ini cocok untuk keseharian untuk mendapatkan yang bercitarasa tinggi dan tentunya nikmat saat diminum. Dari segi desain, mesin roasting ini memang sengaja dirancang ukuran yang mini. Kapasitas yang bisa ditampung nya juga 60 gram.

Proses roasting bisa dilihat menggunakan aplikasi yang ada pada smartphone. Dengan demikian akan sangat canggih dan memudahkan para pengguna dalam proses roasting kopi yang diinginkannya. Mesin roasting kopi ini memiliki ukuran 240 x 130 x 320 millimeter.

New Starlite Coffee Roaster

mesin roasting kopi terbaik 10

Mesin sangrai kopi bernama New Starlite Coffee Roaster juga direkomendasikan sebagai salah satu mesin roasting kopi terbaik. Sangrai kopi ini mempunyai kapasitas 500 gram sehingga mampu menampung lebih banyak biji kopi untuk disangrai.

Selain itu, kecepatan exhaust untuk udara panas dari mesin ini juga bisa diatur secara mudah. Tidak hanya itu, kecepatan agitasi kopi du dalam drum juga bisa dikontrol dengan mudah. Besar daya yang dibutuhkan untuk pengoperasian mesin roasting kopi ini adalah 1000 watt.

Sedangkan untuk tegangannya membutuhkan 220volt. Mesin roasting kopi ini mempunyai dimensi 45 x 60 x 30 centimeter. Mengingat ukurannya yang cukup besar beserta kapasitas yang dimilikinya, maka mesin roasting kopi ini sudah cukup mumpuni untuk mendukung usaha kedai Kopi.

Butuh waktu sekitar 10 hingga 15 menit untuk proses roasting ideal di mesin ini. Hal ini juga tergantung pada banyaknya biji kopi yang akan disangrai. Durasi penyangraian juga perlu diperhatikan karena apabila terlalu lama, cita rasa kopi bisa menjadi pahit.

Sebaliknya apabila terlalu cepat, citarasa kopi bisa menjadi grassy atau lebih asam. Dalam hal ini dibutuhkan ketelatenan dan kemampuan untuk menilai apakah hasil sangrai sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Mesin Giling Kopi yang Banyak Digunakan di Coffee Shop

Agar bisa mendapatkan mesin roasting kopi terbaik ini, Anda perlu memastikan melakukan pembelian di tempat yang tepat. Mengingat harga mesin ini juga cukup besar maka anda harus benar-benar bisa menemukan tempat pembelian yang terpercaya dan terjamin kualitasnya.

Untuk hal itu, anda tidak perlu khawatir karena Indotrading hadir sebagai jawaban yang tempat untuk Anda. Indotrading merupakan B2B marketplace yang menjual berbagai peralatan usaha termasuk mesin roaster kopi dengan kualitas terbaik. Kami paham akan kebutuhan Anda sehingga kami menghadirkan beragam pilihan yang bisa Anda temukan bersama kami di Indotrading.

Melalui Indotrading, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan banyak keuntungan karena dipertemukan dengan berbagai penyedia peralatan usaha yang Anda butuhkan dengan jaminan yang pasti. Nah, tunggu apalagi segera temukan mesin roaster kopi terbaik bersama kami di Indotrading. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

To Top